Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 4 Pola Interaksi Organisme Makhluk Hidup dan Penjelasannya?

Sebutkan 4 pola interaksi organisme makhluk hidup dan penjelasannya? 

Berikut adalah 4 pola interaksi organisme makhluk hidup 

  1. Netral 
  2. Predasi dan kompetisi 
  3. Simbiosis 
  4. Antibiosis 

Sebutkan 4 Pola Interaksi Organisme Makhluk Hidup dan Penjelasannya?

Penjelasannya sebagai berikut 

1) Interaksi organisme netral adalah pola interaksi yang tidak saling mengganggu tidak saling merugikan dan tidak saling menguntungkan. contoh interaksi netral antara kambing dengan kupu-kupu antara laba-laba dengan burung merpati dan antara sapi dengan cecak. 

2) Interaksi organisme predasi dan kompetisi, Interaksi predasi adalah hubungan antara pemangsa dengan yang dimangsa, seperti macan memakan rusa atau kucing memakan ayam, Interaksi kompetisi adalah persaingan untuk mendapatkan hak di lahan yang sama, seperti tikus dan belalang yang berkompetisi untuk memperoleh padi namun tikus tidak akan memakan belalang begitu juga sebaliknya. 

3) Interaksi simbiosis merupakan interaksi makhluk hidup yang saling menguntungkan atau saling merugikan atau komensalisme, contoh interaksi simbiosis seperti interaksi antara kupu-kupu dan bunga yang sangat menguntungkan atau interaksi antara tanaman benalu dengan inangnya yang saling merugikan. 

4) Interaksi antibiosis adalah bentuk hubungan antara dua makhluk hidup berbeda yang satu menghambat pertumbuhan yang lain. Seperti interaksi antara bunga marigold dengan nematoda dan jamur. Bunga marigold dengan jenis tagetes memiliki akar yang mampu melepaskan bahan kimia beracun. Bahan kimia beracun tersebut disebut dengan terthienyl, yang sangat berdampak untuk beberapa spesies nematoda dan jamur. 

Posting Komentar untuk "Sebutkan 4 Pola Interaksi Organisme Makhluk Hidup dan Penjelasannya? "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close