Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Duna (دُوْنَ) Biduni (بِدُوْنِ) Artinya dan Contoh Kalimatnya

Apa arti Duna (دُوْنَ) atau biduni (بِدُوْنِ)?

Duna atau biduni adalah bentuk harfun (kata sambung). Kata Duna berubah menjadi biduni (بِدُوْنِ) atau min duni (مِنْ دُوْنِ) karena ada huruf jar ba' atau min, sehingga duna berubah manjadi duni, Tulisan arab Duna adalah (دُوْنَ), biduni adalah (بِدُوْنِ). Duna (دُوْنَ) atau biduni (بِدُوْنِ) artinya tanpa atau selain atau tidak. Di dalam Al Qur’an kita akan sering menemukan kata Duna atau biduni yang terangkai dalam sebuah kalimat.

Duna (دُوْنَ) Biduni (بِدُوْنِ) Artinya dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Duna atau biduni (بِدُوْنِ)

Di dalam bahasa arab terdapat peraturan bahasa yang membedakan antara kata ganti laki-laki dan wanita, perubahan kata karena dhomirnya disebut juga tashrif, contoh penulisan sesudah kamu pasti berbeda dengan sesudah dia berikut tashrif kata Duna atau biduni dari huwa sampai nahnu

  1. بِدُوْنِهِ bidunihi artinya tanpa dia laki-laki
  2. بِدُوْنِهِمَا bidunihima artinya tanpa mereka berdua laki-laki 
  3. بِدُوْنِهِمْ bidunihim artinya tanpa mereka laki-laki
  4. بِدُوْنِهَا biduniha artinya tanpa dia wanita
  5.  بِدُوْنِهِمَا bidunihima artinya tanpa mereka berdua wanita 
  6. بِدُوْنِهِنَّ bidunihinna artinya tanpa mereka wanita 
  7. بِدُوْنِكَ bidunika artinya tanpa kamu laki-laki 
  8. بِدُوْنِكُمَا bidunikuma artinya tanpa kamu berdua laki-laki 
  9. بِدُوْنِكُمْ bidunikum artinya tanpa kamu semua laki-laki
  10. بِدُوْنِكَ biduniki artinya tanpa kamu wanita
  11. بِدُوْنِكُمَا bidunikuma artinya tanpa kamu wanita berdua
  12. بِدُوْنِكُنَّ bidunikunna artinya tanpa kamu semua wanita 
  13. بِدُوْنِي biduniy artinya tanpa saya 
  14. بِدُوْنِنَا bidunina artinya tanpa kami 

Contoh Kalimat dengan Duna (دُوْنَ) atau biduni (بِدُوْنِ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Duna (دُوْنَ) atau biduni (بِدُوْنِ). Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Duna (دُوْنَ) atau biduni (بِدُوْنِ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan sialakn ulis melalui kolom komentar di bawah

  1.  مِنْهُمُ الصّٰلِحُوْنَ وَمِنْهُمْ دُوْنَ ذٰلِكَ ۖ minhumush sholihuna wa minhum duna dzalika artinya di antaranya ada orang-orang yang saleh dan ada yang tidak demikian. Al A’rof ayat 168
  2. وَمِنَ الشَّيٰطِيْنِ مَنْ يَّغُوْصُوْنَ لَهٗ وَيَعْمَلُوْنَ عَمَلًا دُوْنَ ذٰلِكَۚ waminasy syayathini man yaghusuna lahu wa ya’maluna ‘amalan duna dzalika artinya Dan (Kami tundukkan pula kepada Sulaiman) segolongan setan-setan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mereka mengerjakan pekerjaan selain itu; (Al Anbiya’ ayat 82)
  3.  لَـيۡسَ لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ وَلِىٌّ وَّلَا شَفِيۡعٌ laysa lahum min dunihi waliyyun wala syafi’un artinya tidak ada bagi mereka pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah.( Al Qur’an Surat Al An’am ayat 51)
  4. قَالُوْا سُبْحٰنَكَ اَنْتَ وَلِيُّنَا مِنْ دُوْنِهِمْ qo lu shubhanakan anta waliyyuna min dunihim artinya Para malaikat itu menjawab, “Mahasuci Engkau. Engkaulah pelindung kami, bukan mereka; (Al Qur’an Surat Saba’ ayat 41)
  5. وَعَدُوَّكُمْ وَاٰخَرِيْنَ مِنْ دُوْنِهِمْۚ لَا تَعْلَمُوْنَهُمْۚ اَللّٰهُ يَعْلَمُهُمْۗ wa ‘aduwwakum wa akhorina min dunihim la ta’lamunahum Allahu ya’lamuhum artinya dan musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. (Al Qur’an Surat Al Anfal ayat 60)

Posting Komentar untuk "Duna (دُوْنَ) Biduni (بِدُوْنِ) Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close