Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menurunkan Nilai BOD di air limbah


khoiri.com
BOD adalah kepanjangan dari (Biological Oxygen Demand), pengertian BOD adalah kadar limbah organik yang diukur dari banyaknya oksigen yang diperlukan untuk mendegradasi (memecah) sampah organik. Besar kecilnya nilai BOD dapat menunjukkan besarnya pencemaran di dalam air limbah. Sehingga bisa difahami bahwa BOD bukanlah suatu zat melainkan parameter pengukuran tidak langsung terhadap suatu zat.

Tingginya nilai BOD di dalam air limbah, disebabkan oleh beberapa zat berikut :
1.Total Suspended Solid (TSS), Total suspended solid (TSS) adalah jumlah padatan tersuspensi yang ada dalam air. Secara mudah satu ppm tss akan bernilai sekitar 4 ppm BOD. Sehingga semakin keruh si air sudah pasti semakin besar si BOD.
2.Oil and Grease (minyak dan lemak), yang berarti jumlah kandungan minyak  dan lemak dalam air limbah. Makanya tidak heran kalau air limbah dari dapur dan pabrik makanan biasanya akan memiliki nilai BOD yang sangat tinggi akibat dari tingginya kadar minyak dan Lemak.
3.Organic Content adalah Jumlah zat organik dalam air juga akan turut berpengaruh pada tingginya nilai BOD. Sebab zat organik inilah yang nantinya akan diuraikan oleh aktivitas biologi dari bakteri aerob dan anerob.
Perairan yang mempunyai kadar BOD tinggi umumnya akan menimbulkan bau tidak sedap, sebab apabila BOD tinggi berarti oksigen terlarutnya rendah dan berarti pula pemecahan sampah organik akan berlangsung anaerob (tanpa oksigen). Proses anaerob merupakan pecahan sampah (oksidasi) yang tidak menggunakan oksigen sehingga akan dihasilkan senyawa – senyawa NH3, H2S, CH4 yang berbau tidak sedap. Tingginya nilai BOD serta rendahnya ketersediaan oksigen menyebabkan hewan – hewan dan tumbuhan air tidak dapat berkembang dengan baik dan bahkan mati. 
Nilai BOD yang diperbolehkan adalah sekitar 30 sampai 80. Limbah yang belum memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan, tidak boleh dibuang ke lingkungan sebelum melalui pengolahan terlebih dahulu.

3 cara menurunkan nilai BOD di air limbah adalah sebagai berikut :
1. Penambahan Oksidator 
Penambahan oksidator adalah penambahan zat-zat yang dapat mengoksidasikan polutan dalam air, oksidator yang biasa dipakai  di antaranya adalah Kaporit dan Hidrogen Peroksida

2. Filtrasi Anaerob
Dengan mengalirkan limbah cair dalam media kerikil dan pasir dari bawah ke atas maka akan didapatkan aliran keluar karena limbah BOD kontak dengan mikroorganisme dalam media

3. Rotating Biological Contactor
Dengan menggunakan cara tersebut maka mikroganisme membentuk lapisan biofilm dengan perlekatan pada drum RBC. RBC berputar jadi terkadang ada bagian kontak dengan air dan udara bebas sehingga pemenuhan O₂ terpenuhi. Bakteri akan berkembang dan mendegradasi limbah saat drum RBC kontak dengan limbah. RPM semakin rendah maka kontak antara bakteri dan limbah akan lebih efektif dan drum terendam 70% adalah kondisi efektif penurunan BOD.


Posting Komentar untuk "3 Cara Menurunkan Nilai BOD di air limbah"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close