Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(ثَخِيْنٌ) Tsakhinun Artinya dan Contoh Kalimatnya

  Apa Artinya Tsakhinun?

Tsakhinun adalah kata sifat di Bahasa arab, Tulisan arab Tsakhinun adalah (ثَخِيْنٌ). Tsakhinun artinya tebal, Kata Tsakhinun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf  tsa’, huruf kho’, huruf ya’ dan huruf nun. Tsakhinun merupakan bentuk Isim mudzakar (kata benda), di dalam struktur kalimat kata Tsakhinun bisa berubah menjadi Tsakhinan atau Tsakhinin tergantung kalimat yang mengi’robnya.

(ثَخِيْنٌ) Tsakhinun Artinya dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0.(ثَخِيْنٌ) Tsakhinun Artinya dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Tsakhinun

Berikut 7 contoh kalimat dengan Tsakhinun (ثَخِيْنٌ) di bahasa arab dan artinya, adapun warna kuning kami berikan kepada kata Tsakhinun supaya memudahkan di dalam memahaminya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah:

  1. وَبِحُبْرٍ أَسْوَدَ ثَخِيْنٍ عَلَى وَرَقٍ كَأَعْدَ أُوْرُبَى wabihubrin aswada tsakhinin ‘ala waroqin ka a’da uruba artinya Dan dengan tinta hitam tebal di atas kertas, seperti hitungan Eropa
  2. يُفَضِّلُ اَنْ تَكُوْنَ ذُوْ نَسِيْجٍ ثَخِيْنٍ لِتَكُوْنَ مُرِيْحَةً فِي الْمَشِي yufadhdhilu an takun adzu nasyji tsakhinin litakuna murihatan fil masyi artinya Sebaiknya memiliki kain yang tebal agar nyaman untuk berjalan.
  3. قَلْبَى بِعِنَايَةٍ حَتَّى تَحْصُلِي عَلَى خَلِيْطٍ ثَخِيْنٍ qolba bi’inayatin hatta takhshuli ‘ala kholithin tsakhinin artinya Aduk dengan hati-hati sampai Anda mendapatkan campuran yang kental.
  4. حَتَّى نَحْصُلَ عَلَى الْقُوَامِ الْثَخِيْنُ الْمَطْلُوْبُ hatta nahshula ‘alal quwamil tsakhinul mathlubu artinya Untuk mendapatkan tekstur kental yang diinginkan
  5. اِنْتِظَارٌ حَتَّى يُصْبِحَ ثَخِيْنًا إِلَى حَدٍّ مَا intidhorun hatta yushbiha tsakhinan ila haddin ma artinya Tunggu sampai agak kental.
  6. وَمِنْ أَمَامِ بَابِهِ الْأَسْوَدِ الْثَخِيْنِ إِلَى سُكَّانِ الْمَمْلَكَةِ wamin amami babihil aswadi tsakhini ila sukkanil mamlakati artinya Dan dari depan pintu hitamnya yang tebal hingga para penghuni kerajaan.
  7. حَتَّى يُصْبِحَ قَوَامُ الْشُورْبَةِ ثَخِيْنَةً hatta yushbiha qowamu syurbati tsakhinatan artinya Sampai kuah menjadi kental

Posting Komentar untuk "(ثَخِيْنٌ) Tsakhinun Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close