Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(وَجْهٌ) Wajhun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

  Apa artinya Wajhun (وَجْهٌ)? 

Wajhun adalah bentuk isim mudzakkar. Wajhun artinya Wajah, Tulisan arab Wajhun adalah (وَجْهٌ). Kata Wajhun terdiri dari 2 huruf hijaiyah, huruf fa’ dan huruf nun. Karena Wajhun termasuk Isim munshorif, maka Wajhun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Wajhin dan fathah tain menjadi Wajhan. 

(وَجْهٌ) Wajhun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Wajhun (وَجْهٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), di mana wajah dia dengan wajah kami pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Wajhun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1.  وَجْهُهُ Wajhuhu artinya Wajah dia laki-laki
  2.  وَجْهُهُمَا Wajhuhuma artinya Wajah mereka berdua laki-laki
  3.  وَجْهُهُمْ Wajhuhum artinya Wajah mereka laki-laki
  4.  وَجْهُهَا Wajhuha artinya Wajah dia perempuan
  5. وَجْهُهُمَا Wajhuhuma artinya Wajah mereka berdua perempuan
  6. وَجْهُهُنَّ Wajhuhunna artinya Wajah mereka perempuan
  7. وَجْهُكَ Wajhuka artinya Wajah kamu laki-laki
  8. وَجْهُكُمَا Wajhukuma artinya Wajah kamu berdua laki-laki
  9. وَجْهُكُمْ Wajhukum artinya Wajah kamu semua laki-laki
  10. وَجْهُكِ Wajhuki artinya Wajah kamu perempuan
  11. وَجْهُكُمَا Wajhukuma artinya Wajah kamu berdua perempuan
  12. وَجْهُكُنَّ Wajhukunna artinya Wajah kamu semua laki-laki
  13. وَجْهِى Wajhi artinya Wajah saya
  14. وَجْهُنَا Wajhuna artinya Wajah kami

Contoh Kalimat dengan Kata Wajhun (وَجْهٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Wajhun (وَجْهٌ) di bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Wajhun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. 

  1. اٰمِنُوْا بِالَّذِيْٓ اُنْزِلَ عَلَى الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَجْهَ النَّهَارِ وَاكْفُرُوْٓا اٰخِرَهٗ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَۚ aaminu billadzi unzila ‘alal ladzina aamanuu wajhan nahari wakfuru aakhirohu la’allahum yarji’una artinya “Berimanlah kamu kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang beriman pada awal siang dan ingkarilah di akhirnya, agar mereka kembali (kepada kekafiran). (Surat Ali Imron ayat 2)
  2.  ذٰلِكَ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يُرِيْدُوْنَ وَجْهَ اللّٰهِ ۖ dzalika khoirun lilladzina yuriduna wajhallahi artinya  Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridaan Allah. (Surat Ar Rum ayat 38)
  3. وَمَآ اٰتَيْتُمْ مِّنْ زَكٰوةٍ تُرِيْدُوْنَ وَجْهَ اللّٰهِ wa maa aataytum min zakaatin turiduna wajhullahi artinya Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk memperoleh keridaan Allah, (Surat Ar Rum ayat 39)
  4.  فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ fawalli wajhaka syathrol masjidil haromi artinya Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam (Surat Al Baqoroh ayat 144)
  5. وَاَنْ اَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّيْنِ حَنِيْفًاۚ wa an aqim wajhaka liddini hanifan artinya dan (aku telah diperintah), “Hadapkanlah wajahmu kepada agama dengan tulus dan ikhlas." (Surat Yunus ayat 105)

Posting Komentar untuk "(وَجْهٌ) Wajhun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

Klik Voucher di bawah untuk gratis ongkir

shopee