Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Makan Nasi Tumpang Pecel Mak Rah Kediri

 Apabila anda berkunjung ke kabupaten Kediri, maka berkunjunglah ke warung nasi pecel tumpang yang sangat enak dan nikmat di warung pecel tumpang Mak Rah, sebagaimana masyarakat sekitar memanggil namanya. Hanya dengan membawa uang Rp 10.000,- maka anda sudah bisa menikmati nasi pecel tumpang beserta teh manis yang hangat. Rasa nasi tumpang mak Rah pedas dan hangat dilidah, sangat sesuai dikonsumsi apabila anda akan beraktivitas berat di pagi hari.
Nasi Tumpang Pecel Mak Rah Kediri
Gambar Nasi Tumpang Pecel Wonotengah
Warung pecel tumpang mak rahasia terletak di desa Wonotengah Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Walaupun bentuk nasi yang disajikan sederhana hanya dengan lauk rempeyek (peyek) dengan campuran daun kangkung, kecambah dan irisan pepaya. Tapi menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Apa yang telah ditulis oleh penulis bisa anda saksikan dengan mengunjungi warung makan beliau, banyaknya orang yang antre membeli di warung Mak Rah menunjukkan bukti bahwa masakan beliau disukai oleh banyak orang, perlu waktu sekitar 20 menit untuk menunggu giliran mendapatkan nasi pecel tumpang Mak Rah. Mengenai alasan mengapa menunggu lama? Karena budaya masyarakat kediri yang tinggal di kabupaten terbiasa sarapan pagi berupa nasi tumpang pecel sebelum pergi ke sawah untuk bercocok tanam.
Harga yang ditawarkan tidaklah mahal, hanya dengan Rp 6.000,- anda sudah bisa memakan nasi pecel tumpang Mak Rah Kediri. Dengan ditambah Rp 2.000,- untuk minum teh panas atau kopi. Maka dengan uang Rp 10.000,- anda sudah kenyang dan siap bekerja. 
Lokasi warung beliau terletak di pertigaan sawah, dengan tempat warung yang sederhana. Sebagaimana muncul pada gambar dibawah ini :
Nasi tumpang pecel mak rah

Nasi tumpang pecel mak rah
Lokasi jualan mak Rah
Gambar di atas di ambil dari google street view dan google maps, dimana dengan mengetik alamat seperti diatas, akan mengarahkan anda ke lokasi warung pecel tumpang mak rah, sehinga apabila anda masih belum tahu lokasi tersebut, cukup mengetikkan alamat "warung nasi tumpang mak rah wonotengah" di google maps, maka anda akan dipandu hingga ke tempat tujuan. 
 Mak Rah, penjual nasi tumpang di Purwoasri Kediri
nasi tumpang pecel kediri
Adapun Nasi tumpang adalah nasi putih yang disajikan dengan irisan pepaya kemudian dilumuri dengan santan tempe busuk, baru  diatasnya diberikan lauk rempeyek, Nasi Tumpang merupakan makanan yang menjadi ciri khas masyarakat Kediri, karena anda jarang bisa menemukan makanan nasi tumpang di daerah lain di Indonesia, selain di kediri. Jadi selama anda masih di kediri, jangan sia-siakan kesempatan anda untuk memakan nasi tumpang.  Adapun nasi pecel adalah nasi yang dilumuri dengan sambal pecel, di atas nasi ditaburkan irisan daun dan kecambah baru disiram dengan sambal pecel, sambal pecel dibuat dari kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan dengan campuran gula merah dan daun jeruk purut. Kalo nasi pecel anda bisa memakan nasi pecel di seluruh nusantara. 

Baca juga :

4 Manfaat Makan Nasi Tumpang Pecel Mak Rah Kediri
Ketika anda mengkonsumsi nasi tumpang pecel anda akan menemukan beberapa sayuran yang ada seperti sayur kangkung, irisan papaya, kecambah, dan sambal pecel. Beberapa manfaat yang anda peroleh dari memakan (mengkonsumsi) nasi tumpang pecel mak Rah kediri adalah sebagai berikut :
  1. Kegunaan sayur kangkung, memakan tanaman kangkung atau disebut juga Ipomoea Aquatic dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati penyakit kuning dan lemah syaraf, serta menurunkan kadar glukosa bagi penderita diabetes sekitar 30%
  2. Kegunaan santan kelapa, mengkonsumsi santan kelapa dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi penyakit dan virus, menurunkan berat badan, hal ini karena dalam santan kelapa mengandung hormon insulin yang bisa menurunkan kadar glukosa dan mengendalikan gula darah, 
  3. Kegunaan sayur pepaya, Memakan sayur pepaya dalam nasi tumpang pecel dalam bentuk irisan kotak memanjang dapat memberi manfaat bagi kita seperti mengandung vitamin A yang baik bagi mata dan memperlancar kesulitan buang air besar.
  4. Kegunaan Kacang Tanah, memakan sayuran kacang tanah dapat menjaga ketahanan tubuh dari infeksi penyakit, mencegah penyakit jantung, mengurangi penyakit hemophilia (kecenderungan mudah berdarah), penyakit keputihan dan insomnia.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Makan Nasi Tumpang Pecel Mak Rah Kediri"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close