Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Dengan Huruf Jar Ba' Di Dalam Al Qur'an

Pengertian Huruf Jar Ba'

Secara bahasa pengertian huruf jar ba' adalah dengan, tentang, mengganti, demi. dan kepada.  terkadang huruf jar ba' yang berada di dalam kalimat mempunyai arti yang sama dengan huruf jar min dan huruf jar 'an yang bermakna dari atau berasal. sebagaimana yang tertulis di dalam kitab alfiyah ibnu malik 

بِالْبَا اسْتَعِنْ وَعَدِّ عَوِّضْ أَلْصِقِ وَمِثْلَ مَعْ وَمِنْ وَعَنْ بِهَا انْطِقِ

Artinya "Huruf jar ba' itu bermakna isti'anah, mengganti, bertemu, menyerupai maknanya min dan 'an,"

seperti contoh kalimat "saya menulis dengan pena", "saya berlindung kepada tuhannya manusia" dan kalimat "demi allah saya akan melakukannya". Berikut 14 contoh kalimat dengan huruf jar ba', adapun warna kuning kami berikan di dalam kalimat supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya..

  1. اَكْتُبُ بِاالْقَلَمِ Artinya saya menulis dengan pena. huruf jar berarti dengan 
  2. قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ Artinya Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), huruf jar ba' berarti kepada, sebagaimana arti huruf jar 'ala
  3. بِااللّهِ لَأَفْعَلَنَّ Artinya Demi Allah saya akan melakukannya. Huruf jar ba' berarti demi
  4. ذَهَبْنَابِاالمُحَرِّك Artinya kami telah pergi dengan motor.
  5. رَاَيْتُ بِاالْاَلَةِ التَّصْوِيْرٍ Artinya  saya telah melihat dengan kamera.
  6. هُوَ يَطْلُبُ بِاالْكِتَابِ Artinya dia sedang belajar dengan buku.
  7. سَاَذْهَبُ بِاالْحِصَانِ Artinya Saya akan pergi dengan kuda.
  8. بِاالصَّدَاقَةِ سَوْفَ سُعَدَاء Artinya Dengan shodaqoh akan bahagia.
  9. سَأَسْتَحِمُ بِاالْمَاء Artinya Saya akan mandi dengan air.
  10. هُوَ يَأْكُلُ بِاالْمِلْعَقَةِ Artinya Dia sedang makan dengan sendok.
  11. هُوَ يَذْبَحُ الْاِبِلَ بِاالسِّكِيْنِ Artinya dia sedang menyembeiih unta dengan pisau.
  12. نَرْمِي بِاالْيَدَيْنِ Artinya kami sedang melempar dengan kedua tangan.
  13. أَمْشِيْ بِاالْقَدَمَيْنِ Artinya saya berjalan dengan kedua kaki.
  14. هُوَ يَرَى اليُوْ تُبَ بِاالْجَوَّالَةِ Artinya Saya melihat you tube dengan hape.

Contoh Huruf Jar Ba' Di Dalam Ayat Al qur'an

contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam al qur'an
Tabel 1.0 Contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam al qur'an

Berikut 11 contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam al qur'an, adapun warna kuning kami berikan supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ  Artinya Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, huruf jar ba' di dalam Surat an nas ayat 1 berarti kepada.
  2. وَصَدَّقَ بِالْحُسْنٰىۙ Artinya dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga) QS al lail ayat 6. bil husnaa adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al lail yang artinya adalah yang terbaik.
  3. اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ Artinya Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Surat Al alaq ayat 1. bismi adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al alaq ayat 1 yang artinya dengan nama.
  4. الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ Artinya Yang mengajar (manusia) dengan pena.Surat al alaq ayat 4. bil qolami adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al alaq ayat 4 yang artinya dengan pena.
  5. اَوْ اَمَرَ بِالتَّقْوٰىۗ Artinya atau dia menyuruh bertakwa (kepada Allah?). Surat Al Alaq ayat 12. bit taqwa adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al alaq ayat 12 yang artinya bertaqwa..
  6. كَلَّا لَىِٕنْ لَّمْ يَنْتَهِ ەۙ لَنَسْفَعًاۢ بِالنَّاصِيَةِۙ Artinya Sekali-kali tidak! Sungguh, jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya, (ke dalam neraka),Surat al alaq ayat 15. bin nashiyah adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al alaq ayat 15 yang artinya dengan tarik ubun-ubunnya..
  7. تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ Artinya Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Surat al qodr ayat 4. biidzni adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al qodr ayat 4 yang artinya dengan izin.
  8. اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ Artinya kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran. Surat al asr ayat 3. bilhaq dan bissh shobr adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al asr ayat 3 yang artinya adalah untuk kebenaran dan untuk kesabaran.
  9. اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ Artinya Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?) . Surat al fiil ayat 1.biashaabi shobr adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al fiil ayat 1 yang artinya adalah terhadap pasukan bergajah.
  10. تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ Artinya yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar, Surat al fiil ayat 4. bihijarootin adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al fiil ayat 4 yang artinya adalah dengan batu
  11. اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ Artinya Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Surat al ma'un ayat 1. bid diin adalah contoh kalimat dengan huruf jar ba' di dalam surat al ma'un ayat 1 yang artinya adalah terhadap agama..

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat Dengan Huruf Jar Ba' Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close