Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(يُسَاعِدُ) Yusa’idu Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya

 Apa arti Yusa’idu (يُسَاعِدُ)?

Yusa’idu merupakan bentuk fi’il Mudhori’.  Yusa’idu artinya sedang membantu atau sedang menolong. Tulisan Arab Yusa’idu adalah يُسَاعِدُ, dimana kata Yusa’idu terdiri dari 5 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf sin, huruf ‘ain, huruf alif, dan huruf dal. Kata Yusa’idu bisa berubah menjadi Yusa’idu dan Tusa’idu tergantung dhomir muttashil yang berada di depannya.

(يُسَاعِدُ) Yusa’idu Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya
Gambar 1.0. Yusa'idu Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

Tashrif Lughowi fi’il Mudhori’ kata Yusa’idu (يُسَاعِدُ)

Tashrif adalah perubahan kata, di dalam bahasa arab penggunaan kata kerja akan berubah-ubah sesuai dengan dhomir (kata ganti) yang berada di depannya, sehingga penulisan kalimat saya sedang membantu dengan kamu sedang membantu itu berbeda. di mana perubahan bentuk fi’il mudhori’ dengan dhomir disebut juga tasrif lughowi fi’il mudhori’ Di bawah ini adalah penulisan Tasrif Lughowi Fi’il Mudhori’ dengan kata Yusa’idu (يُسَاعِدُ) dari kata ganti dengan huruf ana sampai nahnu, 

  1. هُوَ يُسَاعِدُ Huwa Yusa’idu artinya Dia laki-laki sedang membantu
  2. هُمَا يُسَاعِدَانِ huma Yusa’idani artinya Mereka berdua laki-laki sedang membantu
  3. هُمْ يُسَاعِدُونَ hum Yusa’iduna artinya Mereka laki laki sedang membantu
  4.  هِيَ تُسَاعِدُ hiya Tusa’idu artinya Dia wanita sedang membantu
  5. هُمَا تُسَاعِدَانِ huma Tusa’idani artinya Mereka berdua wanita sedang membantu
  6. هُنَّ يُسَاعِدْنَ hunna Yusa’idna artinya Mereka wanita sedang membantu
  7. اَنْتَ تُسَاعِدُ anta Tusa’idu artinya Kamu laki-laki sedang membantu
  8. اَنْتُمَا تُسَاعِدَانِ antuma Tusa’idani artinya Kamu berdua laki-laki sedang membantu
  9. اَنْتُمْ تُسَاعِدُونَ antum Tusa’iduna artinya Kamu semua laki-laki membantu
  10. اَنْت تُسَاعِدِينَ anti Tusa’idina artinya Kamu wanita sedang membantu
  11. اَنْتُمَا تُسَاعِدَانِ antuma Tusa’idani artinya Kamu berdua wanita sedang membantu
  12.  اَنْتُنَّ تُسَاعِدْنَ antunna Tusa’idna artinya Kamu semua wanita sedang membantu
  13. اَنَا أُسَاعِدُ ana Usa’idu artinya Saya sedang membantu
  14. نحْنُ  نُسَاعِدُ Nahnu Nusa’idu artinya Kami sedang membantu

Contoh Kalimat Dengan Kata Yusa’idu (يُسَاعِدُ)

Berikut adalah 7 contoh kalimat dengan kata Yusa’idu (يُسَاعِدُ) di Bahasa arab, adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menggunakan kata Yusa’idu (يُسَاعِدُ) supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. 

  1. سَوْفَ يُسَاعِدُكَ الْكُمْبُيُوْتَرْ المَحْمُوْلِ الْخَاصَّ بِي عَلَى الْقِيَامِ بِعَمَلِكَ saufa yusa’idukal kumbuyutar mahmuli khoshsho biy ‘alal qiyamil bi’amalika artinya Laptop saya akan membantu Anda melakukan pekerjaan Anda.
  2. سَيُسَاعِدُ جِسْرَ الْمُشَاةِ هَذَا السُكَّانِ عَلَى عُبُوْرِ الْنَهْرِ بِسُرْعَةِ وأَمَانً sayusa’idu jisrol musyatin hadzal sukkani ‘ala ‘uburil nahri bisur’ati wa aamanan artinya Jembatan penyeberangan ini akan membantu warga untuk menyeberangi sungai dengan cepat dan aman.
  3. يُسَاعِدُ بَرْنَامِجِ الْدِرَاسَةِ فِي الْمَنْزِلِ الْطَالِبِ الْمُجْتَمَعَاتِ الْرِيْفِيَّةِ yusa’idu barnamijil dirosati fil manzilil tholibil mujtama’atil rifiyyati artinya Program belajar di rumah membantu masyarakat pedesaan
  4. هُنَاكَ حَاجَةٌ إِلَى هَذَا اْلقَدْرِ مِنَ الْمُسَاعَدَةِ لِمُسَاعَدَةٍ ضَحَايَا دُخَانَ hunaka hajatan ila hadzal qodri minal musa’adati limusa’adatin dhohayan dukhoba artinya Bantuan sebanyak ini diperlukan untuk membantu korban asap
  5. إِذَا كُنْتَ تُسَاعِدُ ، فَافْعَلْ ذَلِكَ بِإِيْثَارٍ idza kunta tusa’idu faf’al dzalika bi istarin artinya Jika Anda membantu, lakukanlah secara altruistik.
  6. كَيْفَ نُسَاعِدُ النَّاسَ الَّذِيْنَ هُمْ خَارِجُ مُتَنَاوَلُ أَيْدِيْنَا kaifa nusa’idun nasal ladzina hum khoriju mutanwalu aydina artinya Bagaimana kita membantu orang-orang yang berada di luar jangkauan kita.
  7. سَنُسَاعِدُكَ فِي إِصْلَاحِ الْكُمْبُيُوْتَر الْمَحْمُوْلَ الْتَاَلُفُ sanusa’iduka fi ishlahil kumbuyutaril mahmulal ta alufu artinya Kami akan membantu Anda memperbaiki laptop Anda yang rusak.


Posting Komentar untuk "(يُسَاعِدُ) Yusa’idu Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close