Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

75 Contoh Isim Tanwin di Bahasa Arab dan Pengertiannya

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari fi'il madhi ingin membaca tentang jamak taksir atau mubtada khobar, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

 Apa itu Isim tanwin?

Pengertian Isim tanwin adalah isim (kata benda) yang bisa menerima harokat tanwin (kasroh tain, dhommah tain dan fathah tain). Sebagaimana tertulis di dalam kitab alfiyah ibnu malik bahwa ciri-ciri isim bisa diketahui dengan jelas dengan adanya tanwin, jar, nida’ dan huruf alim lam (al), adapun isim dengan tanda tanwin dibagi menjadi dua yakni isim yang bertanwin dan isim yang tidak bertanwin (isim ghoiru tanwin). 

75 Contoh Isim Tanwin di Bahasa Arab dan Pengertiannya

Di dalam ilmu tata bahasa arab, isim bertanwin disebut juga isim munshorif, kata benda atau isim yang termasuk isim bertanwin adalah manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, benda-benda, tempat, waktu sifat  dan setiap kata yang tidak ada kaitannya dengan waktu.

Contoh Isim Bertanwin
1 Isim tanwin pada manusia Zaid (زَيْدٌ), Umar (عُمَرٌ), Ali (عَلِيٌ)
2 Isim tanwin pada hewan Ular (ثُعْبَانٌ), Kucing (قِطٌّ). Gajah (فِيْلٌ).
3 Isim tanwin pada tanaman Jagung (ذُرَّةٌ), Brokoli (قَرَ نْبِيْطٌ), Labu kuning (يقْطِيْنٌ),
4 Isim tanwin pada benda Pintu (بَابٌ), Papan (سَبُّوْرَةٌ), Jendela (نَافِذَةٌ)
5 Isim tanwin pada tempat Sekolah (مَدْرَسَةٌ), Pengadilan (مَحْكَمَةٌ), Pesantren (مَعْهَدٌ)
6 Isim tanwin pada waktu Satu (اَحَدٌ), Tiga (ثَلَاثَةٌ), Jam (سَاعَةٌ),
7 Isim tanwin pada sifat Besar (كَبِيْرٌ), Baik (حَسَنٌ), Kafir (كَافِرٌ),
8 Isim tanwin pada kata yang tidak terdapat keterangan waktu Perjanjian (اِتِّفَاقٌ), Perhitungan (حِسَابٌ), Hadiah (هَدِيَةٌ)

Contoh Isim tanwin 

Berikut ini adalah 75 contoh isim tanwin untuk delapan jenis Isim (kata benda) di bahasa arab, anda bisa mencari materi bahasa arab lainnya di website khoiri.com dengan mudah, semua jenis materi bahasa arab tersedia di website ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah.

