Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

31 Contoh Kalimat Fi'il Madhi di dalam Al Qur'an Juz 30

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari fi'il madhi ingin membaca tentang jamak taksir atau mubtada khobar, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

Apa yang dimaksud dengan Fi’il Madhi?

Pengertian Fi’il adalah kata kerja, Fi'il adalah kata yang dalam penggunaannya dalam kalimat terikat waktu tertentu, adapun fi’il madhi adalah kata kerja yang menunjukkan aktivitas atau perbuatan di waktu lampau, adapun contoh fi'il madhi ada yang tanpa imbuhan seperti kata Kadzdzaba, Ja’ala dan Qola, ada juga fi'il madhi yang menggunakan ta' fa'il dan ta' ta'nits yang mati. seperti 

  1. (كَذَّبَ) Kadzdzaba menjadi (كَذَّبَتْ) Kadzdzabats
  2. (عَلِمَ) ‘Alima menjadi (عَلِمَتْ) ‘Alimats
  3. (جَاءَ) Ja a menjadi (جَاءَتْ) Ja ats
  4. (دَخَلَ) Dakhola menjadi (دَخَلَتْ) dakholats

31 Contoh Kalimat Fi'il Madhi di dalam Al Qur'an Juz 30

Contoh Fi'il Madhi Di Dalam Al-Qur'an

Berikut adalah 31 contoh fi'il madhi di dalam al qur’an juz 30, adapun contoh lafadz yang menunjukkan fi'il madhi kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, apabola saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ Artinya dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong. Arsala adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al Fiil ayat 3.
  2. اۨلَّذِىۡ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗ artinya yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya. Jama'a adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al humazah ayat 2.
  3. اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِۗ artinya Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Aamanuu dan 'Amiluu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al Bayyinah ayat 7.
  4. اَنۡ رَّاٰهُ اسۡتَغۡنٰىؕ artinya apabila melihat dirinya serba cukup. ro aahu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al 'Alaq ayat 7.
  5. عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ artinya Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. 'allama adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al 'Alaq ayat 5.
  6. ثُمَّ رَدَدۡنٰهُ اَسۡفَلَ سَافِلِيۡنَۙ artinya kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya, rodadnahu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat At tiin ayat 5.
  7. وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ wa rofa'na laka dzikroka artinya dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu. Rofa'na adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Asy syarh ayat 4.
  8. وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ artinya dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu, wadho'na adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Asy syarh ayat 2.
  9. وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ artinya dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, wawajadaka adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Adh dhuha ayat 7.
  10. وَصَدَّقَ بِالۡحُسۡنٰىۙ‏ artinya dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga), shoddaqo adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al lail ayat  6.
  11. كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ بِطَغْوٰىهَآ ۖartinya (Kaum) samud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas (zalim), kadzzabats adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Asy syams ayat 11.
  12. وَهَدَيۡنٰهُ النَّجۡدَيۡنِ‌ۚ artinya Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan (kebajikan dan kejahatan), hadainahu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al balad ayat 10.
  13. وَذَكَرَ اسۡمَ رَبِّهٖ فَصَلّٰى‌ artinya dan mengingat nama Tuhannya, lalu dia shalat. dzakaro adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al A'la ayat 15.
  14. وَالَّذِيْ قَدَّرَ فَهَدٰىۖ artinya  Yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk, qoddaro dan hadaa adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat Al A'la ayat 3.
  15. وَلَقَدۡ رَاٰهُ بِالۡاُفُقِ الۡمُبِيۡنِ‌ۚ artinya Dan sungguh, dia (Muhammad) telah melihatnya (Jibril) di ufuk yang terang.ro aahu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat At Takwir ayat 23.
  16. عَلِمَتۡ نَفۡسٌ مَّاۤ اَحۡضَرَتۡؕ artinya setiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya. 'alimats adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat At Takwir ayat 14.
  17. ثُمَّ شَقَقۡنَا الۡاَرۡضَ شَقًّا artinya kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, Syaqoqna adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat 'Abasa ayat 26.
  18. اَنَّا صَبَبۡنَا الۡمَآءَ صَبًّا artinya Kamilah yang telah mencurahkan air melimpah (dari langit), Shobabna adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat 'Abasa ayat 25.
  19. مِنۡ نُّطۡفَةٍؕ خَلَقَهٗ فَقَدَّرَهٗ ۙ‏ artinya Dari setetes mani, Dia menciptakannya lalu menentukannya. Kholaqohu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat 'Abasa ayat 19.
  20. وَاَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَ نَهَى النَّفۡسَ عَنِ الۡهَوٰىۙ artinya Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, Khofa dan naha adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Nazi'at ayat 40.
  21. وَبُرِّزَتِ الۡجَحِيۡمُ لِمَنۡ يَّرٰى artinya dan neraka diperlihatkan dengan jelas kepada setiap orang yang melihat. burrizat adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an suratAn Nazi'at ayat 36.
  22. فَاِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الۡكُبۡرٰى artinya Maka apabila malapetaka besar (hari Kiamat) telah datang, Jaa ati adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Nazi'at ayat 34.
  23. رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوَّاهَا artinya Dia telah meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya, Rofa'a adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Nazi'at ayat 28.
  24. فَقَالَ اَنَا رَبُّكُمُ الۡاَعۡلٰى artinya (Seraya) berkata, "Akulah tuhanmu yang paling tinggi." , Qola adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Nazi'at ayat 24.
  25. فَحَشَرَ فَنَادٰى artinya Kemudian dia mengumpulkan (pembesar-pembesarnya) lalu berseru (memanggil kaumnya). Hasyaro dan nada  adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Nazi'at ayat 23.
  26. وَّخَلَقۡنٰكُمۡ اَزۡوَاجًا artinya Dan Kami menciptakan kamu berpasang-pasangan, Kholaqnaakum adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Naba' ayat 8.
  27. وَّجَعَلۡنَا نَوۡمَكُمۡ سُبَاتًا artinya dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat, Ja'alnaa adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Naba' ayat 9.
  28. وَّبَنَيۡنَا فَوۡقَكُمۡ سَبۡعًا شِدَادًا artinya dan Kami membangun di atas kamu tujuh (langit) yang kokoh, Banaina adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Naba' ayat 12.
  29. وَّفُتِحَتِ السَّمَآءُ فَكَانَتۡ اَبۡوَابًا artinya dan langit pun dibukalah, maka terdapatlah beberapa pintu, Futihati adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Naba' ayat 19.
  30. وَّكَذَّبُوۡا بِاٰيٰتِنَا كِذَّابًا artinya Dan mereka benar-benar mendustakan ayat-ayat Kami. Kadzdzabuu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Naba' ayat 28.
  31. وَكُلَّ شَىۡءٍ اَحۡصَيۡنٰهُ كِتٰبًا artinya Dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu Kitab (buku catatan amalan manusia). Ahshoinahu adalah contoh fi'il madhi dalam al qur'an surat An Naba' ayat 29.

Posting Komentar untuk "31 Contoh Kalimat Fi'il Madhi di dalam Al Qur'an Juz 30"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close