Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(يَحْفَظُ) Yahfadhu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya Yahfudhu (يَحْفَظُ)?

Yahfudhu merupakan bentuk fi’il Mudhori’. Yahfudhu artinya sedang menjaga, memelihara atau menghafal. Tulisan Arab Yahfudhu adalah يَحْفَظُ , di mana kata Yahfudhu terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf kha’, huruf fa’ dan huruf dhod. Kata Yahfudhu bisa berubah menjadi tahfudhu dan nahfudhu tergantung dhomir muttashil yang berada di depannya.

Tashrif Lughowi fi’il Mudhori’ kata Yahfudhu (يَحْفَظُ )

Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang mengambil dengan kamu sedang mengambil itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il mudhori’ Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yahfudhu (يَحْفَظُ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, 

  1. هُوَ يَحْفَظُ  Huwa Yahfadhu artinya Dia laki-laki sedang menjaga
  2. هُمَا يَحْفَظَانِ Huma Yahfadhoni artinya Mereka berdua laki-laki sedang menjaga
  3. هُمْ يَحْفَظُونَ Hum Yahfudhuna artinya Mereka laki laki sedang menjaga
  4.  هِيَ تَحْفَظُ Hiya Tahfadhu artinya Dia wanita sedang menjaga
  5. هُمَا تَحْفَظَانِ Huma Tahfadhoni artinya Mereka berdua wanita sedang menjaga
  6. هُنَّ يَحْفَظْنَ Hunna Yahfadhna artinya Mereka wanita sedang menjaga
  7.  اَنْتَ تَحْفَظُ Anta Tahfadhu artinya Kamu laki-laki sedang menjaga
  8. اَنْتُمَا تَحْفَظَانِ Antuma Tahfadhoni artinya Kamu berdua laki-laki sedang menjaga
  9. اَنْتُمْ تَحْفَظُونَ Antum Tahfadhuna artinya Kamu semua laki-laki sedang menjaga
  10. اَنْت تَحْفَظِينَ Anti Takfadhina artinya Kamu wanita sedang menjaga
  11.  اَنْتُمَا تَحْفَظَانِ Antuma Tahfadhoni artinya Kamu berdua wanita sedang menjaga
  12. اَنْتُنَّ تَحْفَظْنَ Antunna Tahfadhna artinya Kamu semua wanita sedang menjaga
  13. اَنَا أَحْفَظُ Ana Ahfadhu artinya Saya sedang menjaga
  14. نحْنُ نَحْفَظُ Nahnu Nahfadhu artinya Kami sedang menjaga

(يَحْفَظُ) Yahfadhu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Yahfudhu (يَحْفَظُ )

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Yahfudhu (يَحْفَظُ ) di Bahasa Arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yahfudhu (يَحْفَظُ ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. 

  1. لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗ lahu mu'aqqibaatun min baini yadaihi wa min kholfihi yahfadhunahuu min amrillahi artinya Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. (Ar Ro'du ayat 11)
  2. قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ qul lil mu'minina yaghudhdhu min abshorihim wa yahfadhuu furujahum artinya Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; (An Nur ayat 30)
  3. وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ wa qul lil mu'minaati yaghdhudhna min abshorihinna wa yahfadhna furujahunna artinya Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, (An Nur ayat 31)
  4. هٰذِهٖ بِضَاعَتُنَا رُدَّتْ اِلَيْنَا وَنَمِيْرُ اَهْلَنَا وَنَحْفَظُ اَخَانَا hadzihi bidho'atuna ruddats ilaina wa namiru ahluna wa nahfadhu akhona artinya  Ini barang-barang kita dikembalikan kepada kita, dan kita akan dapat memberi makan keluarga kita, dan kami akan memelihara saudara kami, (Yusuf ayat 65)
  5. كَيْفَ أَجْعَلُ طِفْلِي يَحْفَظُ بِسُرْعَةٍ‎‏ kaifa aj'alu thifli yahfadhu bisur'atin artinya Bagaimana cara agar anak saya cepat menghafal?

Posting Komentar untuk "(يَحْفَظُ) Yahfadhu Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close