Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kana Wa Akhwatuha Di Dalam Al qur'an

Pengertian Kana wa akhwatuha adalah sekelompok kata kerja (Harfun) yang berfungsi untuk merofa’kan mubtada' dan menashobkan khobar, kana mempunyai beberapa saudara, yaitu : اَضْحَى (pada waktu dhuha), ظَلَّ (pada waktu siang),  بَات (pada waktu malam hari)،   اَمْسَى (pada waktu sore),اَصْبَحَ (pada waktu pagi), لَيْسَ (bukan)، صَارَ , زَالَ،  بَرِحَ فَتِئَ. Dimana semua mempunyai fungsi untuk merofa’kan mubtada’ dan menashobkan khobar

Berikut adalah 19 contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an, adapun warna kuning kami beirkan untuk memudahkan mempelajari dan memahaminya.

  1. اِذْ تَلَـقَّوْنَهٗ بِاَ لْسِنَتِكُمْ وَتَقُوْلُوْنَ بِاَ فْوَاهِكُمْ مَّا لَـيْسَ لَـكُمْ بِهٖ عِلْمٌ وَّتَحْسَبُوْنَهٗ هَيِّنًا ۖ Artinya :"(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh"  laisa lakum bihi ‘ilmun adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Nur Ayat 15.
  2. لَـيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَا حٌ اَنْ تَدْخُلُوْا بُيُوْتًا غَيْرَ مَسْكُوْنَةٍ فِيْهَا مَتَا عٌ لَّـكُمْ ۗ Artinya : "Tidak ada dosa atasmu memasuki rumah yang tidak dihuni, yang di dalamnya ada kepentingan kamu”. Laisa ‘alaikum adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat An-Nur Ayat 29.
  3. ۗ وَ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَا حٌ فِيْمَاۤ اَخْطَأْ تُمْ بِهٖ ۙ وَلٰكِنْ مَّا تَعَمَّدَتْ قُلُوْبُكُمْ ۗ وَكَا نَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًاArtinya : " Dan tidak ada dosa atasmu jika kamu khilaf tentang itu, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." Laisa ‘alaikum dan kanallahu adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Ahzab Ayat 5
  4. ۗ وَكَفَى اللّٰهُ الْمُؤْمِنِيْنَ الْقِتَا لَ ۗ وَكَا نَ اللّٰهُ قَوِيًّا عَزِيْزًا Artinya. Cukuplah Allah (yang menolong) menghindarkan orang-orang mukmin dalam peperangan. Dan Allah Maha Kuat, Maha Perkasa." kanallahu adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Ahzab Ayat 25 
  5. اَلَيْسَ اللّٰهُ بِكَا فٍ عَبْدَهٗ ۗ وَيُخَوِّفُوْنَكَ بِا لَّذِيْنَ مِنْ دُوْنِهٖ ۗ  Artinya "Bukankah Allah yang mencukupi hamba-Nya? Mereka menakut-nakutimu dengan sesembahan yang selain Dia. Alaisallahu adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Az Zumar Ayat 36.
  6. فَاَ مَّاۤ اِنْ كَا نَ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ Artinya "Jika dia (orang yang mati) itu termasuk yang didekatkan (kepada Allah),"  in kana adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Waqi’ah Ayat 88.
  7. وَاَ مَّاۤ اِنْ كَانَ مِنْ اَصْحٰبِ الْيَمِيْنِ  Artinya "Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan," in kana adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Waqi’ah Ayat 90. 
  8. فَذَا قَتْ وَبَا لَ اَمْرِهَا وَكَانَ عَا قِبَةُ اَمْرِهَا خُسْرًا Artinya "Sehingga mereka merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya, dan akibat perbuatan mereka itu adalah kerugian yang besar." Kana aqibatu contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat At Talaq ayat 9.
  9. قُلْ اَرَءَيْتُمْ اِنْ اَصْبَحَ مَآ ؤُكُمْ غَوْرًا فَمَنْ يَّأْتِيْكُمْ بِمَآءٍ مَّعِيْنٍ Artinya "Katakanlah (Muhammad), "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapa yang akan memberimu air yang mengalir?"" ashbaha maa ukum in kana adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Mulk Ayat 30. 
  10. ٱلسَّمَآءُ مُنْفَطِرٌ بِۢهٖ ۗ كَا نَ وَعْدُهٗ مَفْعُوْلًا Artinya "Langit terbelah pada hari itu. Janji Allah pasti terlaksana." Kana wa’duhu maf’ula adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Muzzammil Ayat 18. 
  11. ثُمَّ كَانَ عَلَقَةً فَخَلَقَ فَسَوّٰى  Artinya "Kemudian (mani itu) menjadi sesuatu yang melekat, lalu Allah menciptakannya dan menyempurnakannya," Kana alaqotan adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Qiyamah Ayat 38. 
  12. كَانَ النَّا سُ اُمَّةً وَّا حِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ Artinya "Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Kanan Naasu adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Baqoroh Ayat 213. 
  13. يُوْفُوْنَ بِا لنَّذْرِ وَيَخَا فُوْنَ يَوْمًا كَانَ شَرُّهٗ مُسْتَطِيْرًا Artinya "Mereka memenuhi nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana." Kana Syarruhu adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Insan Ayat 7. 
  14. اِنَّ هٰذَا كَانَ لَـكُمْ جَزَآءً وَّكَانَ سَعْيُكُمْ مَّشْكُوْرًا Artinya "Inilah balasan untukmu, dan segala usahamu diterima dan diakui (Allah)." Kana lakum adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Insan Ayat 22. 
  15. وَمَا تَشَآءُوْنَ اِلَّاۤ اَنْ يَّشَآءَ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًا  Artinya "Tetapi kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali apabila dikehendaki Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana." . Kana ‘aliman adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Insan Ayat 30. 
  16. وَيُسْقَوْنَ فِيْهَا كَأْسًا كَانَ مِزَا جُهَا زَنْجَبِيْلًا Artinya "Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe." Kana mizajuha adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Insan Ayat 17. 
  17. اِنَّ يَوْمَ الْفَصْلِ كَانَ مِيْقَا تًا Artinya "Sungguh, hari keputusan adalah suatu waktu yang telah ditetapkan," Kana miqotan adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat An Naba’ Ayat 17. 
  18. فَاِ نْ كَانَ لَـكُمْ كَيْدٌ فَكِيْدُوْنِ Artinya "Maka jika kamu punya tipu daya, maka lakukanlah (tipu daya) itu terhadap-Ku." Kana lakum adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Mursalat Ayat 39. 
  19. لَـيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ اِلَّا مِنْ ضَرِيْعٍ  Artinya "Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri," laisa lahum Kana mizajuha adalah contoh kana wa akhwatuha di dalam al qur’an surat Al Ghosiyah Ayat 6. 

Posting Komentar untuk "Contoh Kana Wa Akhwatuha Di Dalam Al qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close