Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 7: Agama Adalah Nasihat

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

Berikut adalah hadits ketujuh dari kitab hadits arba’in nawawi, mempelajari hadits ketujuh dan menghafalkannya akan bermanfaat bagi kita supaya kita menjadi manusia yang beriman dan bermanfaat bagi sesama.

عَنْ اَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْمِ الدَّرِى رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ قَالَ الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ , قُلْنَا لِمَنْ ؟ قَالَ : لِلّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ (رواه البخارى ومسلم)

Tulisan Latin : ‘an abi ruqoyyata Tamim a Dariy rodhiyallahu ‘anhu annannabiiya shollallahu ‘alaihi wa sallama qoladdiinun nashihat, qulna liman? Qola lillahi walikitabihi walirosuulihi wali aimatil muslimiina wa a’ammatihim.

Hadits Arba'in ke 7: Agama Adalah Nasihat
Artinya 

Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari Radhiyallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda: Agama adalah nasehat, kami berkata: Kepada siapa? Beliau bersabda: Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpan kaum muslimin dan rakyatnya. (Riwayat Bukhari dan Muslim) 

Berikut 6 isi atau kandungan dari hadits ketujuh arba’in nawawi :

  1. Agama adalah nasehat, maksudnya di dalam agama islam terdapat nasehat untuk kaum muslimin dimanapun dia berada.  Di mana di dalam agama islam sudah terdapat segala aturan yang harus kita jalankan dan jauhi sebagai manusia di bumi. Allah menjadikan manusia sebagai kholifah di muka bumi, untuk memakmurkan bumi sesuai dengan aturan di dalam syari’at islam.
  2. Agama adalah nasehat untuk Allah, maksudnya dengan beragama islam kita harus meyakini Allah sebagai tuhan kita, meyakini bahwa tiada tuhan selain Allah termasuk ajaran tauhid yang utama.
  3. Agama adalah nasehat untuk kitab-kitab allah, maksudnya dengan beragama islam kita harus mengimani adanya kitab-kitab Allah, termasuk apa yang tertulis di dalam kita suci Al Qur'an, kita harus beriman dan meyakini ajaran islam yang terkandung di dalamnya.
  4. Agama adalah nasehat untuk rosulnya, alam agama islam kita mengetahui terdapat perintah Allah kepada rosulnya untuk bersabar, untuk tahan terhadap ujian da’wah, untuk terus menyiarkan kebaikan kepaa seluruh umat islam. Apa yang telah dilakukan oleh Rosulullah kita harus mengimani dan menirunya sebagai wujud ketauhidan kita yang bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah.
  5. Agama adalah nasihat bagi pemimpin kaum muslim, pemimpin kaum muslim di sini bisa berupa ketua kelas, imam masjid,  ketua RT, Ketua RW, Kepala desa, Camat dan sebagainya, Di mana dalam agama islam terdapat nasehat bagi mereka untuk berbuat adil di dalam menjalankan kebijakan harus sesuai dengan aturan islam apabila pemimpin kita, baik itu ketua kelas atau imam masjid melakukan kesalahan maka kita diwajibkan menegur mereka, kita bisa menegur mereka dengan cara yang baik yang tmana nasihat bisa sampai kepada mereka tanpa menyakiti hati mereka.
  6. Agama adalah nasehat bagi rakyat kaum muslimin, di dalam agama islam terdapat perintah bagi kau muslimin untuk menta’ati pemimpin mereka selama mereka tidak di dalam jalan yang salah, sebagaimana tertulis di dalam al qur’an athi’ullaha wa athi’urrosuula wa ulil amri minkum. Artinya ta’atilah allah dan ta’atilah rosul dan para pemimpin di antara kamu semua. Islam juga mengajarkan bagi sesama umat untuk tolong menolong, untuk saling membantu satu dengan yang lain sesuai dengan aturan syari’at islam.

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 7: Agama Adalah Nasihat"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close