Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat Pada Paragraf Deduktif dan Pengertiannya

 Apa itu Paragraf Deduktif?

Pengertian paragraf deduktif adalah pararaf yang gagasan utamanya berada di awal paragrap dan kalimat setelahnya adalah kalimat penjelas dari gagasan utamanya. Jadi ide pokok berada pada awal paragraf, kalimat selanjutnya adalah kalimat penjelas daripada kalimat utama. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

Udin adalah siswa yang terpandai di kelas kami, dia selalu mendapatkan rangking satu di kelas, dia juga sering ikut lomba olimpiade matematika antar sekolah di kabupaten kami.

  1. Udin adalah siswa terpandai di kelas kami adalah gagasan utama yang terletak di awal paragraf.
  2. Sedangkan kalimat dia selalu mendapatkan ranking satu di kelas dan seterusnya adalah kalimat penjelas dari gagasan utama.   

2 ciri-ciri paragraf deduktif adalah :

  1. Gagasan utama berada pada kalimat pertama pada paragraf
  2. Kalimat berikutnya adalah kalimat penjelas dari gagasan utama.

Memahami penggunaan paragraf deduktif akan bermanfaat bagi kita di dalam mempelajari bahasa kalimat Indonesia. Penggunaan paragraph deduktif akan selalu kita jumpai di dalam kalimat majalah, surat kabar atau artikel ilmiah, ketika anda melamar CPNS  misalnya, anda juga akan menjumpai tes untuk menentukan paragraf deduktif dan ide gagasan utama di dalam sebuah kalimat.

contoh kalimat pada paragraf deduktif
Tabel 1.0. Contoh Kalimat pada Paragraf Deduktif

Contoh Kalimat Paragraf Deduktif

Berikut adalah 18 contoh kalimat pada paragraf deduktif di dalam bahasa Indonesia. Adapun warna kuning kami berikan kepada kalimat yang menunjukkan gagasan utama pada sebuah paragraf. supaya memudahkan saudara di dalam mempelajari dan memahaminya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan dan keluhan silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah atau melalui laman contact.

  1. Bapak Sudirman adalah salah satu pejuang terkenal dari Yogyakarta. Beliau adalah tokoh penting di dalam perang kemerdekaan tahun 1945-1949. Metode perang gerilya terbukti efektif untuk mengalahkan kekuatan pasukan belanda
  2. Kucing Anggora adalah kucing yang mahal. Harga jual kucing angora di pasaran bisa mencapai Rp 300.000,- per kucing.
  3. Pak Anggoro adalah koruptor kelas kakap. Dia telah menggelapkan uang Negara sebesar 12 trilliun, Dia juga  pernah terbukti berusaha melarikan diri ke luar negeri, walaupun usahanya berhasil digagalkan oleh pihak kepolisian Republik Indonesia.
  4. Fadli terlihat sudah mengantuk. Matanya sudah merah dan apa yang dibicarakan oleh Fadli sudah tidak tersusun dengan sempurna.
  5. Pemerintah kota Tarakan berusaha dengan serius mengembangkan pariwisata kota. Mulai dengan mengaspal jalan menuju tempat wisata, melaksanakan semenisasi di area wisata, hingga mendatangkan band-band nasional untuk menghibur para pengunjung tempat wisata.
  6. Handphone Xiaomi adalah handphone berkualitas tinggi. Walaupun harganya murah, namun kualitas handphone xiaomi tak bisa diragukan. Saya sendiri sudah memakai handphone xiaomi selama 4 tahun, dan saya mempunyai kepuasan tersendiri dengan brand Xiaomi.
  7. Internet layaknya sebuah api bagi manusia. Apabila kita bisa memanfaatkan internet dengan baik maka dia bisa menghangatkan diri kita, Apabila kita salah di dalam menggunakan internet, maka ia membakar diri kita.
  8. Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, selain sebagai mesin pencari, Google juga mempunyai banyak peralatan dan aplikasi yang digunakan oleh jutaan manusia di dunia.
  9. Facebook adalah perusahaan media sosial terbesar di dunia. Pengguna facebook di seluruh dunia mencapai 2 miliar orang, whats app dan instagram yang sering kita gunakan juga dimiliki oleh facebook.
  10. Farikha adalah anak yang rajin dan sholeh. Setiap hari ia bangun pada pukul 4 pagi, melaksanakan sholat shubuh, membaca al qur’an kemudian membantu ibunya bersih-bersih perabotan rumah tangga.
  11. Saya menyukai laptop Asus. Harganya yang tidak terlalu mahal ditambah dengan spek kualitas mumpuni, menjadi plihan utama bagi saya di dalam bekerja.
  12. Madrasah aliyah negeri 3 Kediri adalah salah satu sekolah favorit di kota kami, siswanya cukup banyak dan meraih berbagai macam penghargaan baik skala di level nasional atau internasional.
  13. Kota Tarakan adalah kota yang sangat kaya dan mempunyai banyak penghasilan, baik itu dari pajak pendapatan rakyatnya, uang retribusi pelabuhan dan Bandar udara.
  14. Pegawai Negeri Sipil adalah pekerjaan yang diinginkan oleh banyak orang, ribuan bahkan jutaan orang ingin menjadi Calon pegawai negeri sipil setiap tahunnya.
  15. Mekkah adalah kota suci umat islam, di sana terdapat kakbah sebagai kiblat umat muslim sedunia, dan makam Nabi Muhammad SAW
  16. Harga emas di beberapa BUMN sedang turun, baik harga emas di Antam ataupun di Pegadaian mencatatkan penurunan harga emas sebesar 30 % dari harga normal.
  17. Lion Air adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini menguasai banyak rute penerbangan dan memiliki puluhan pesawat terbang.
  18. Matematika adalah salah satu pelajaran tersulit yang saya hadapi, nilai ujian saya pada matematika tidak pernah lebih dari 70. 

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat Pada Paragraf Deduktif dan Pengertiannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close