Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Isim Munshorif Dan Contoh Kalimatnya

Apa itu Isim Munshorif?

Pengertian Isim munshorif adalah isim (kata benda) yang bisa menerima harokat tanwin (kasroh tain, dhommah tain dan fathah tain). Sebagaimana tertulis di dalam kitab alfiyah ibnu malik bahwa tanda isim bisa diketahui dengan jelas dengan adanya tanwin, jar, nida’ dan huruf alim lam (al), adapun isim dengan tanda tanwin dibagi menjadi dua yakni isim munshorif dan isim ghoiru munshorif (isim yang tidak bisa menerima tanwin). Kata benda atau isim yang termasuk isim munshorif adalah  manusia,  hewan, tumbuh-tumbuhan, benda-benda, tempat, waktu sifat  dan setiap kata yang tidak ada kaitannya dengan waktu.

Contoh Isim Munshorif
Tabel 1.0, Contoh isim munshorif

Contoh Isim Munshorif 

Berikut ini adalah contoh isim munshorif untuk delapan jenis Isim (kata benda)

  1. Contoh isim munshorif pada manusia. Seperti  = Muhammad (مُحَمَّدٌ), zaid (زَيْدٌ), nuh (نُوْحٌ), lut (لُوْطٌ), adam (اَدَمٌ), qobil (قَابِيْلٌ), habil (حَابِيْلٌ). Hindun (هِنْدٌ), Fattah (فَتَّحٌ). Umar (عُمَرٌ), ali (عَلِيٌ), habib (حَبِيْبٌ),
  2. Contoh isim munshorif pada nama hewan = keledai (حِمَارٌ), kelinci (اَرْنَبٌ), sapi (بَقَرَةٌ), rubah (ثَعْلَبٌ), unta (جَمَلٌ), kuda (حِصَانٌ), domba(خَرُوْفٌ)rapah (زَرَفَةٌ), harimau (نَمِرٌ), kucing (قِطٌّ). Gajah (فِيْلٌ). Ular (ثُعْبَانٌ)
  3. Contoh isim munshorif pada tumbuh-tumbuhan =  bayam (سَبَانِخٌ), tomat (طَمَاطِمٌ), kentang (بَطَاطِسٌ), terong (بَاذِنْجَانٌ), timun (خِيَارٌ), bawang merah (بَصَلٌ), brokoli (قَرَ نْبِيْطٌ), labu kuning (يقْطِيْنٌ), jagung (ذُرَّةٌ), 
  4. Contoh isim munshorif pada benda benda = buku (كِتَابٌ), bullpen (قَلَمٌ), meja (طَاولَةٌ), rumah (بَيْتٌ), lampu (مِصْبَاحٌ), kursi (كُرْسِيٌ), papan (سَبُّوْرَةٌ), jendela (نَافِذَةٌ), lemari (خِزَانَةٌ),
  5. Contoh isim munshorif pada tempat =  bandara (مَطَارٌ), sekolah (مَدْرَسَةٌ), kelas (فَصْلٌ), bank (بَنْكٌ), masjid (مَسْجِدٌ), penjara (سِجْنٌ), pengadilan (مَحْكَمَةٌ), pesantren (مَعْهَدٌ)
  6. Contoh isim munshorif pada waktu =  malam hari (لَيْلً), siang hari (نَهَارً), pagi hari (صَبَاحً), sore hari (مَسَاءً), terbit matahari (شُرُوْقٌ), jam (سَاعَةٌ), satu (اَحَدٌ), tiga (ثَلَاثَةٌ), 
  7. Contoh isim munshorif pada sifat = baik (خَيْرٌ), buruk (سَيْئٌ), tampan (جَمِيْلٌ), cantik (جَمِيْلَةٌ), jujur (صَادِقٌ), munafiq (مُنَفِقٌ), penipu (غَشَاشَةٌ) . Fasiq (فَاسِقٌ), kafir (كَافِرٌ), mukmin (مُؤْمِنٌ), muslih (مُصْلِحٌ),
  8. Contoh isim munshorif pada setiap kata yang tidak terdapat keterangan waktu seperti bacaan(قِرَأَةٌ), hadiah (هَدِيَةٌ), perjanjian (اِتِّفَاقٌ), perhitungan (حِسَابٌ), keringanan (رُخْسَةٌ), masalah (مُشْكِلَةٌ),

contoh kalimat dengan isim munshorif
Tabel 1.1. Contoh kalimat dengan isim munshorif

 Contoh Kalimat Dengan Isim Munshorif

Berikut adalah 15 contoh kalimat dengan isim munshorif, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan isim munshorif supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. زَرعْنَا طَمَاطِمً فِى سَاحَةٍ  artinya Kami menanam tomat di halaman, thomaathima dan saahatin adalah isim munshorif.
  2. نَقْرَأُ كِتَابً فِى مَسْجِدٍ artinya Kami membaca buku di masjid, kitaaban dan masjid adalah isim munshorif.
  3. لَدَيَّ كِتَابَيْنِ Artinya Saya mempunyai 2 buku. kitabaini adalah isim munshorif.
  4. زَيْدٌ ذَهَبَ اِلَى الْمَدِيْنَةِ artinya Zaid pergi ke sekolah. zaidun dan madiinata adalah isim munshorif.
  5. اَنَااَنْ اَذْهَبَ اِلَى الْمَدِيْنَةِ فِى الْيَوْمِ الْاِشْنَيْنِ artinya Saya akan ke kota pada hari senin. madiinata dan yaumil isnaini adalah isim munshorif.
  6. هُوَ يَرَى الْخِزَنَةَ جَمِيْلَةَ artinya Dia sedang melihat lemari bagus. khizaanata dan jamiilata adalah isim munshorif.
  7. اَسْأَلُ اِلَى حَسَانِ صَادِقٍ artinya Saya bertanya kepada hasan yang jujur, hasanin dan shodiqin adalah isim munshorif.
  8. اَنْتَ رَجُلٌ جَمِيْلٌ artinya Kamu adalah lelaki yang tampan, rojulun dan jamiilun adalah isim munshorif.
  9. اَنْتِ مَرْاَةُ جَمِيْلَةٌ artinya Kamu adalah wanita yang cantik, mar'atun dan jamiilatun adalah isim munshorif.
  10. رَكَلْتُ كُرَّة اِلَى زُجَاجٍ artinya Saya menendang bola ke kaca, kurrota dan zujaajin adalah isim munshorif.
  11. هُوَ يُعْطِيَ الْهَدِيَةَ اِلَيْكَ artinya Dia memberikan hadiah untuk anda, hadiyata adalah isim munshorif.
  12. وَقَعْنَاالْاِتِّفَاقِيَّةَ مَعَهُ artinya kami telah menandatangani perjanjian dengan nya, ittifaqiyyah adalah isim munshorif.
  13. هِيَ تُرَبِّيَ الْاَبْقَارَ وَ الْاَغَنَامَ artinya dia memelihara sapi dan domba, abqooro dan aghnaama adalah isim munshorif.
  14. هُوَ يَزْرَعُ الذَرَّةَ وَ سَبَانِخَ artinya Dia menanam jagung dan bayam di ladang, dzarrota dan sababnikha adalah isim munshorif.
  15. اَنَااَنْ اَشْتَرِيَ الْخِيَارَ وَ الْبَصَلَ artinya Saya akan membeli tomat dan terong di pasar, khiyaaro dan bashola adalah isim munshorif.

Posting Komentar untuk " Pengertian Isim Munshorif Dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close