Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 17 : Perintah untuk Selalu Berbuat Baik

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Berikut adalah hadits ke tujuh belas dari kitab hadits arba’in nawawi, hadits yang memerintahkan kepada umat islam untuk selalu berbuat baik di setiap perbuatan. Termasuk kepada hewan, apabila kita ingin membunuh hewan untuk memakannya, maka kita harus membunuh hewan tersebut dengan cara yang baik dan tidak menyakitkan mereka, salah satunya dengan menggunakan pisau yang tajam. Sebab hewan yang mati disembelih dengan pisau yang tajam tidak akan merasa kesakitan, berbeda halnya apabila kita memukul hewan, menendang hewan, merantai hewan. 

Maka hewan tersebut akan tersiksa dan merasa kesakitan, Hal tersebut tidak diperbolehkan menurut ajaran islam. Apabila kita membutuhkan hewan tersebut untuk kita makan, maka sebaiknya kita menyembelihnya dengan cara yang baik, namun apabila kita tidak berniat untuk memakannya maka kita harus berbuat baik kepada mereka, berbuat baik kepada hewan bisa dengan memelihara mereka atau kita melepas mereka hidup bebas di alam supaya mereka bisa mencari makanan bagi dirinya sendiri. 

Hadits Arba'in ke 17 : Perintah untuk Selalu Berbuat Baik

Mempelajari hadits ke tujuh belas dari kitab hadits arba’in nawawi bermanfaat bagi kita supaya kita selalu berbuat baik di dalam setiap perbuatan. Termasuk berbuat baik kepada hewan, karena hewan adalah makhluk Allah yang kita diwajibkan berbuat baik kepada mereka. Berikut hadits ke tujuh belas dari kitab arba’in nawawi disertai dengan tulisan latin dan artinya.

عَنْ اَبِي يَعْلَى شَدَّادِابنِ أوْسٍ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلِ اللّهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ قَالَ : إِنَّ اللّهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَةَ وَلْيُحِدَّ احَدُكُمْ شَفْرَتَهُ وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ (رواه مسلم)

 Tulisan latin

‘An abi ya’la syaddadibni ausin rodhiyallahu ‘anhu ‘an rosulillahi shollallahu ‘alaihi wasallama qola innallaha katabal ihsana ‘ala kulli syai in faidza qolaltum fa ahsinul qitlata wa idza dzabahtum fa ahsinul dzabhata wal yuhidda ahadukum syafrotuhu wal yurih dzabihatahu (rowahu muslim) 

Artinya : 

Abu Ya’la Syaddad bin Aus radhiallahuanhu dari Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya Allah telah menetapkan perbuatan baik (ihsan) atas segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka berlakulah baik dalam hal tersebut. Jika kalian menyembelih berlakulah baik dalam hal itu, hendaklah kalian mengasah pisaunya dan menyenangkan hewan sembelihannya (Riwayat Muslim) 

Mengutip Tulisan Dr. Muhammad Mu’inudinillah Bashri berikut 5 isi atau Kandungan Hadits ketujuh belas dari kitab hadits arba’in nawawi:

  1. Syariat Islam menuntut perbuatan ihsan kepada setiap makhluk termasuk di antaranya adalah hewan. 
  2. Tidak boleh menyiksa dan merusak tubuh sebagai sasaran dan tujuan, tidak juga boleh menyayat-nyayat orang yang dihukum qishash. 
  3. Termasuk ihsan juga adalah terhadap hewan ternak dan belas kasih terhadapnya. Tidak boleh membebaninya diluar kemampuannya serta tidak menyiksanya saat menyembelihnya.  
  4. Islam memerintahkan kepada setiap pemeluknya untuk selalu berbuat baik di dalam segala hal.
  5. Rosulullah menganjurkan kepada setiap mulsim untuk mengasah pisau yang tajam untuk menyembelih hewan, supaya hewan yang disembelih tidak merasa kesakitan.

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 17 : Perintah untuk Selalu Berbuat Baik"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close