Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Menabung dan Menjual Emas di Aplikasi Pegadaian

Bagaimana pengalaman anda menabung emas di aplikasi Pegadaian? 

Pengalaman saya ketika menabung emas di aplikasi Pegadaian cukup menyenangkan dimana aplikasi ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK RI dan memiliki badan hukum yang jelas. Pegadaian merupakan salah satu BUMN yang mengurusi tentang gadai barang atau simpan pinjam uang. Pegadaian juga merupakan korporasi yang sudah berusia cukup lama jadi anda jangan khawatir apabila bertransaksi di Pegadaian, seiring berjalannya waktu Pegadaian mengeluarkan aplikasi yang berbasis Android untuk memudahkan transaksi baik simpan pinjam ataupun jual beli di Pegadaian

Pengalaman saya sendiri, saya selalu menabung emas Setiap awal bulan, Ketika saya mendapatkan gaji saya selalu menyisihkan uang dalam jumlah ratusan ribu rupiah, sehingga sedikit demi sedikit gram demi gram emas terkumpul

Ketika saya ingin mencairkan emas melalui aplikasi pegadaian, proses pencairan emas tersebut sangat cepat, mungkin terdapat selisih harga daripada harga beli namun ketika jumlah emas saya sudah puluhan gram dan berusia 5 tahun maka nilai emasnya sudah mengalami kenaikan berapa persen , karena saya membelinya di tahun 2015 dan saya menjualnya di tahun 2021 Anda bisa menghitung sendiri berapa persen kenaikannya dari tahun 2015 ke 2021 dikalikan berapa gram emas yang sudah dicairkan. 

Selama ini, alhamdulillah transaksi di aplikasi pegadaian lancar tanpa kendala, emas yang saya simpan bisa dicairkan dengan mudah ke rekening bank saya walaupun saya pernah sekali ketika saya mentransfer uang dari Pegadaian ke bank BRI belum bisa masuk pada saat itu, namun solusi tersebut bisa diselesaikan dengan mudah, dengan saya mengunjungi langsung ke konter atau gerai aplikasi Pegadaian di kota tempat saya mengurus aplikasi tersebut, dan bisa cair dalam bentuk uang tunai hari itu juga, walaupun sebenarnya pihak pegadaian memberikan penawaran mau dicairkan lewat rekening atau melalui transfer emas di pegadaian.

Untuk kejadian tersebut anda bisa membaca pengalaman saya pada link di bawah:

Pengalaman menarik emas dari pegadaian, saldo berkurang tetapi tidak masuk rekening

Bagaimana Cara Menabung Emas Melalui Aplikasi Pegadaian?

Adapun untuk menabung emas di aplikasi pegadaian, anda harus melakukan pendaftaran menabung emas terlebih dahulu, dimana anda harus mengurus 3 persyaratan menabung emas sebagai berikut :

Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor), Mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas, Membayar Biaya transaksi Tabungan Emas. adapun biaya pembukaan rekening tabungan emas di aplikasi pegadaian adalah Rp 10.000,- jika anda mengurusnya di kantor atau outlet pegadaian, apabila anda mengurusnya melalui aplikasi pegadaian digital maka anda perlu mengeluarkan biaya untuk pembukaan rekening sebesar 0 rupiah, 

Ketika anda berada di outlet pegadaian, anda bisa meminta untuk diinstalkan aplikasi pegadaian, karena berdasarkan pengalaman saya, saya  membutuhkan verikasi akun oleh pegawai di outlet pegadaian.

Selanjutnya saya bisa menggunakan aplikasi pegadaian dengan mudah.

Berikut lima tahapan menabung emas di aplikasi pegadaian

1) Pada tampilan utama aplikasi pegadaian silakan klik tabung emas.

2) klik Beli Emas

3) Pada dialog kolom pertama masukkan nominal emas yang anda beli, misalnya anda inputkan Rp 1.000.000,- dan anda pilih rekening sendiri, kemudian klik saya setuju dengan ketentuan dan syarat yang berlaku kemudian klik selanjutnya

4) Pada dialog kedua anda disuruh memilih metode pembayaran yang anda inginkan, anda bisa memilih BRI Virtual Account, Go Pay, BCA dan berbagai metode pembayaran lainnya, namun pada gambar di bawah kami memilih menggunakan BRI Virtual Account, sebagai catatan anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah).kemudian anda klik bayar.

5) Pada dialog terakhir anda akan diberikan batas waktu pembayaran dan anda bisa menyalin (mencopy) kode briva yang diberikan. kemudian anda transfer melalui aplikasi BRI Mobile anda. apabila anda melewati waktu pembayaran mungkin pembayaran anda akan gagal.  anda juga akan mendapatkan email konfirmasi pembayaran di Email anda yang tertaut dengan aplikasi Pegadaian.

Sebagai catatan, apabila anda mengisi saldo tabungan emas di pegadaian pada tanggal 10 ke atas setiap bulannya, maka mungkin anda tidak akan mendapatkan potongan diskon dari aplikasi pegadaian. karena itu saya menyarankan anda melakukan penabungan emas di aplikasi pegadaian pada awal bulan. 

Untuk mendapatkan pemahaman dan penjelasan dilengkapi gambar anda bisa mengunjungi laman website di bawah 

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Bagaimana Cara Mencairkan Emas Pegadaian ke Rekening bank Pribadi?

Untuk mencairkan atau menjual emas ke rekening bank pribadi, langkahnya seperti di awal, yaitu klik tabungan emas 

  1. Silakan klik jual emas 

  2. Pada kolom rekening asal, silakan klik disana, akan muncul rekening emas anda beserta jumlah emas yang anda miliki
  3. Masukkan jumlah gram emas yang anda ingin cairkan, dimana saldo mengendap minimal 0,1 gram. Apabila tidak ada saldo mengendap 0,1 gram, maka transaksi tidak bisa dilakukan.
  4. Pilih rekening penerima, ,
  5. Klik tanda centang untuk menyetujui ,
  6. Klik Lanjutkan
  7. Maka anda akan memasukkan nomor pin yang memproses penarikan uang Anda ke bank anda.
  8. Transfer emas dari pegadaian selesai, anda akan mendapatkan notifikasi di email anda.

Demikian artikel pengalaman menabung dan menjual emas di aplikasi pegadaian. Apabila tulisan ini bermanfaat silakan bagikan kepada teman atau saudara anda yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Menabung dan Menjual Emas di Aplikasi Pegadaian"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close