Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat dengan Huruf Jar 'Ala di dalam Al Qur'an

Pengertian Huruf Jar 'Ala

Secara bahasan pengertian huruf jar 'ala adalah di atas, menurut, terhadap, penggunaan huruf jar 'Ala di dalam kalimat bisa berarti seperti huruf jar fi dan huruf jar 'an. Sebagaimana tertulis di dalam nadhoman kitab alfiyah ibnu Malik 'ala lilisti'la  wa ma'na fi wa 'an 

عَلَى لِلاسْتِعْلاَ وَمَعْنَى فِي وَعَن

Artinya : "Huruf Jar 'ala itu bermakna isti'la, bermakna fii (di) dan 'an (dari)."

Arti Isti'la adalah di atas, seperti kalimat burung Emprit Di atas Rumah, bisa berupa majas atau kiasan seperti kalimat zaid berhutang di dalam kalimat "ala zaidin dainun" di mana seolah-olah zaid mengangkat beratnya hutang dia pundaknya.  Adapun menurut nadhoman alfiyah tersebut huruf jar 'ala juga bisa berarti di dalam atau kepada seperti huruf jar fi, atau berarti dari seperti huruf jar 'an. sebagaimana tertulis pada surat al baqoroh ayat 31 berikut ini.  

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ  Artinya Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat.  Dimana Huruf Jar 'ala berarti kepada seperti huruf jar fi

Contoh Penggunaan huruf jar 'ala di dalam kalimat bahasa arab seperti saya menulis buku di atas rumah, kami melihat bulan di atas gunung, kami memancing ikan di atas perahu. ketiga jenis kalimat tersebut bisa menggunakan huruf jar 'ala

Seperti 3 contoh kalimat berikut 

  1.  اَكْتُبُ الكِتَابَ عَلِى الْبَيْتِ artinya Saya sedang menulis buku di atas rumah. huruf jar 'ala menjadikan kata benda baitun berharokat kasroh sehingga di baca baitin.
  2. رَاَيْنَ الْبَدْرَ عَلَى الْجَبَالٍ artinya Kami telah melihat rembulan di atas gunung. huruf jar 'ala menjadikan kata benda jabalun berharokat kasroh sehingga di baca jabalin.
  3. نَصْطَادُ لسَّمَكَ عَلَى الْمَرْكَبِ شِّرَاعِيِّ artinya Kami sedang memancing ikan di atas perahu layar. huruf jar 'ala menjadikan kata benda markabun berharokat kasroh sehingga dibaca markabi.

Contoh Huruf Jar 'ala di dalam Al Qur'an 

contoh huruf jar 'ala di dalam al qur'an
Tabel 1.0. Contoh huruf jar 'ala di dalam al qur'an

Berikut 15 contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam Al- Qur'an. Adapun penulisan huruf jar 'ala kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. اِلَّا عَلٰٓى اَزْوَاجِهِمْ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ Artinya kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki; 'ala azwajihim adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al mu'minuun ayat 6 yang berarti terhadap istri-istri mereka.
  2. وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَوٰتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ ۘ  Artinya serta orang yang memelihara salatnya.  'ala sholawaatihim adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al mu'minuun ayat 9.
  3. فَاَسْكَنّٰهُ فِى الْاَرْضِۖ وَاِنَّا عَلٰى ذَهَابٍۢ بِهٖ لَقٰدِرُوْنَ  Artinya lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan pasti Kami berkuasa melenyapkannya.  'ala dzahaabin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al mu'minuun ayat 18.
  4. وَعَلَيْهَا وَعَلَى الْفُلْكِ تُحْمَلُوْنَ  Artinya di atasnya (hewan-hewan ternak) dan di atas kapal-kapal kamu diangkut.  'alal fulki adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al mu'minuun ayat 22.
  5. وَلَعَلَا بَعْضُهُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يَصِفُوْنَ  artinya dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan mengalahkan sebagian yang lain. Mahasuci Allah dari apa yang mereka sifatkan itu, 'alal ba'dhin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al mu'minuun ayat 91.
  6. خَتَمَ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ وَعَلٰى سَمْعِهِمْ ۗ وَعَلٰٓى اَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَّلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ QS. Al Baqoroh ayat 7 Artinya Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat." 'ala quluubihim, 'ala sam'ihim dan 'ala abshorihim adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al baqoroh ayat 7.
  7. وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ QS Al Baqoroh ayat 31 Artinya Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat. 'alal malaaikati adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al baqoroh ayat 31.
  8.  وَلَتَجِدَنَّهُمْ اَحْرَصَ النَّاسِ عَلٰى حَيٰوةٍ ۛوَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا  Artinya Dan sungguh, engkau (Muhammad) akan mendapati mereka (orang-orang Yahudi), manusia yang paling tamak akan kehidupan (dunia), bahkan (lebih tamak) dari orang-orang musyrik. 'ala hayaatin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al baqoroh ayat 96.
  9. وَاتَّبَعُوْا مَا تَتْلُوا الشَّيٰطِيْنُ عَلٰى مُلْكِ سُلَيْمٰنَ QS Al Baqoroh ayat 102 Artinya Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman. 'ala mulki adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al Baqoroh ayat 102.
  10. لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْۢ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَلٰى لِسَانِ دَاوٗدَ وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۗ QS Al Ma'idah ayat 78 Artinya Orang-orang kafir dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Dawud dan Isa putra Maryam. 'ala lisanin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat al ma'idah ayat 78.
  11. اَوَعَجِبْتُمْ اَنْ جَآءَكُمْ ذِكْرٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ عَلٰى رَجُلٍ مِّنْكُمْ لِيُنْذِرَكُمْ ۗ Artinya "Dan herankah kamu bahwa ada peringatan yang datang dari Tuhanmu melalui seorang laki-laki dari kalanganmu sendiri, untuk memberi peringatan kepadamu?. 'Ala rojulin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof ayat 69
  12.  ۚ فَكَيْفَ اٰسٰی عَلٰى قَوْمٍ كٰفِرِيْنَ Artinya "Maka, bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang kafir?".  'Ala qoumin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof ayat 93
  13.  ۗ كَذٰلِكَ يَطْبَعُ اللّٰهُ عَلٰى قُلُوْبِ الْكٰفِرِيْنَ Artinya "Demikianlah Allah mengunci hati orang-orang kafir". Ala Quluubin adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof Ayat 101.
  14.  ۗ وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ الْحُسْنٰى عَلٰى بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ ۙ بِمَا صَبَرُوْا ۗ Artinya Dan telah sempurnalah firman Tuhanmu yang baik itu (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. 'Ala banii isyrooiil adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam qur'an surat Al A'rof Ayat 137.
  15. قَا لَ يٰمُوْسٰۤى اِنِّى اصْطَفَيْتُكَ عَلَى النَّا سِ بِرِسٰلٰتِيْ  Artinya "(Allah) berfirman, "Wahai Musa! Sesungguhnya Aku memilih (melebihkan) engkau dari manusia yang lain (pada masamu) untuk membawa risalah-Ku". 'Alan Naasyi adalah contoh kalimat dengan huruf jar 'ala di dalam al qur'an surat Al A'rof Ayat 144. 

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat dengan Huruf Jar 'Ala di dalam Al Qur'an "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close