  1. Contoh isim tanwin pada manusia. Seperti  = Hindun (هِنْدٌ), Fattah (فَتَّحٌ). Umar (عُمَرٌ), ali (عَلِيٌ), habib (حَبِيْبٌ), Muhammad (مُحَمَّدٌ), zaid (زَيْدٌ), nuh (نُوْحٌ), lut (لُوْطٌ), adam (اَدَمٌ), qobil (قَابِيْلٌ), habil (حَابِيْلٌ)
  2. Contoh isim tanwin pada nama hewan = Jerapah (زَرَفَةٌ), harimau (نَمِرٌ), kucing (قِطٌّ). Gajah (فِيْلٌ). Ular (ثُعْبَانٌ), keledai (حِمَارٌ), kelinci (اَرْنَبٌ), sapi (بَقَرَةٌ), rubah (ثَعْلَبٌ), unta (جَمَلٌ), kuda (حِصَانٌ), domba (خَرُوْفٌ)
  3. Contoh isim tanwin pada tumbuh-tumbuhan = bawang merah (بَصَلٌ), brokoli (قَرَ نْبِيْطٌ), labu kuning (يقْطِيْنٌ), jagung (ذُرَّةٌ), bayam (سَبَانِخٌ), tomat (طَمَاطِمٌ), kentang (بَطَاطِسٌ), terong (بَاذِنْجَانٌ), timun (خِيَارٌ)
  4. Contoh isim tanwin pada benda benda = kursi (كُرْسِيٌ), papan (سَبُّوْرَةٌ), jendela (نَافِذَةٌ), lemari (خِزَانَةٌ), buku (كِتَابٌ), bullpen (قَلَمٌ), meja (طَاولَةٌ), rumah (بَيْتٌ), lampu (مِصْبَاحٌ) 
  5. Contoh isim tanwin pada tempat =  penjara (سِجْنٌ), pengadilan (مَحْكَمَةٌ), pesantren (مَعْهَدٌ), bandara (مَطَارٌ), sekolah (مَدْرَسَةٌ), kelas (فَصْلٌ), bank (بَنْكٌ), masjid (مَسْجِدٌ) 
  6. Contoh isim tanwin pada waktu =  terbit matahari (شُرُوْقٌ), jam (سَاعَةٌ), satu (اَحَدٌ), tiga (ثَلَاثَةٌ), malam hari (لَيْلً), siang hari (نَهَارً), pagi hari (صَبَاحً), sore hari (مَسَاءً) 
  7. Contoh isim tanwin pada sifat = baik (خَيْرٌ), Fasiq (فَاسِقٌ), kafir (كَافِرٌ), mukmin (مُؤْمِنٌ), muslih (مُصْلِحٌ), buruk (سَيْئٌ), tampan (جَمِيْلٌ), cantik (جَمِيْلَةٌ), jujur (صَادِقٌ), munafiq (مُنَفِقٌ), penipu (غَشَاشَةٌ) 
  8. Contoh isim tanwin pada setiap kata yang tidak terdapat keterangan waktu seperti bacaan(قِرَأَةٌ), hadiah (هَدِيَةٌ), perjanjian (اِتِّفَاقٌ), perhitungan (حِسَابٌ), keringanan (رُخْسَةٌ), masalah (مُشْكِلَةٌ)

 Contoh kalimat dengan isim tanwin

Berikut 10 contoh kalimat dengan isim tanwin di Bahasa Arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan isim tanwin supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. نَقْرَأُ الْكِتَابَ فِى الْمَسْجِدِ artinya Kami membaca buku di masjid, harokat kasroh tain pada kata masjidi hilang karena terdapat alif lam
  2. نَرَى الْحِصَأنَ فِى السُّوْقِ artinya Kami melihat kuda di pasar
  3. زَيْدٌ ذَهَبَ اِلَى الْمَدِيْنَةِ artinya Zaid pergi ke sekolah, harokat kasroh tain hilang pada kata madinati karena terdapat alif lam
  4. اَنَااَنْ اَذْهَبَ اِلَى الْمَدِيْنَةِ فِى الْيَوْمِ الْاِشْنَيْنِ artinya Saya akan ke kota pada hari senin
  5. اَنْتَ رَجُلٌ جَمِيْلٌ artinya Kamu adalah lelaki yang tampan
  6. اَنْتِ مَرْاَةُ جَمِيْلَةٌ artinya Kamu adalah wanita yang cantik
  7. رَكَلْتُ كُرَّة اِلَى زُجَاجٍ artinya Saya menendang bola ke kaca
  8. هُوَ يُعْطِيَ الْهَدِيَةَ اِلَيْكَ artinya Dia memberikan hadiah untuk anda
  9. وَقَعْنَاالْاِتِّفَاقِيَّةَ مَعَهُ artinya kami telah menandatangani perjanjian dengan nya
  10. زَرعْنَا طَمَاطِمَ فِى سَاحَةٍ artinya Kami menanam tomat di halaman 

Posting Komentar untuk "75 Contoh Isim Tanwin di Bahasa Arab dan Pengertiannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close