Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asbabun Nuzul (Sebab-Sebab Diturunkannya) Surat Maryam

Asbabun Nuzul artinya sebab-sebab diturunkannya surat di dalam Al Qur'an, Al Qur'an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk membimbing manusia menuju jalan yang benar, menunjukkan kabar gembira serta ancaman, hukum-hukum Islam tentang kehidupan dan kisah-kisah nabi dan rasul untuk dijadikan teladan bagi manusia selanjutnya.

Asbabun Nuzul (Sebab-Sebab Diturunkannya) Surat Maryam

Berikut adalah asbabun nuzul (sebab-sebab diturunkannya) Surat Maryam menurut kitab tafsir jalalain karya Imam Suyuthi

Bismillahirrohmanirrahim

Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Firman Allah SWT:"Dan tidaklah kami turun, melainkan dengan perintah Tuhanmu…" (Q.S. Maryam ayat 64)

Imam Bukhori telah mengetengahkan sebuah hadits melalui sahabat Ibnu Abbas r.a. yang telah menceritakan bahwa Rasulullah SAW telah berkata kepada Malaikat Jibril: "Apakah gerangan yang menyebabkanmu tidak menziarahiku sebagaimana biasanya?" Lalu turunlah firman-Nya:

"Dan tidaklah kami turun, melainkan dengan perintah Tuhanmu…" (Q.S. Maryam ayat 64)

Ibnu Abu Hatim telah mengetengahkan sebuah hadits melalui Ikrimah yang telah menceritakan bahwa malaikat Jibril terlambat selama empat puluh hari tidak turun membawa wahyu, kemudian hadits Ikrimah ini menceritakan hal yang sama dengan hadis di atas tadi.

Ibnu Mudawaih telah mengetengahkan sebuah hadis melalui sahabat Anas r.a. yang telah menceritakan bahwa Nabi SAW bertanya kepada Malaikat Jibril tentang daerah mana yang disukai Allah dan daerah mana yang dibenci olehnya. Maka Malaikat Jibril menjawab : "Aku tidak tahu, nanti akan ku tanyakan (kepada-Nya)". selanjutnya Malaikat Jibril turun lagi yang pada saat itu ia telah terlambat selama beberapa waktu tidak boleh menemui Nabi SAW,  maka Nabi SAW berkata kepadanya: "Sungguh engkau datang terlambat kepadaku, sehingga aku sangat merindukanmu". 

Klik Halaman selanjutnya atau Halaman 2 untuk membaca artikel lanjutan Asbabun Nuzul (Sebab-Sebab Diturunkannya) Surat Maryam

halaman 1 halaman 2 Selanjutnya

Posting Komentar untuk " Asbabun Nuzul (Sebab-Sebab Diturunkannya) Surat Maryam"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close