Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke-3 : Agama Islam Yang Dibangun Dari 5 Perkara.

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Berikut adalah hadits ketiga dari kitab hadits arbain nawawi, hadits yang menjelaskan bahwa tentang agama islam yang dibangun dari 5 perkara. Mempelajari hadits ini akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang Rukun Islam dan menjadikan diri kita mempunyai akhlaq yang sempurna

عَنْ اَبِى الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللّهِ بْنِ عُمَرَبْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ اَنْ لَاإِلَهَ اِلَّااللّهُ وَ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّهِ وَإِقَامُ الصَّلَاةِ وَ اِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَ حَجُّ الْبَيتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ (رواه الترمذى و مسلم)

Tulisan Latin : ʼAn abi rohmani abdillahi ibni umarobnil khottobi rodhiyallahu anhuma qola samitu rosulallahi shollallahu alaihi wasallama yaqulu buniyal islaamu ala khomsin Syahaadatu an laa ilaa ha illallahu wa anna muhammadan rosulullahi wa iqomush sholaati wa itauz zakati wa khajjul baiti wa shoumu romadhoona rowahu tirmizi wa muslim

Artinya : dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Ali Khottob rodhiyallahu ʼanhu dia berkata : Saya mendengar Rosulullah SAW bersabda Islam dibangun di atas lima perkara Bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain allah dan bahwa nabi muhammad adalah utusan allah, menegakkan sholat , menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Romadhon (Riwayat Turmudzi dan Muslim)

Hadits Arba'in ke-3 : Agama Islam Yang Dibangun Dari 5 Perkara.

Berikut 8 isi atau kandungan hadist riwayat  turmudzi dan muslim di atas yang merupakan hadits ketiga dari kitab hadits arbain nawawi

  1. Agama Islam dibangun dengan pondasi yang kuat dan kokoh dari lima perkara.
  2. Mentauhidkan Allah dan membenarkan kenabian Muhammad adalah pondasi pertama di dalam Islam
  3. Selalu mendirikan shalat dan menunaikannya secara sempurna dengan syarat rukunnya, adabnya dan sunnah-sunnahnya agar dapat memberikan manfaat di dalam diri seorang muslim yaitu meninggalkan perbuatan keji dan munkar karena shalat dapat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar.
  4. Mengeluarkan zakat untuk mustahiq zakat seperti Orang fakir miskin, ibnu sabil dan sebagainya. 
  5. Pergi haji ke tanah suci di Mekkah dan Madinah.
  6. Berpuasa di bulan romadhon.
  7. Beberapa ulama’ menghukumi apabila seorang muslim tidak mengimani rukun islam secara sempurna maka dia bukan termasuk seorang muslim.
  8. Islam adalah aqidah dan amal perbuatan. Tidak bermanfaat amal tanpa iman demikian juga tidak bermanfaat iman tanpa amal.

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke-3 : Agama Islam Yang Dibangun Dari 5 Perkara."

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close