Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Dengan Huruf Jar Kaf Di Dalam Al Qur'an

Pengertian Huruf Jar Kaf

Secara bahasa pengertian huruf jar kaf adalah menyerupai, seperti, namun penggunaan huruf kaf di dalam kalimat bisa berarti sebab atau alasan, di atas, segera, mengukuhkan dan sebagaimana. Seperti kalimat muhammad seperti rembulan, Karena kami telah mengutus kepadamu rosul di antara kamu, sholatlah dengan segera apabila sudah datang waktunya. ketiga contoh kalimat tersebut bisa saudara gunakan dengan huruf kaf.

Seperti contoh kalimat berikut 

  1. مُحَمَّدٌ كَا لْبَدْرِ artinya Muhammad Seperti rembulan.
  2. كَمَآ اَرْسَلْنَا فِيْكُمْ رَسُوْلًا مِّنْكُمْ يَتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِنَا QS. Al Baqoroh ayat 151 Artinya :"Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu seorang Rasul (Muhammad) dari (kalangan) kamu yang membacakan ayat-ayat Kami,
  3. صَلِّ كَمَا يَدْخُلُ الْوَقْتَ artinya Sholatlah dengan segera apabila sudah datang waktu sholat.

Contoh Huruf Jar Kaf di dalam Al Qur'an 

Contoh Kalimat dengan huruf Jar Kaf di dalam al Qur'an
Tabel 1.0. Contoh kalimat dengan huruf jar Kaf di dalam Al Qur'an

Berikut 13 contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an. adapun kami memberikan warna kuning pada kalimat yang terdapat huruf jar kaf supaya lebih memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. كَدَأْبِ اٰلِ فِرْعَوْنَۙ وَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۗ Artinya (Keadaan mereka) serupa dengan keadaan pengikut Fir‘aun dan orang-orang yang sebelum mereka.. kada'bi adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam surat al anfal ayat 52.
  2. فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ Artinya "sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat)." Ka'ashfin adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam al qur'an surat Al-Fil Ayat 5
  3. اِنَّهَا تَرْمِيْ بِشَرَرٍ كَا لْقَصْرِ  ۚ  Artinya"Sungguh, (neraka) itu menyemburkan bunga api (sebesar dan setinggi) istana," Kal Qoshr adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam al qur'an surat Al-Mursalat ayat 32. 
  4. نَا صِيَةٍ كَا ذِبَةٍ خَا طِئَةٍ  ۚ  Artinya "(yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan dan durhaka." Kadzibatin adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam al qur'an surat Al-'Alaq ayat 16.
  5. كَمَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ Artinya kamu samakan dengan orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah?  kaman aamana adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat At taubah ayat 19.
  6. وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗ Artinya dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya.  kama yuqootiluunakum adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat At Taubah ayat 36.
  7. فَاسْتَمْتَعْتُمْ بِخَلَاقِكُمْ كَمَا اسْتَمْتَعَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ بِخَلَاقِهِمْ Artinya  Maka mereka telah menikmati bagiannya, dan kamu telah menikmati bagianmu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya,kamastamta'a adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat At Taubah ayat 69.
  8. كَاَنْ لَّمْ يَغْنَوْا فِيْهَا ۗ اَلَا بُعْدًا لِّمَدْيَنَ كَمَا بَعِدَتْ ثَمُوْدُ ࣖ Artinya seolah-olah mereka belum pernah tinggal di tempat itu. Ingatlah, binasalah penduduk Madyan sebagaimana kaum samud (juga) telah binasa. kaan lam dan kama ba'idats adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Hud ayat 95
  9.  اَفَمَنْ يَّعْلَمُ اَنَّمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ مِنْ رَّبِّكَ الْحَقُّ كَمَنْ هُوَ اَعْمٰىۗ Artinya Maka apakah orang yang mengetahui bahwa apa yang diturunkan Tuhan kepadamu adalah kebenaran, sama dengan orang yang buta?. kaman huwa a'ma dan kama ba'idats adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Ar Ro'du ayat 19.
  10. وَمَثَلُ كَلِمَةٍ خَبِيۡثَةٍ كَشَجَرَةٍ خَبِيۡثَةٍ ۨاجۡتُثَّتۡ مِنۡ فَوۡقِ الۡاَرۡضِ Artinya Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut akar-akarnya dari permukaan bumi;kasyajarotin  adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Ibrohim ayat 26.
  11. كَمَآ اَنْزَلْنَا عَلَى الْمُقْتَسِمِيْنَۙ Artinya : Sebagaimana (Kami telah memberi peringatan), Kami telah menurunkan (azab) kepada orang yang memilah-milah (Kitab Allah), kama anzalna adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Al Hijr ayat 90.
  12. وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوْهُ اَوَّلَ مَرَّةٍ وَّلِيُتَبِّرُوْا مَا عَلَوْا تَتْبِيْرًا Artinya  lalu mereka masuk ke dalam masjid (Masjidil Aqsa), sebagaimana ketika mereka memasukinya pertama kali dan mereka membinasakan apa saja yang mereka kuasai. kama dakholuuhu adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Al isro ayat 7.
  13. فَلَا تَمِيلُوا كُلَّ الْمَيْلِ فَتَذَرُوهَا كَالْمُعَلَّقَةِ ۚ Artinya karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Kal Mu'allaaqoti adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat An Nisa' ayat 129.
  14. وَلَهُ الْجَوَا رِ الْمُنْشَئٰتُ فِى الْبَحْرِ كَا لْاَ عْلَا مِ  Artinya "Milik-Nyalah kapal-kapal yang berlayar di lautan bagaikan gunung-gunung." Kal a'laam adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Ar-Rahman Ayat 24.
  15. كَاَ مْثَا لِ اللُّـؤْلُـوٴِالْمَكْنُوْنِ  Artinya "laksana mutiara yang tersimpan baik." Ka amtsaalil adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Al-Waqi'ah Ayat 23.
  16.  ۗ كَمَثَلِ غَيْثٍ اَعْجَبَ الْكُفَّا رَ نَبَا تُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰٮهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطٰمًا ۗ  Artinya , seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur.  Kamatsali ghoitsin adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Al-Hadid Ayat 20.
  17. سَا بِقُوْۤا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَآءِ وَ الْاَ رْضِ ۙ  Artinya "Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, KA ardhi  adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Al-Hadid Ayat 21.
  18. كَمَثَلِ الشَّيْطٰنِ اِذْ قَا لَ لِلْاِ نْسَا نِ اكْفُرْ ۚ  Artinya "(Bujukan orang-orang munafik itu) seperti (bujukan) setan ketika ia berkata kepada manusia, "Kafirlah kamu!Kamatsali syaiton adalah contoh kalimat dengan huruf jar kaf di dalam Al Qur'an Surat Al-Hasyr Ayat 16.

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat Dengan Huruf Jar Kaf Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close