Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(كَبِيْرٌ) Kabirun Artinya dan Contoh Kalimatnya

  Apa Artinya Kabirun?

Kabirun adalah kosakata kata sifat di dalam Bahasa arab, Tulisan arab Kabirun adalah (كَبِيْرٌ). Kata Kabirun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf  kaf, huruf ba’, huruf ya’ dan huruf ro’. Kabirun artinya besar , Kabirun merupakan bentuk Isim (kata benda) mudzakar sedangkan (كَبِيْرَةٌ) kabirotun merupakan bentuk isim mu’annats, di dalam struktur kalimat kata Kabirun bisa berubah menjadi kabiron atau kabiri tergantung kalimat yang mengi’robnya.

(كَبِيْرٌ) Kabirun Artinya dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0. Kabirun artinya dan contoh kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kabirun

Berikut 13 contoh kalimat dengan Kabirun (كَبِيْرٌ) di bahasa arab dan artinya, warna kuning kami berikan kepada kata yang terdapat kabirun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah atau melalui form konsultasi :

  1. رَأَيْنَا صَخْرَةً كَبِيْرَةً عَلَى الطَرِيْقِ السَّرِيْعِ roaina shokhrotan kabirotan ‘ala thoriqisy syari’I artinya kami melihat batu yang besar di jalan raya.
  2.  زَيْدٌ أَيْنَ رَأَيْتُ الطَائِرَ الْأَحْمَرَ الْكَبِيْرَ الْبَارِحَةَ؟  Zaidun aina roaitul thoiral akhmaro kabirol barikhata? artinya Zaid, Dimana anda melihat burung merah yang besar kemarin?
  3. لَا نَعْرِفُ مَكَانَ الْبَائِعِ الْكَبِيْرِ la na’rifu makanal ba’I il kabiri artinya kami tidak tahu dimana penjual berbadan besar itu berada.
  4.   سَأَقُوْمُ بِتَحْرِيْكَ الصَخْرَةِ الكَبِيْرَةِ بِيَدِي Sa aqumu bitakhrikal shokhrotil kabiroti biyadiy artinya Saya akan memindahkan batu besar itu dengan tangan saya.
  5.  رَأَى وَالِدُهُمْ الصُوْرَةَ الْكَبِيْرَةَ أَمَامَ الْمَسْجِدِ Roa waliduhum shurotal kabirota amamal masjidi artinya ayah mereka telah melihat gambar besar di depan masjid.
  6. أُُرِِيْدُ أَنْ أَعْرِفَ مَتَى تَصْنَعُ لِي طَاوِلَةً كَبِيْرَةً؟ uridu an a’rifa mata tashna’u li thowilatan kabirotan artinya saya ingin mengetahui kapan anda membuat meja yang besar untuk saya?
  7. بِالَْأمْسِ رَأيْنَا مُصْحَفًا كبيرًا فِي مَسْجِدٍ شِمَالِ كاَلِيْمَانْتَان. Bil amsi roaina mushkhafan kabiron fi masjidin Syimali kalimantan artinya kemarin, kami melihat al qur’an yang besar di masjid Kalimantan Utara.
  8. سَنَقُوْمُ بِشِرَاءٍ كِتَابٍ مُصَوِّرٍ كَبِيْرٍ الشَهْرِ الْمُقْبِل. Sanaqumu bisyirooin kitabin mushowwirin kabirin syahril muqbila artinya Kami akan membeli buku gambar yang besar bulan depan.
  9. أبِي أَصْبَحَ كَبِيْرًا abiy ashbakha kabiron artinya ayahku semakin tua.
  10. لَا تَقْتُلْ الأَبْرِيَاءُ لَِأنَّهَا خَطِيْئَةٌ كَبِيْرَة la taqtul abriyaau li annaha khothiatun kabirotun artinya Jangan membunuh orang yang tidak berdosa, karena itu adalah dosa yang besar.
  11. أَنَا خَائِفٌ مِنَ الْفِيْلِ الْكَبِيْرِ فِي حَدِيْقَةِ الْحَيَوَاناَت ana khoifun minal fiilil kabiri fi khadiqotil hayawaanaati artinya saya takut dengan gajah yang besar di kebun binatang.
  12. اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلً Allahu akbaru kabiron wal hamdulillahi katsiron wa shubhaanallahi bukrotan wa ashilan artinya “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak.
  13. ٍلَجَأْنَا إِلَى شَجَرَةٍ كَبِيْرَة. Laja’na ila tsajarotin kabirotin artinya kami berlindung di bawah pohon yang besar.


Posting Komentar untuk "(كَبِيْرٌ) Kabirun Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close