Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan tiga jenis simbiosis makhluk hidup, contoh dan penjelasannya!

Sebutkan tiga jenis simbiosis makhluk hidup, contoh dan penjelasannya!

Sebutkan tiga jenis simbiosis makhluk hidup, contoh dan penjelasannya!

 3 jenis simbiosis pada makhluk hidup adalah simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme. Penjelasan dan contohnya sebagai berikut :

  1. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antar makhluk hidup yang saling menguntungkan contohnya interaksi antara bunga dan lebah di mana lebah melakukan penghisapan madu pada bunga sehingga terjadi penyerbukan, lebah mendapatkan madunya dan bunga bisa melakukan penyerbukan untuk berkembang biak.
  2. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar makhluk hidup dimana yang satu mendapatkan keuntungan dan yang satu dirugikan, contoh simbiosis parasitisme seperti interaksi antara benalu dengan pohon mangga, di mana benalu mendapatkan hidup dari pohon mangga yang dihinggapi sementara pohon mangga lama-kelamaan akan mati karena dihisap saripatinya oleh benalu.
  3. Simbiosis komensalisme adalah interaksi antar makhluk hidup, di mana salah satu pihak mendapatkan keuntungan sedangkan pihak lain tidak terpengaruhi, contoh simbiosis komensalisme seperti hubungan antara cacing pipih dengan kepiting di mana cacing pipih memperoleh sumber pangan ketika menempel pada kepiting serta mendapatkan perlindungan fisik dari predator. Sementara kepiting tidak dirugikan dengan adanya cacing pipih yang menempel di tubuhnya.

Posting Komentar untuk "Sebutkan tiga jenis simbiosis makhluk hidup, contoh dan penjelasannya!"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close