Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Utara dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Arabnya Utara? 

Bahasa Arabnya Utara adalah Syamalun (شَمَالٌ) atau Syamaliyatun (شَمَالِيَّةٌ), Kata Syamalun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf Syin, huruf mim, huruf alif dan huruf lam. Sedangkan Syamaliyatun terdiri dari 6 huruf hijaiyah, yaitu : huruf Syin, huruf ro’, huruf qof, huruf ya’, huruf ta’ marbuthoh. Syamalun atau Syamaliyatun artinya Utara, Syamalun merupakan bentuk Isim (kata benda) mudzakar sedangkan (شَمَالِيَّةٌ) Syamaliyatun merupakan bentuk isim mu’annats. 

Kata Syamalun bisa berubah menjadi Syamalan atau Syamalin tergantung susunannya di dalam sebuah kalimat. Sedangkan Syamaliyatun bisa berubah menjadi Syamaliyatan atau Syamaliyatin tergantung susunannya di dalam kalimat.

Bahasa Arab Utara dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Utara 

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Utara (Syamalun) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Syamalun (شَمَالٌ) atau Syamaliyatun (شَمَالِيَّةٌ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas.

  1. لَا ، لَا أُعَرِّفُ مَا الَّذِي شَيِّدَهُ العَمْدَةَ فِي الجُزْءِ الشَمَالِي مِنْ جَزِيْرَة تَارَاكَان. La la u’arrifu mal ladzi syayyidahul ‘amdata fil juz il syamali min jaziroti Tarakan artinya Tidak, Saya tidak mengetahui apa yang sudah dibangun oleh Bapak Walikota di bagian utara Pulau Tarakan.
  2. لِمَاذَا يَبْنُوْنَ مَنَازِلَ تَمْتَدُ مِنَ الشَمَالِ إِلَى الجَنُوْبِ؟ limadha yabnun manazil tamtadu min alshamal 'iilaa aljanubi artinya Mengapa mereka membangun rumah membujur dari utara ke selatan?
  3. قَبْليّةٌ شَمَالِيَّة تَبْنِي مَدِيْنَة فِي سُوْرَابَايَا qobliyatun syamaliyatun tabniy Madinah fi Surabaya artinya suku utara membangun kota di Surabaya.
  4. جَاكَرْتَا الشَمَالِيَّة مَدِيْنَة كَبِيْرَةٌ وَجَمِيْلَة Jakarta syamaliyah Madinah kabirotan wa jamilatan artinya jakarta utara adalah kota yang besar dan indah.
  5. الرِّيَاح الشَمَالِيَّة شَدِيْدَة البُرُوْدَة وَقَوِيَّة alriyah alshamaliat shadidatul burudati waqawiyatun artinya angin utara sangat dingin dan kuat.

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Utara dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close