Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat dengan huruf Jar Lam di dalam Al Qur'an

Apa itu Huruf Jar Lam?

Secara bahasa pengertian huruf jar lam adalah untuk, karena, namun penggunaan huruf lam di dalam kalimat bisa berarti alasan, bersama, kepada, hak milik. Adapun pengertian huruf jar lam menurut kitab alfiyah ibnu Malik adalah sampai batas akhir (lilintiha’ul ghoyah.)  

لِلانْتِهَا حَتَّى وَلاَمٌ وَإِلَى وَمِنْ وَبَاءٌ يُفْهِمَانِ بَدَلاَ

Artinya "Huruf jar hatta dan lam dan ila bermakna intiha' (sampai batas akhir) sedangkan huruf jar min dan ba' bermakna pengganti."

Huruf Jar lam apabila disambungkan dengan kata benda (isim) maka menjadikan kata benda (isim) menjadi majrur, namun apabila disambungkan dengna kata kerja (fi’il mudhori’) maka tidak bisa memajrurkan kata di depannya.

Seperti 13 contoh kalimat berikut, adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz yang terdapat huruf jar lamnya supaya memudahkan di dalam memahami dan mempelajarinya.

  1. اَلْحَمْدُ لِلّهِ Artinya segala Puji hanya untuk Allah. lafadz lillahi adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam dengan tanda jarnya adalah kasroh.
  2. لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ QS Al Baqoroh ayat 255 Artinya :  Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. 
  3. هَذَا الْكِتَابُ لِأَخِيْكَ Artinya Buku ini untuk saudaramu.  lafadz liakhiika adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam dengan tanda jarnya adalah huruf ya'.
  4. ذَهَبتُ اِلَى الْمَكَّةِ ليَطْلُبَ الْعِلْمَ Artinya Saya telah pergi ke mekkah untuk menuntut ilmu. lafadz liyathluba adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam dan tidak bisa memajrurkan kata kerja didepannya karena merupakan fi'il mudhori'.
  5. هَذَا عِلْمُ لِلْمُسْلِمٍ وَ الْمُسْلِمَةٍ Artinya Ilmu ini untuk muslim laki-laki dan muslim perempuan. lafadz lilmuslimin adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam dengan tanda jarnya adalah kasroh.
  6. ذَهَبتُ اِلَى الْمَدِيْنَة لِيَكْسِبَ الْمَالَ  Artinya Saya pergi ke kota untuk mencari uang. lafadz liyaksyiba adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam dan tidak bisa memajrurkan kata kerja didepannya karena merupakan fi'il mudhori'.
  7. هَذِهِ الْصَّدَاقَةُ لِلمُؤْمِنٍ وَ الْمُؤْمِنَةِ  Artinya Shodaqoh ini untuk mukmin laki-laki dan mukmin perempuan. lafadz lilmukminin adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam dengan tanda jarnya adalah kasroh 
  8. سَأَشْتَرِى حِصَانَ لِلْزَيْدِ artinya Saya akan  membeli kuda untuk zaid
  9. هُوَ يشْتَرِي الْفَوَاكِه لِلْزَيْنَبِ artinya Dia membeli buah untuk zainab
  10. نَحنُ نَشْتَرِى الْمَلَابِسَ لِلْاَطْفَالِ  artinya Kami membeli baju untuk anak-anak
  11. هُوَ يُعْطِي النَّعْلَ لِلْعُسمَنِ  Artinya Kamu telah memberikan sandal untuk usman
  12. نَحْنُ نَطبَخُ الرُّزَّ لِلْاَحْمَدِ  Artinya Kami memasak nasi untuk ahmad
  13. كَتَبَ مَرْيَمَ الْخِطَابَ لِلْاُسْتَاذِ  Artinya Maryam sudah menulis surat untuk ustadz

Contoh Huruf Jar Lam di dalam Al Qur'an 

Contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam al qur'an
Tabel 1.0. Contoh kalimat dengan huruf jar lam

