Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantuan Alat dan Mesin Kementerian Perindustrian Untuk UMKM Tarakan

 Pada tanggal 25-28 Agustus 2020, Kementerian Perindustrian mengadakan kegiatan pelatihan dan pemberian bantuan alat kepada 60 UMKM tarakan, UMKM tersebut bergerak dalam bidang perbengkelan, menjahit, dan barista (pengolahan kopi). Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Hall Hotel Tarakan Plaza, Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, memakai hand sanitizer dan menggunakan pelindung wajah (faceshield). Kegiatan selanjutnya yakni sambutan dari Ibu Bhakti Widyasari dari Direktorat IKM Sandang Pangan dan Aneka Kemenperin RI, kemudian sambutan dari Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah, Sandang Pangan dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian RI Ibu Ratna Utariningrum, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Ir. Deddy Sitorus selaku perwakilan DPR RI Kalimantan Utara dari Partai PDIP sekaligus membuka acara kegiatan pelatihan.

Bantuan alat dan mesin untuk umkm tarakan
Simulasi penyerahan bantuan alat dan mesin untuk UMKM Tarakan

Kegiatan selanjutnya adalah paparan materi dari beberapa ahli seperti pembuatan Izin IUMK dari Dinas DPMTSP dan pemaparan materi tentang permodalan dari BRI. juga dilakukan simulasi penyerahan bantuan alat dan mesin kepada UMKM Tarakan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kota Tarakan bapak Budiono, S.H., M.Hum.

Bantuan alat dan mesin Kementerian Perindustrian untuk UMKM Penjahit Tarakan yaitu 20 unit mesin jahit singer beserta meja jahit dan 20 unit mesin obras beserta mejanya, sedangan untuk UMKM perbengkelan tarakan yang berjumlah 20 orang, setiap umkm bengkel mendapatkan bantuan alat dan mesin dari Kementerian Perindustrian berupa 1 set alat mekanik krisbow, 1 unit gerinda maktec, 1 unit bor maktec dan 1 unit kompresor. Untuk UMKM Barista (pengolahan kopi) sebanyak 20 UMKM barista, setiap UMKM Kopi mendapatkan bantuan alat dan mesin dari kementerian perindustrian berupa 1 unit mesin pembuat kopi Mayaka Coffee Maker, 1 unit timbangan digital (Tare), 1 unit mesin grinder kopi, 1 unit Tea Coffee Maker. Dengan alat tersebut diharapkan umkm di kota Tarakan bisa terus berkembang dan melanjutkan usahanya walau menerima ujian covid 19.

Posting Komentar untuk "Bantuan Alat dan Mesin Kementerian Perindustrian Untuk UMKM Tarakan"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close