Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Tanda I'rob Jar atau I'rob Khofadh Serta Pengertiannya

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari fi'il madhi ingin membaca tentang jamak taksir atau mubtada khobar, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

Apa itu I'rob Jar atau I'rob Khofadh?

Beberapa Ulama nahwu menyebut I’rob jar dengan nama I’rob Khofadz, Sehingga apabila orang menyebut kalimat tersebut mempunyai tanda I’rob khofadz, maka bisa juga disebut kalimat tersebut mempunyai tanda I’rob jar. Contoh perumpamaan lainnya seperti seseorang tinggal di Kediri jawa timur menyebut ikan gabus dengan nama ikan sengok maka di Sumatra orang menyebut nama ikan tersebut ikan gabus, di Tarakan Kalimantan Utara orang menyebut ikan gabus dengan nama ikan belanak. Ikan sengok ikan belanak adalah nama lain ikan gabus. Namanya berbeda tapi jenis ikannya sama. Begitu pula dengan nama I’rob jar dan I’rob khofadh namanya berbeda tetapi tanda I’rob dan penerapannya dalam kalimat sama.

Jadi I’rob khofadh atau I’rob jar adalah berubahnya akhir kalimat dengan terdapatnya tanda jar karena ada amil yang masuk, baik perubahan tersebut dengan lafadznya (ucapan) atau taqdir (perkiraannya). Di dalam kitab imrithi karya Syekh syarafuddin al imrithi menjelaskan tanda I’rob jar atau khofahz ada tiga yakni, kasroh, ya’ dan fathah. Sebagaimana tertulis dalam nadhoman imrithi ‘Alamatul khofdhil latiy  bihan dhobat kasrun wa yaa un tsumma fathatun faqod di bawah ini :

عَلَامَةُ الخَفْضِ الَّتِي بِهَا انْضَبَطْ كَسْرٌ وَيَاءٌ ثُمَّ فَتْحَةٌ فَقَطْ

Artinya :"Alamat(tanda) khofadh yang telah ditentukan ada tiga, yaitu kasroh, ya' dan fathah."

Tanda i'rob khofadh atau i'rob jar
Gambar 1.0 Tanda I'rob khofadh atau i'rob jar

Contoh I’rob Khofadh atau I’rob Jar dengan Tanda Kasroh

Adapun I’rob Khofadh atau I’rob jar dengan tanda kasroh terdapat pada Isim Mufrod munshorif, jama' taksir munshorif, dan jama' mu'annas salim. sebagaimana tertulis dalam kitab jurumiyah Karya Abu Abdillah Muhammad As Shonhaji yang berbunyi Faammal kasrotu fatakuunu 'alaamatu lil khofdi fi salasati mawadhi'i, fil ismi mufrod munshorif, wa jam'it taksyir munshorif wa fi jam'il mu'annas tsalim

فَأَمَّاالكَسْرَةُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَا ثَةِ مَوَاضِعِ فِى الْاَسْمِ الْمُفْرَدِالْمُنْصَرِفِ،وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ الْمُنْصَرِفِ،وَفِى جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَالِمِ
Artinya : "Adapun Kasroh, maka ia menjadi tanda bagi Khofadh pada tiga tempat : Di dalam Isim Mufrod Munshorif (yang menerima tanwin), Jama' taksir Munshorif (yang menerima tanwin) dan Jama' Muannats salim."
Contoh kalimat yang menggunakan isim mufrod munshorif dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
  1. كِتَابِى عَلَى الْكِتَابِ Artinya buku saya di atas buku
  2.   جَلَسْتُ فِى الطَّاوِلَة Artinya Saya telah duduk di meja
  3. نَضَرْتُ اِلِى الجَبَلِ Artinya Saya telah melihat ke gunung
Contoh kalimat yang menggunakan Jama' Taksir Munshorif dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
1. قَلَمِي عَلَى الكُتُبِ Artinya bulpen saya diatas buku-buku

