Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Barat dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Arabnya Barat? 

Bahasa Arabnya Barat adalah Ghorbun (غَرْبٌ) atau Ghorbiyatun (غَرْبِيَةٌ), Kata Ghorbun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, huruf Ghoin, huruf ro’ dan huruf ba’. Sedangkan Ghorbiyatun terdiri dari 5 huruf hijaiyah, yaitu : huruf Ghoin, huruf ro’, huruf ba’, huruf ya’, huruf ta’ marbuthoh. Ghorbun atau Ghorbiyatun artinya Barat.

Ghorbun merupakan bentuk Isim (kata benda) mudzakar sedangkan (غَرْبِيَةٌ) Ghorbiyatun merupakan bentuk isim mu’annats. Kata Ghorbun bisa berubah menjadi Ghorban atau Ghorbin tergantung susunannya di dalam sebuah kalimat. Sedangkan kata Ghorbiyatun bisa berubah menjadi ghorbiyatan atau ghorbiyatin tergantung susunannya di dalam sebuah kalimat.

Bahasa Arab Barat dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Barat 

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Barat (Ghorbun) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Ghorbun atau Ghorbiyatun (Barat) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas.

  1. هَلْ رَأَيْتُ مُعَلِّمَةً أَنِيْسَة تَسِيْرُ غَرْبَ المَدْرَسَةِ؟ hal roaitu mu’allimatan anisah tasiru ghorbal madrosati artinya Apakah anda melihat ibu guru Anisa berjalan ke arah barat sekolah?
  2. لَا ، لَمْ أَرَ الْمُعَلِّمَةَ تَمْشِي غَرْبًا ، كَانَتْ تَمْشِي شَرْقًا La lam arol mu’allimata tamsyi ghorban kanats tamsyi syarqon artinya Tidak saya tidak melihat ibu guru berjalan ke arah barat, ia berjalan ke arah timur.
  3. يَقَعُ حَرَمٌ جَامِعِي فِي مُقَاطَعَةِ جَاوَة الْغَرْبِيَّة yaqo’u kharamoun jami’iy fi muqotho’ati jawatil ghorbiyati artinya Kampus saya berada di provinsi Jawa Barat.
  4. هَلْ زُرْتَ حَرَمٌ جَامِعِي فِي جَاوَةِ الْغَرْبِيَّة مِنْ قَبْلِ؟ hal zurta kharomun jami’iy fi jawatil ghorbiyati min qobli artinya Apakah anda pernah berkunjung ke kampus saya di Jawa Barat?
  5. نَعَمْ ، لَقَدْ زُرْتُ مَنْزِلَكَ فِي جَاوَةِ الغَرْبِيَّة مَعَ أَصْدِقَائِي na’am laqod zurtu manzilaka fi jawatil ghorbiyati ma’a ashdiqo iy artinya Iya saya sudah pernah berkunjung ke rumah anda di Jawa Barat bersama teman-teman saya.

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Barat dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close