Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jamak Muannats Salim dan Pengertiannya

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari fi'il madhi ingin membaca tentang jamak taksir atau mubtada khobar, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

Apa Itu Jamak Muannats Salim?

Jama’ secara bahasa adalah kumpulan atau bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu atau banyak. Muannats menunjukkan sebagai bentuk wanita, salim berarti utuh atau selamat, sehingga secara bahasa Jamak Muannast Salim adalah bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu dalam bentuk yang selamat dari perubahan pada struktur pokoknya dan menunjukkan arti wanita, disebut salim karena penanda perubahan hanya berupa imbuhan akhir atau sufiks sehingga disebut salim, salim berarti ‘selamat atau utuh’. 

Menurut kitab Jamiud Durus, Pengertian Jamak Muannats Salim adalah lafadz yang dijamakkan dengan alif dan ta' tambahan, seperti perubahan kata di bawah ini :

.مُسْلِمَةٌ   مُسْلِمَاتٌ muslimatun menjadi mulimaatun. dengan adanya tambahan alif dan ta'

هِنْدٌ    هِنْدَاتٌ  hindun menjadi hindaatun dengan adanya tambahan alif dan ta'

مُرْضِعَةٌ   مُرْضِعَاتٌ murdhi'un menjadi murdhi'aatun, dengan adanya tambahan alif dan ta'

Contoh Jamak Mu'annats Salim
Tabel 1.0. Contoh Jamak Mu'annats Salim

I'rob pada Jamak Muannats Tsalim

I'rob pada Jamak Muannats Tsalim terdapat 3 jenis, yakni I'rob Nashob, I'rob Rofa' dan I'rob Jar atau I'rob Khofadh. sebagaimana tertulis dalam nadhoman alfiyah wa ma bita wa alifin qod jumi'a yuksaru fil jarri wa fin nasbi ma'aa 

وَمَــــــا بِتَـا وَأَلِـــفٍ قَدْ جُمِعَـــــــا ¤  يُكْسَرُ فِي الْجَرِّ وَفي النَّصْبِ مَعَا

كَذَا أُوْلاَتُ وَالَّذِي اسْمَاً قَدْ جُعِلْ ¤ كَــــأَذْرِعَــاتٍ فِــيْهِ ذَا أَيْــضَاً قُــبِلْ

Artinya : Adapun kalimah yang di-jamak-kan dengan menambah Alif dan Ta’ (Jama’ Muannats Salim), adalah ditandai harakat kasrah didalam Jar dan Nashabnya secara bersamaan. 

Dari nadhoman alfiyah tersebut bisa difahami bahwa Jamak Muannats Salim bisa menerima tanda kasroh untuk i'rob jar dan i'rob Nashob, adapun I'rob rofa' pada jamak muannats Salim dengan tanda dhommah. sebagaimana contoh penulisan di bawah ini.

Contoh Penulisan Jamak Muannats Salim

Contoh kalimat yang menggunakan jamak Mu'annats Salim dengan I'rob Rofa' adapun contoh tanda perubahan dengan dhommah kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :

1. الطَّالِبَاتُ فِى الْفَصْلِ Para pelajar wanita di kelas, Athoolibatu adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat dhommah yang merupakan tanda I’rob Rofa' 

2. الْمُعَلِّمَاتُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ Para guru wanita ke sekolah. Al Mu'allimatu adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat dhommah yang merupakan tanda I’rob Rofa' 

3. الطَّابِيْبَاتٌ مَاهِرَاتٌ Para dokter wanita it mahir. Ath thobiibatu adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat dhommah yang merupakan tanda I’rob Rofa

3 Contoh Jamak Muannats Salim majrur atau Contoh kalimat yang menggunakan jama' Mu'annats Salim dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :

1. اَقُوْلُ مَرْحَبًالِلطَّالِبَاتِ saya mengucapkan selamat datang kepada para pelajar wanita. Thoolibati adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Khofadh atau I'rob Jar.

2. سَنَنْظُرُ اِلَى المُعَلِّمَات Kami akan memandang para guru wanita. Al Mu'allimaati adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Khofadh atau I'rob Jar.

3. اِنْدَهَشَتْ اِلَى الطَّبِيْبَاتِ Saya telah takjub kepada para dokter wanita. At Thobiibati adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Khofadh atau I'rob Jar.

3 Contoh Jamak Muannats Salim Manshub atau Contoh kalimat yang menggunakan Jamak Mu'annats Salim dengan I'rob Nashob. adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :

1. نَصَرْتُ مُسْلِمَاتٍ    Saya telah menolong muslim-muslim perempuan. Muslimaatin adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Nashob.

2.رَأَيْتُ مُعلِّمَاتٍ فِى الْفَصْل   Saya melihat guru-guru wanita di dalam kelas. Mu'allimaatin adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Nashob.

3. قَرَأْتُ الطَّالِبَاتِ القُران     Murid-murid wanita telah membaca Al-qur'an. Atho libaatin adalah contoh jamak muannats salim dengan adanya harokat kasroh yang merupakan tanda I’rob Nashob.

Contoh Penulisan Jamak Mu'annats Salim Di Dalam Al-Qur'an

Berikut 5 contoh penulisan Jamak Mu'annats Salim di dalam Al qur’an. Adapun Lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats Salim kami berikan garis bawah supaya mudah di dalam mempelajarinya. sebagaimana berikut

  1. وَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ QS. Al Baqoroh ayat 22 Artinya dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Ats Tsamarooti adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  2. وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ QS. AL Baqoroh ayat 25 Artinya Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Ash Shoolihaati dan jannatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim. 
  3. هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ QS. Al Baqoroh ayat 29 Artinya Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Samawaatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  4.  وَمَنۡ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ يُدۡخِلۡهُ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَا‌ ؕ  QS. An Nisa ayat 13 Artinya Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Jannatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  5. وَمَنْ لَّمْ يَسْتَطِعْ مِنْكُمْ طَوْلًا اَنْ يَّنْكِحَ الْمُحْصَنٰتِ الْمُؤْمِنٰتِ فَمِنْ مَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ مِّنْ فَتَيٰتِكُمُ الْمُؤْمِنٰتِۗ QS An Nisa' ayat 25 Artinya Dan barangsiapa di antara kamu tidak mempunyai biaya untuk menikahi perempuan merdeka yang beriman, maka (dihalalkan menikahi perempuan) yang beriman dari hamba sahaya yang kamu miliki. Mukhsonaatin, mukminaatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.

1 komentar untuk "Contoh Jamak Muannats Salim dan Pengertiannya"

  1. Thanks kak buat infonyaaa ini bermanfaat bgt tauuu <3 smangat trus ya kakk

    BalasHapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close