Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Lima Teknologi yang Berhubungan dengan sistem Regulasi (Sistem Saraf dan Sistem Indra)?

 Sebutkan lima teknologi yang berhubungan dengan sistem Regulasi (Sistem Saraf dan Sistem Indra)?

Berikut adalah lima teknologi yang berhubungan dengan sistem regulasi (Sistem Saraf dan Sistem Indra)

1) Teknologi Brain Computer Interface.adalah teknik pengendalian suatu perangkat dengan menggunakan pikiran. Sistem BCI terdiri atas pengukuran sinyal otak, dan kemudian dilakukan sistem pengolahan sinyal otak tersebut untuk mendeteksi pola-pola unik yang akan diterjemahkan menjadi perintah, seperti pola otak saat rileks.

2) Perancangan Robot Tangan, Teknologi ini berbentuk seperti tangan manusia yang dihubungkan dengan alat pengirim sinyal gelombang otak, Pembentukan robot tangan sederhana ini ditujukan untuk penderita stroke agar tetap dapat beraktivitas

3) Anestesi, Anestesi adalah suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Beberapa tipe anestesi sebagai berikut. 

a. Pembiusan total yaitu hilangnya kesadaran total.

b. Pembiusan lokal yaitu hilangnya rasa pada daerah tertentu yang diinginkan (pada sebagian kecil daerah tubuh). 

c. Pembiusan regional yaitu hilangnya rasa pada bagian yang lebih luas dari tubuh oleh blokade selektif pada jaringan spinal atau saraf yang berhubungan dengannya. 

4) Personal Digital Assistant (PDA), Banyak orang yang menderita amnesia merasa terbantu dengan penggunaan personal digital assistant (PDA), seperti Palm Treo, BlackBerry, atau iPhone. Dengan latihan dan praktik, orang dengan amnesia parah sekali pun bisa menggunakan organizer elektronik ini untuk membantu tugas tugas mereka dari hari ke hari. Sebagai contoh, pasien bisa memprogram PDA untuk mengingatkan peristiwa atau acara-acara penting atau untuk minum obat. 

5) Elektroenchelpalograph/Elektro Enselo Grafi (EEG) adalah alat yang mempelajari gambar dari rekaman aktivitas listrik di otak, termasuk teknik perekaman EEG dan interpretasinya. Neuron neuron di korteks otak mengeluarkan gelombang-gelombang listrik dengan voltase yang sangat kecil (mV), kemudian dialirkan ke mesin EEG untuk diamplifikasi sehingga terekamlah elektroensefalogram yang ukurannya cukup untuk dapat ditangkap oleh mata pembaca EEG sebagai gelombang alfa, beta, teta, dan sebagainya. Tujuan penggunaan sinyal EEG yaitu untuk diagnosis penyakit yang berhubungan dengan kelainan otak dan kejiwaan.


Posting Komentar untuk " Sebutkan Lima Teknologi yang Berhubungan dengan sistem Regulasi (Sistem Saraf dan Sistem Indra)?"