Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat dengan huruf Jar 'an di dalam Al Qur'an

 Pengertian Huruf Jar 'An

Secara bahasa pengertian huruf jar ‘an adalah dari, atas, karena dan ganti, menurut kitab alfiyah ibnu malik pengertian ‘an adalah al mujawazah yaitu menjauhkan perkara yang disebutkan atau tidak disebutkan dari majrurnya disebabkan perkara sebelumnya. Seperti saya telah melepas baju dari badan atau saya melepaskan anak panah dari busurnya. Maka dua contoh kalimat tersebut adalah bentuk al mujawazah yakni menjauhkan perkara yang disebutkan (baju atau anak panah) dari majrurnya disebabkan perkara sebelumnya (badan atau busur panah). Karena kalimat tersebut termasuk di dalam al mujawazah maka bisa digunakan harfun jar ‘an di dalam penulisannya. 

Contoh kalimat dengan huruf jar ‘an

Berikut 12 contoh kalimat bahasa arab dengan huruf jar ‘an 

  1. عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللّه Artinya Dari Abu Hurairoh Rosulullah bersabda, huruf jar 'an menjadikan majrur kata abi di depannya.
  2. خَلَعْتُ لِبَاسً عَنِ الْجِسْمِ Artinya Saya telah melepas baju dari badan.huruf jar 'an menjadikan majrur kata jismi di depannya.
  3. بَيْتِى بَعِيْدٌ عَنِ المَدِيْنَةِ Artinya Rumahku Jauh dari Kota. huruf jar 'an menjadikan majrur kata madiinah di depannya.
  4. تَقْلَعُ مِسْمَارٌ عَنِ الْخَشَبِ Artinya Kamu sedang Mencabut paku dari kayu. huruf jar 'an menjadikan majrur kata Khosyabi di depannya.
  5. اَنْتَ تَخْلُعُ الْاِطَارَةِ عَنِ الْمُحَرِّكِ  Artinya kamu melepas ban dari motor huruf jar 'an menjadikan majrur kata muharrik di depannya.
  6. النِّسَاءُ تَخْلُعُ الحِجَابَ عَنِ الرَّأْسِهَا artinya Annisa melepas kerudung dari kepalanya. huruf jar 'an menjadikan majrur kata ro'syiha di depannya.
  7. نَأْخُذُ الطَائِرُ عَنِ الْعَشِّ Artinya kami mengambil burung dari sarang. huruf jar 'an menjadikan majrur kata a'Asysyi di depannya.
  8. اَنتَ تُسْحَبُ الْعُشبَ عَنِ الْاَرْضِ Artinya kami mencabut rumput dari tanah. huruf jar 'an menjadikan majrur kata ardhi di depannya.
  9. نَأْخُذُ الْبَيْضَ عَنْ حَظِيْرَةِ الدَّجَاجِ artinya kami mengambil telur dari kandang ayam. huruf jar 'an menjadikan majrur kata hadhiroti di depannya.
  10. نَخْلَعُ الْحِذَاءَ عَنْ اَقْدَامِنَا Artinya kami melepas sepatu dari kaki kami. huruf jar 'an menjadikan majrur kata aqdamiiha di depannya.
  11. نَدْعُوْهُمْ لِلْخُرُوْجِ عَنْ طَرِيْقِ الضَّلَالِ Artinya kami mengajak mereka pergi dari jalan kesesatan. huruf jar 'an menjadikan majrur kata thoriiqin di depannya.
  12. اَبُوْ لَهَبْ يَدْعُوْ النَّاسَ عَنْ سَبِيْلِ اللَّهِ Artinya Abu lahab mengajak orang pergi dari jalan Allah. huruf jar 'an menjadikan majrur kata sabiili di depannya.

Contoh Kalimat dengan huruf Jar 'an di dalam Al Qur'an

contoh kalimat dengan huruf jar 'an di dalam al qur'an
Tabel 1.0 Contoh huruf jar 'an di dalam al qur'an

10 Contoh kalimat dengan huruf jar 'an di dalam Al Qur'an, adapun kalimat yang terdapat huruf jar 'an kami berkan warna kuning supaya memudahkan di dalam memplejari dan memahaminya.

  1. وَاتَّقُوْا يَوْمًا لَّا تَجْزِيْ نَفْسٌ عَنْ نَّفْسٍ شَيْـًٔا QS Al Baqoroh ayat 48 Artinya : "Dan takutlah kamu pada hari, (ketika) tidak seorang pun dapat membela orang lain sedikit pun,,,"  lafadz huruf jar 'an di dalam surat al baqoroh ayat 48 berarti mengganti
  2. وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوٰى QS An Najm Ayat 3 Artinya dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Qur'an) menurut keinginannya. lafadz huruf jar 'an di dalam surat An Najm ayat 3 berarti menurut seperti huruf jar 'ala.
  3. لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَنْ طَبَقٍۗ Artinya "sungguh, akan kamu jalani tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)" QS. Al Insyiqoq ayat 19. lafadz huruf jar 'an di dalam surat al Insyiqoq ayat 19 berarti demi.
  4. اَلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَصَدُّوْا عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ QS Muhammad Ayat 1 Artinya "Orang-orang yang kafir dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah . lafadz huruf jar 'an di dalam surat muhammad ayat 1 berarti dari.
  5. وَمَنْ يَّبْخَلْ فَاِنَّمَا يَبْخَلُ عَنْ نَّفْسِهٖ ,, QS Muhammad Ayat 38 Artinya  "dan barangsiapa kikir maka sesungguhnya dia kikir terhadap dirinya sendiri" lafadz huruf jar 'an di dalam surat muhammad ayat 38 berarti terhadap atau atas seperti huruf jar 'ala.
  6. اِشْتَرَوْا بِاٰيٰتِ اللّٰهِ ثَمَنًا قَلِيْلًا فَصَدُّوْا عَنْ سَبِيْلِهٖۗ  QS At Taubah ayat 9. Artinya Mereka memperjualbelikan ayat-ayat Allah dengan harga murah, lalu mereka menghalang-halangi (orang) dari jalan Allah.lafadz huruf jar 'an di dalam surat At Taubah ayat 9 berarti dari. 
  7. وَمَا كَانَ اسْتِغْفَارُ اِبْرٰهِيْمَ لِاَبِيْهِ اِلَّا عَنْ مَّوْعِدَةٍ وَّعَدَهَآ اِيَّاهُۚ QS At Taubah ayat 114 Artinya : Adapun permohonan ampunan Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya.lafadz huruf jar 'an di dalam surat At Taubah ayat 114 berarti karena.  
  8. وَهُوَ الَّذِيْ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهٖ وَيَعْفُوْا عَنِ السَّيِّاٰتِ QS Asy Syura ayat 25. Artinya Dan Dialah yang menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan. lafadz huruf jar 'an di dalam surat Asy Syura ayat 25 berarti dari.   
  9. اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ QS. An Nahl ayat 90. Artinya :"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran," lafadz huruf jar 'an di dalam surat An Nahl ayat 90 berarti dari.
  10.  وَتَذُوْقُوا السُّوْۤءَ بِمَا صَدَدْتُّمْ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ,, QS. An Nahl ayat 94 Artinya : , dan kamu akan merasakan keburukan (di dunia) karena kamu menghalangi (manusia) dari jalan Allah. lafadz huruf jar 'an di dalam surat An Nahl ayat 94 berarti dari.

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat dengan huruf Jar 'an di dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close