Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Isim Mufrad dan Pengertiannya

Berikut adalah daftar isi materi bahasa Arab di Website khoiri.com, apabila saudara ingin berpindah dari satu materi ke materi yang lain, misal setelah mempelajari fi'il madhi ingin membaca tentang jamak taksir atau mubtada khobar, maka anda bisa memilihnya pada menu dropdown di bawah, semoga bermanfaat.

Apa itu Isim Mufrad?

Secara bahasa, pengertian isim mufrad adalah kata benda bentuk tunggal. Isim Mufrad bisa berbentuk mudzakkar dan muannats. Isim mufrad ketika berjumlah lebih dari satu maka bisa menjadi isim tasniyah dan jamak. Kata benda bentuk tunggal atau isim mufrad seperti pena, meja, kursi, tetapi apabila berbentuk dua kata atau jamak, seperti 2 meja, 2 murid, 2 rumah, 2 guru maka bisa menjadi isim tatsniyah. Sebagaimana contoh di dalam tabel di bawah 

  1. Bulpen قَلَمٌ
  2. Meja طَاوِلَةٌ
  3. Buku كِتَابٌ
  4. Kelas فَصْلٌ
  5. Kota مَدِيْنَةٌ

Tabel Isim Mufrad dan Isim Tasniyah
Tabel 1.0. tabel Isim Mufrad dan Isim Tasniyah

Contoh Isim Mufrad di dalam kalimat bahasa Arab

 Adapun Isim mufrad bisa menerima perubahan harokat karena terdapat amil yang memasuki isim mufrad, adapun perubahan harokat bisa menjadi I’rob rofa’, I’rob nashob dan I’rob Khofadh. Sebagaimana contoh penulisan isim mufrad di dalam kalimat bahasa Arab di bawah

Contoh I’rob Rofa’ di Isim Mufrad

Contoh kalimat yang menggunakan isim mufrad dengan I'rob Rofa;.adapun contoh tanda perubahan dengan dhommah, sebagaimana contoh di bawah :

1. هَذِهِ كِتَابٌ ini adalah buku. Kitaabun adalah isim mufrad

2. زَيْدٌضَرَبٌ Zaid telah memukul. zaidun adalah isim mufrad

3. مُحَمّدٌ قَائِمٌ Muhammad telah berdiri, Muhammadun adalah isim mufrad

Contoh isim mufrad dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun kata yang menunjukkan isim mufrad dengan perubahan harokat kami berikan garis bawah. sebagaimana contoh di bawah :

  1. كِتَابِى عَلَى الْكِتَابِbukuku diatas buku, kitaabin adalah isim mufrad yang berharokat kasroh karena terdapat harfun jar ‘alaa. 
  2. جَلَسْتُ فِى الطَّاوِلَة Saya telah duduk di meja. Thoowilatin adalah isim mufrad yang berharokat kasroh karena terdapat harfun jar fii.
  3. نَضَرْتُ اِلِى الجَبَلِ Saya telah melihat ke gunung. Jabalin adalah isim mufrad yang berharokat kasroh karena terdapat harfun jar ilaa.

Contoh isim mufrad dengan tanda I'rob nashob, kami berikan garis bawah sebagaimana contoh di bawah:

1. ضَرَبْتُ زَيدًا Saya Telah memukul Zaid, zaidan adalah isim mufrad yang berharokat fathah karena menjadi khobar (penjelas)

2. كَتبْتُ كِتَابًا   Saya telah menulis buku. kitaaban adalah isim mufrad yang berharokat fathah karena menjadi khobar (penjelas)

3. اِشْتَرَيْتُ حِصَانً  Saya telah membeli kuda, Hisoonan adalah isim mufrad yang berharokat fathah karena menjadi khobar (penjelas)

Contoh kalimat dengan isim mufrad di dalam Alqur’an

Berikut adalah contoh kalimat dengan isim mufrad di dalam Al qur’an. adapun warna merah kami berikan kepada lafadz yang menunjukkan isim mufrad supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

1. ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ ھُدًى لِّلْمُتَّقِيْ QS. Al Baqoroh ayat 2 Artinya :"Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa," al kitaabu adalah isim mufrad

2. وَمِنَ النَّاسِ مَنۡ يَّقُوۡلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ وَمَا هُمۡ بِمُؤۡمِنِيۡنَ QS. Al-Baqoroh ayat 8 Artinya : "Dan di antara manusia ada yang berkata, "Kami beriman kepada Allah dan hari akhir," padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman." . an Naasi dan al yaum adalah isim mufrad

3. وَّاَنۡزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَاَخۡرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزۡقًا لَّـكُمۡ QS. Al Baqoroh ayat 22 Artinya : dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. As samaai adalah isim mufrad

Baca juga :

13 contoh isim mufrad di dalam al Qur'an

Posting Komentar untuk "Contoh Isim Mufrad dan Pengertiannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close