Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(ضَيِّقٌ) Dhoyyiqun Artinya dan Contoh Kalimatnya

 Apa arti Dhoyyiqun (ضَيِّقٌ)?

Dhoyyiqun adalah bentuk kata sifat di bahasa arab. Tulisan arab Dhoyyiqun adalah (ضَيِّقٌ), Dhoyyiqun artinya sempit, Kata Dhoyyiqun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf dhod, huruf ya’, dan huruf Qof, Karena Dhoyyiqun termasuk Isim munshorif, maka Dhoyyiqun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Dhoyyiqin dan fathatain menjadi Dhoyyiqon. Dhoyyiqun untuk bentuk kata mudzakkar, apabila yang disifati (man’utnya) mu’annats, maka menjadi Dhoyyiqotun .

Dhoyyiqotun artinya sempit, tulisan arab Dhoyyiqotun adalah (ضَيِّقَةٌ), kata Dhoyyiqotun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Dhoyyiqotin dan fathah tain menjadi Dhoyyiqotan.

Tashrif kata Dhoyyiqun (ضَيِّقٌ)

Di dalam bahasa arab terdapat peraturan bahasa yang membedakan antara kata ganti laki-laki dan wanita, perubahan kata karena dhomirnya disebut juga tashrif, contoh kata dia laki-laki sempit pasti berbeda penulisannya dengan dia wanita yang sempit. Karena itu, berikut tashrif kata Dhoyyiqun dari huwa sampai nahnu

  1. هُوَ  ضَيِّقٌ huwa Dhoyyiqun artinya dia laki-laki yang sempit.
  2. هُمَا ضَيِّقانِ Huma Dhoyyiqoni artinya mereka berdua adalah laki-laki yang sempit
  3. هُمْ  ضَيِّقُوْنَ Hum Dhoyyiquna artinya mereka adalah laki-laki yang sempit
  4. هِيَ ضَيِّقَةٌ Hiya Dhoyyiqotun artinya dia adalah wanita yang sempit
  5. هُمَا ضَيِّقَتَانِ Huma Dhoyyiqotani artinya mereka berdua adalah wanita yang sempit
  6. هُنَّ ضَيِّقَاتٌ Hunna Dhoyyiqootun artinya mereka adalah wanita yang sempit
  7. اَنْتَ ضَيِّقٌ Anta Dhoyyiqun artinya kamu adalah laki-laki yang sempit
  8. اَنْتُمَا ضَيِّقانِ Antuma Dhoyyiqoni artinya kamu berdua adalah laki-laki yang sempit
  9. اَنْتُمْ ضَيِّقُوْنَ Antum Dhoyyiquna artinya kamu semua adalah laki-laki yang sempit
  10. اَنْتِ ضَيِّقَةٌ Anti Dhoyyiqotun artinya kamu adalah wanita yang sempit
  11. اَنْتُمَا ضَيِّقَتَانِ  Antuma Dhoyyiqotani artinya kamu berdua adalah wanita yang sempit
  12. اَنْتُنَّ ضَيِّقَاتٌ Antunna Dhoyyiqootun artinya kamu semua adalah wanita yang sempit
  13. اَنَا ضَيِّقٌ Ana Dhoyyiqun artinya saya adalah seorang yang sempit
  14. نَحْنُ ضَيِّقُوْنَ Nahnu Dhoyyiquna artinya kami adalah orang-orang yang sempit

(ضَيِّقٌ) Dhoyyiqun Artinya dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0. Dhoyyiqun  Artinya dan Contoh Kalimatnya di dalam Al Qur'an

Contoh Kalimat dengan Dhoyyiqun (ضَيِّقٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Dhoyyiqun (ضَيِّقٌ) di dalam Al Qur'an Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Dhoyyiqun (ضَيِّقٌ)  supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. وَاِذَآ اُلْقُوْا مِنْهَا مَكَانًا ضَيِّقًا مُّقَرَّنِيْنَ wa idzaa ulqu minha makanan dhoyyiqon muqorronina artinya Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka dengan dibelenggu, (Al Qur'an Surat Al Furqon ayat 13)
  2. وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلَا تَكُنْ فِيْ ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُوْنَ wa la tahzan 'alaihim wa la takun fi dhoiqin mimma yamkuruna artinya Dan janganlah engkau bersedih hati terhadap mereka, dan janganlah (dadamu) merasa sempit terhadap upaya tipu daya mereka. (Al Qur'an Surat An Naml ayat 70)
  3.  وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلَا تَكُ فِيْ ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُوْنَ wa la tahzan 'alaihim wa la taku fi dhoiqin mimma yamkuruna artinya dan janganlah engkau bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan jangan (pula) bersempit dada terhadap tipu daya yang mereka rencanakan. (Al Qur'an Surat An Nahl ayat 127)
  4.  وَلَا تُضَاۤرُّوْهُنَّ لِتُضَيِّقُوْا عَلَيْهِنَّۗ  wa la tudhorruuhunna litudhoyyiqu 'alaihinna artinya dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. (Al Qur'an Surat Ath Tholaq ayat 6)
  5.   وَمَنْ يُّرِدْ اَنْ يُّضِلَّهٗ يَجْعَلْ صَدْرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا  Wa man yurid an yudhillahu an yudhillahu yaj'alu shodrohu dhoyyiqon harojan artinya Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak (Al An'am ayat 125) 

Posting Komentar untuk "(ضَيِّقٌ) Dhoyyiqun Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close