Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Teori Atom John Dalton dan Biografinya

Di mana John Dalton dilahirkan?

John Dalton dilahirkan pada tanggal 5 September tahun 1766 di Eaglesfield, Cumberland, Inggris. John Dalton adalah Seorang ahli kimia dan meteorologi seorang pionir pada pengembangan teori atom modern. 

Ayah John dalton adalah seorang penenun. John Dalton menerima pendidikan dinindari ayahnya dan dari Quaker John Fletcher yang mengelola sekolah swasta di desa Pardshaw Hall. Adapun Quaker adalah sejumlah orang yang termasuk serangkaian denominasi Kristen protestan.

Apa saja poin kunci Teori Atom oleh John Dalton?

Teori atom John Dalton adalah upaya lengkap pertama untuk menggambarkan semua materi dalam kerangka atom dan sifat-sifatnya. Dalton mendasarkan teorinya pada hukum kekekalan massa dan aturan komposisi konstan. Hukum kekekalan massa menyatakan bahwa materi tidak diciptakan atau dimusnahkan dalam sistem tertutup. Artinya jika kita mengalami reaksi kimia, jumlah setiap unsur harus sama dalam bahan awal dan produk. 

Hukum komposisi konstan mengatakan bahwa senyawa murni akan selalu memiliki proporsi yang sama dari unsur yang sama. Misalnya, garam meja, yang memiliki rumus molekul NaCl, mengandung proporsi yang tepat dari unsur natrium dan klorin tidak peduli berapa banyak garam yang Anda miliki atau dari mana garam itu berasal. 

Jika kita menggabungkan beberapa logam natrium dan gas klorin—yang tidak saya rekomendasikan untuk dilakukan di rumah—kita dapat membuat lebih banyak garam meja dengan komposisi yang sama.

Berikut adalah 4 poin kunci teori atom John Dalton :

  1. Bagian pertama dari teorinya menyatakan bahwa semua materi terbuat dari atom yang tak terpisahkan.
  2. Bagian kedua dari teori ini mengatakan bahwa semua jejak dari unsur tertentu adalah identik dalam hal massa dan sifat.
  3. Bagian ketiga mengatakan senyawa adalah kombinasi dari dua atau lebih jenis atom yang berbeda.
  4. Bagian keempat dari teori menyatakan bahwa reaksi kimia adalah penataan ulang atom.

Penjelasan bagian per bagian teori atom dalton

Bagian 1: Semua materi terbuat dari atom.

Dalton berhipotesis bahwa hukum kekekalan massa dan aturan perbandingan tetap dapat dijelaskan dengan menggunakan gagasan atom. Dia mengusulkan bahwa semua materi terbuat dari partikel kecil tak terpisahkan yang disebut atom, yang dibayangkan sebagai "partikel padat, padat, keras, tidak dapat ditembus, dan dapat digerakkan".

Bagian 2: Semua atom dari unsur tertentu memiliki massa dan sifat yang identik.

Dalton mengusulkan bahwa setiap atom dari suatu unsur, seperti emas, adalah sama dengan setiap unsur lainnya. Dia juga mencatat bahwa atom dari satu unsur berbeda dari semua komponen lainnya. Hari ini, kita masih tahu ini sebagian besar benar. Atom natrium berbeda dengan atom karbon. Unsur-unsur dapat berbagi titik didih, titik leleh, dan keelektronegatifan yang serupa, tetapi tidak ada dua bagian yang memiliki sifat yang sama.

Bagian 3: Senyawa adalah kombinasi dari dua atau lebih jenis atom yang berbeda.

Pada bagian ketiga dari teori atom Dalton, ia mengusulkan bahwa senyawa adalah kombinasi dari dua atau lebih atom yang berbeda jenis. Contoh dari senyawa tersebut adalah garam meja. Garam meja adalah kombinasi dari dua elemen terpisah dengan sifat fisik dan kimia yang unik. Yang pertama, natrium, adalah logam yang sangat reaktif. Yang kedua, klorin, adalah gas beracun. Ketika mereka bereaksi, atom bergabung dalam rasio 1:1 untuk membentuk kristal putih NaCl. Karena atom tidak dapat dibagi, mereka akan selalu digabungkan dalam rasio bilangan bulat sederhana. 

Bagian 4: Reaksi kimia adalah penataan ulang atom.

Pada bagian keempat dan terakhir dari teori atom Dalton, dia mengemukakan bahwa reaksi kimia tidak menghancurkan atau menciptakan atom. Mereka hanya mengatur ulang atom. Mereka mengatur ulang untuk membentuk senyawa baru. Menggunakan contoh garam kita lagi, ketika natrium bergabung dengan klorin untuk membuat garam, atom natrium dan klorin tetap ada.

Demikian artikel singkat tentang Sejarah dan Teori Atom John Dalton. Adapun sumber rujukan materi dalam bahasa inggris bisa di akses pada link di bawah

  1. https://byjus.com/chemistry/daltons-atomic-theory/#:~:text=All%20matter%20is%20made%20up%20of%20atoms%2C%20which%20are%20tiny,or%20divided%20into%20smaller%20particles.
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/John_Dalton

Posting Komentar untuk "Penjelasan Teori Atom John Dalton dan Biografinya"

close