Berikut 15 contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam al qur'an, adapun kalimat yang terdapat huruf jar lam kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. رُسُلًا مُّبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَى اللّٰهِ حُجَّةٌ ۢ بَعْدَ الرُّسُلِ ۗ Artinya : Rasul-rasul itu adalah sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, agar tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah setelah rasul-rasul itu diutus. lialla dan linnasyi adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam surat annisa ayat 165.
  2. مَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ Artinya  Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur. liyaj'ala, liyutohhirokum dan liyutimma adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam surat Al Maidah ayat 7.
  3. وَمِنَ الَّذِيْنَ هَادُوْا ۛ سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ سَمّٰعُوْنَ لِقَوْمٍ اٰخَرِيْنَۙ لَمْ يَأْتُوْكَ Artinya "dan juga orang-orang Yahudi yang sangat suka mendengar (berita-berita) bohong dan sangat suka mendengar (perkataan-perkataan) orang lain yang belum pernah datang kepadamu".  lilkadzibi dan liqoumin adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalamAl Maidah ayat 41.
  4. كُلَّمَآ اَوْقَدُوْا نَارًا لِّلْحَرْبِ اَطْفَاَهَا اللّٰهُ Artinya : "Setiap mereka menyalakan api peperangan, Allah memadamkannya." lilharbi adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di surat Al Maidah ayat 64
  5.  ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ Artinya : Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu. lidhdholimiina adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di surat  Al Maidah ayat 72
  6. اُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهٗ مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ Artinya : Dihalalkan bagimu hewan buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; lisysyaiyaroh adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di QS Al Maidah ayat 76
  7. وَلَوْ جَعَلْنٰهُ مَلَكًا لَّجَعَلْنٰهُ رَجُلًا وَّلَلَبَسْنَا عَلَيْهِمْ مَّا يَلْبِسُوْنَ Artinya Dan sekiranya rasul itu Kami jadikan (dari) malaikat, pastilah Kami jadikan dia (berwujud) laki-laki, dan (dengan demikian) pasti Kami akan menjadikan mereka tetap ragu sebagaimana kini mereka ragu. laja'alnahu dan lalabasna adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di QS Al An'am ayat 9
  8. قُلْ لِّمَنْ مَّا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ قُلْ لِّلّٰهِ ۗ كَتَبَ عَلٰى نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ ۗ لَيَجْمَعَنَّكُمْ اِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ Artinya : Katakanlah (Muhammad), “Milik siapakah apa yang di langit dan di bumi?” Katakanlah, “Milik Allah.” Dia telah menetapkan (sifat) kasih sayang pada diri-Nya. Dia sungguh akan mengumpulkan kamu pada hari Kiamat. liman, lillahi dan layajma'annakum adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di surat QS Al An'am ayat 12
  9. وَاُوْحِيَ اِلَيَّ هٰذَا الْقُرْاٰنُ لِاُنْذِرَكُمْ بِهٖ وَمَنْۢ بَلَغَ ۗ اَىِٕنَّكُمْ لَتَشْهَدُوْنَ اَنَّ مَعَ اللّٰهِ اٰلِهَةً اُخْرٰىۗ Artinya : Al-Qur'an ini diwahyukan kepadaku agar dengan itu aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang yang sampai (Al-Qur'an kepadanya). Dapatkah kamu benar-benar bersaksi bahwa ada tuhan-tuhan lain bersama Allah? liundhirokum dan latasyhaduuna adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam Al Qur'an Surat Al An'am ayat 19
  10. ذٰلِكُمْ فَذُوْقُوْهُ وَاَنَّ لِلْكٰفِرِيْنَ عَذَابَ النَّارِ Artinya Demikianlah (hukuman dunia yang ditimpakan atasmu), maka rasakanlah hukuman itu. Sesungguhnya bagi orang-orang kafir ada (lagi) azab neraka. lilkafiriina adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di QS Al Anfal ayat 14. 
  11. قَا لَ اِنَّمَاۤ اَنَاۡ رَسُوْلُ رَبِّكِ ۖ لِاَ هَبَ لَـكِ غُلٰمًا زَكِيًّا Artinya Dia (Jibril) berkata, "Sesungguhnya aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak laki-laki yang suci."Li ahabalaki adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam Al Qur'an Surat Maryam Ayat 19.
  12. قَا لَ كَذٰلِكِ ۚ قَا لَ رَبُّكِ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ ۚ وَلِنَجْعَلَهٗۤ اٰيَةً لِّلنَّا سِ وَرَحْمَةً مِّنَّا ۚ وَكَا نَ اَمْرًا مَّقْضِيًّا Artinya "Dia (Jibril) berkata, "Demikianlah." Tuhanmu berfirman, "Hal itu mudah bagi-Ku, dan agar Kami menjadikannya suatu tanda (kebesaran Allah) bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu urusan yang (sudah) diputuskan.""Linaj'alahu dan linnasyi adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam Al Qur'an Surat Maryam Ayat 21.
  13.  ۙ فَقُوْلِيْۤ اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا  Artinya "Maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.""Lir rohmaani adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam Al Qur'an Surat Maryam Ayat 26.
  14. يٰۤاَ بَتِ اِنِّيْۤ اَخَا فُ اَنْ يَّمَسَّكَ عَذَا بٌ مِّنَ الرَّحْمٰنِ فَتَكُوْنَ لِلشَّيْطٰنِ وَلِيًّا Artinya "Wahai ayahku! Aku sungguh khawatir engkau akan ditimpa azab dari Tuhan Yang Maha Pengasih, sehingga engkau menjadi teman bagi Setan. Lisy Syaithooni adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam Al Qur'an Surat Maryam Ayat 45.
  15. رَّبُّ السَّمٰوٰتِ وَ الْاَ رْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَا عْبُدْهُ وَا صْطَبِرْ لِـعِبَا دَتِهٖ ۗ  Artinya "(Dialah) Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadah kepada-Nya."Li'ibadatihi adalah contoh kalimat dengan huruf jar lam di dalam Al Qur'an Surat Maryam Ayat 65.

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat dengan huruf Jar Lam di dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close