2. جَلَسْنَ عَلَى الطَّاوِلَةِ Artinya Kami telah duduk di atas meja-meja

3. نُمْنَافِى الجِبَالِ Artinya Kami telah tidur di gunung-gunung

Contoh kalimat yang menggunakan Jamak Mu'annats Salim dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
1. اَقُوْلُ مَرْحَبًالِلطَّالِبَاتِ  Artinya Saya mengucapkan selamat datang kepada para pelajar wanita

2. سَنَنْظُرُ اِلَى المُعَلِّمَات Artinya Kami akan memandang para guru wanita

3. اِنْدَهَشَتْ اِلَى الطَّبِيْبَاتِ Artinya Saya telah takjub kepada para dokter wanita

#Contoh I’rob Khofadh atau I’rob Jar dengan Tanda Ya'
Adapun I’rob Khofadh atau I’rob jar dengan tanda ya' terdapat pada Asma'ul Khosmah, di isim tasniyah, dan di jama' sebagaimana tertulis dalam kitab jurumiyah Karya Abu Abdillah Muhammad As Shonhaji yang berbunyi waammaa ya' fatakuunu 'alaamatu lil khofdhi fi salasati mawadhi'. fil asmaail khomsah, wa fit tasniyah, wal jam'i.
وَأَمَّااليَاءُ فَتَكُونُ عَلَامَةًلِلْخَفْضِ فِى ثَلَاثَةِ مَوَاضِع : فِي الاَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ وَفِى التَّسْنِيَّةِ وَ الجَمْعِ
Artinya : "Adapun ya', maka ia menjadi tanda bagi khofadh di 3 tempat, di asma'ul khomsah, di isim tasniyah dan jama' "
Contoh kalimat yang menggunakan asma'ul khomsah dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan ya' kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
1. زُرْتُ اِلَى اَخِيْكَ Saya telah berkunjung ke saudaramu

 2. هَذِهِ الفَاكِهَة لِأَبِيْكَ Buah ini untuk ayahmu

3. اَعْطَى مَالٍ اِلَى حَمِيْكَ Saya memberi uang untuk iparmu

Contoh kalimat yang menggunakan Isim Tasniyah dengan I'rob Jar atau I'rob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan ya' kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
1. سَلَّمْتُ عَلَى الْمُسْلِمَيْنِ  Saya mengucapakan salam atas 2 orang muslim

2. زُرْتُ اِلَى المُعَلِّمَيْنِ Saya telah berkunjung kepada 2 orang pengajar

3. اَسْأَلُ اِلَى الطَّالِبَيْنِ Saya bertanya kepada 2 orang pelajar

Contoh kalimat yang menggunakan Jama' (Jamak Mudzakkar salim) dengan I'rob Jar atau I'rob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan ya' kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
1. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَامِنَ الْفَائِزِيْنَ Ya Allah Jadikanlah Kami termasuk golongan pemenang

2. رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِيْنَ Ya Allah berikanlah saya dari orang-orang sholeh

3. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ Ya Allah jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertaubat
 
#Contoh I’rob Khofadh atau I’rob Jar dengan Tanda Fathah
Adapun I’rob Khofadh atau I’rob jar dengan tanda fathah terdapat pada Isim Ghoiru Munshorif sebagaimana tertulis dalam kitab jurumiyah Karya Abu Abdillah Muhammad As Shonhaji yang berbunyi waammaal fathatu fatakuunu 'alaamatu lil khofdhi fil ismi ladzi la yanshorif.
وَاَمَّاالفَتْحَةُ فَتَكُونُ عَلَامَةُ لِلخَفْضِ فِى الاِسْمِ الَّذِي لاَ يَنْصَرِفْ
Artinya : "Adapun fathah menjadi tanda bagi khofadh pada isim-isim yang tidak menerima tanwin"
Contoh kalimat yang menggunakan Isim Ghoiru Munshorif dengan I'rob Jar atau I'rob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan fathah kami berikan tanda garis bawah, sebagaimana contoh di bawah :
هَذِهِ الفَاكِهَةَ لِفَاطِمَةَ Buah ini untuk fatimah

Posting Komentar untuk " Contoh dan Tanda I'rob Jar atau I'rob Khofadh Serta Pengertiannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close