Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Kerja Praktek Lapangan Teknik Industri

Artikel praktek kerja lapangan teknik industri sesuai untuk saudara yang sedang berada di akhir masa studi dan sedang mencari tempat praktek kerja lapangan yang sesuai dengan tema tugas akhir saudara. dimana kerja praktek adalah salah satu mata kuliah yang harus dilalui sebelum saudara mengajukan proposal skripsi. Dengan membaca artikel ini secara seksama akan memberikan wawasan bagi anda sebelum melakukan kegiatan kerja praktek lapangan 

Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan kerja praktek?

Berikut adalah beberapa saran sebelum saudara melakukan kerja praktek lapangan di perusahaan. 5 langkah sebelum melakukan praktek kerja lapangan sebagai berikut:

1. Konsultasikan dengan dosen pembimbing saudara tempat praktek kerja lapangan 

2. Cari tahu kondisi kerja tempat praktek kerja lapangan

3. Buat surat permohonan kepada kepala departemen lokasi PKL

4. Siapkan alasan dan solusi saudara tentang pemilihan lokasi PKL

5. Sesuaikan diri anda dengan peraturan perusahaan tempat PKL

Penjelasan detailnya sebagai berikut

1. Konsultasi dengan dosen pembimbing

Konsultasi tempat kerja praktek kepada dosen pembimbing harus anda lakukan sebelum anda memilih perusahaan, bersurat dan melakukan kegiatan kerja praktek, hal ini berfungsi untuk mengantisipasi apabila anda sudah melakukan kerja praktek, ternyata dosen pembimbing saudara tidak menyetujui kegiatan kerja praktek anda, sangat runyam bukan?

Berkonsultasi dengan dosen pembimbing dapat memberikan kentungan kepada anda dengan memperoleh arahan, saran dan nasihat dosen pembimbing yang sudah berpengalaman, mungkin dosen pembimbing memberikan rekomendasi perusahaan yang berbeda dengan pilihan saudara, karena dosen pembimbing lebih mengetahui di perusahaan mana materi kerja praktek saudara sesuai diterapkan

2. Cari tahu kondisi kerja

Setelah dosen pembimbing setuju dengan pilihan lokasi kerja praktek, saudara bisa mencari tahu kondisi kerja di departemen kerja praktek saudara, dengan mencari informasi terlebih dahulu tentang kondisi pkl, anda bisa mempersiapkan diri untuk bertemu dengan kepala departemen perusahaan, 

Cara mencari informasi bisa saudara lakukan dengan browsing di Internet, atau mencari tahu secara langsung dengan bertanya kepada kakak tingkat di kampus anda yang pernah melakukan kerja praktek lapangan di perusahaan tersebut, atau kepada pekerja di departemen perusahaan tersebut.

3. Buat surat permohonan

Membuat surat permohonan kepada departemen praktek kerja lapangan adalah suatu kewajiban, menunjukkan bahwa saudara melakukan aktivitas formal yang sesuai dengan prosedur perusahaan, sehingga kerja praktek lapangan saudara legal di mata perusahaan dan kampus.

Surat permohonan kerja praktek sebaiknya saudara gandakan (copy) dan saudara simpan dengan baik sebagai bukti saudara melakukan kerja praktek, dan apabila sewaktu-waktu ditanyakan anda sudah siap dengan dokumen tersebut.

4. Siapkan alasan saudara tentang pemilihan lokasi pkl

Ketika anda pertama kali berkunjung ke lokasi praktek kerja lapangan, saudara pasti akan ditanya oleh kepada departemen tempat praktek kerja lapangan, mengenai alasan saudara kenapa memilih departemennya sebagai tempat prakterk kerja lapangan. Saudara sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, hendaknya memberikan alasan yang jelas dan tidak dibuat-buat, semisal anda menjelaskan bahwa perusahaan PT X termasuk perusahaan yang sudah besar dan go international, sehingga membuat terkesan untuk mempelajari secara langsung kondisi perusahaan PT. X.

Penulis menyarankan supaya saudara tidak menyampaikan perihal perbaikan yang akan dilakukan apabila saudara tidak diminta menjelaskannya, karena beberapa departemen perusahaan berpendapat bahwa sistem produksi yang mereka jalankan sudah sesuai dengan standar operasional perusahaan sehingga tidak perlu dilakukan perbaikan atau perubahan

5. Sesuaikan diri anda dengan peraturan perusahaan

Mengikuti peraturan perusahaan ketika praktek kerja lapangan adalah suatu kewajiban bagi mahasiswa praktek kerja lapangan (pkl), karena itu, ketika saudara bertemu dengan kepala departemen, saudara harus menanyakan apa saja peraturan yang harus mahasiswa ikuti selama melaksanakan kerja praktek di perusahaan. semisal perusahaan tempat anda PKL mewajibkan karyawan datang jam setengah delapan dan pulang jam 4 sore, anda sebagai mahasiswa PKL harus mengikuti peraturan tersebut. Kecuali kepala departemen menyampaikan bahwa mahasiswa Praktek Kerja Lapangan boleh datang dan pulang sesuai kebutuhan mahasiswa. Maka anda lebih mudah dalam melakukan kerja praktek.

Dimana tempat Praktek Kerja Lapangan Teknik Industri?

Tempat Praktek kerja lapangan yang sesuai dengan mahasiswa teknik industri adalah mengikuti peraturan dan prosedur praktek kerja lapangan di kampus tersebut, misalnya Jurusan Teknik Industri Universitas Pelita di Jawa Timur mewajibkan mahasiswa melakukan praktek kerja lapangan di perusahaan yang berbadan hukum. Maka mahasiswa harus mencari perusahaan yang berbadan hukum untuk melakukan kerja praktek, di jawa timur terdapat banyak perusahaan yang berbadan hukum, berikut saran penulis untuk tempat praktek kerja lapangan teknik industri di jawa timur :

1. PT, PAL Persero di Surabaya

2. PT. Petrokimia Gresik di Gresik

3. PDAM Surabaya

4. PT. SIER Surabaya

5. PT. PLN Surabaya

6. PT. Maspion Sidoarjo

7. PT. Gudang Garam di Kediri

Sebagai catatan, apabila kampus dimana anda kuliah tidak mewajibkan saudara melakukan kerja praktek di perusahaan berbadan hukum, maka saudara bisa melakukan kerja praktek di UMKM di lokasi dekat anda tinggal, dengan melakukan kerja praktek di UMKM, maka saudara bisa menerapkan ilmu yang sudah anda dapatkan di kuliah dan membantu menyelesaikan permasalahan UMKM. Tentunya permasalahan yang dihadapi UMKM lebih mudah dihadapi daripada permasalahan perusahaan besar.

Posting Komentar untuk "Tempat Kerja Praktek Lapangan Teknik Industri"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close