Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jamu Kencur

Tanaman Kencur mempunyai nama latin Kaempfaria Galanga, dimana masih tergolong keluarga tanaman temu-temuan (zingibiraceae), tanaman kencur dapat digunakan sebagai bumbu masak pada beberapa resep makanan juga berfungsi sebagai tanaman obat keluarga, tanaman kencur mempunyai tampilan daun kencur yang lebar berwarna hijau besar, kemudian berlipat-lipat di atasnya daun yang lain, tanaman kencur pada umumnya hidup di tanah yang subur dan gembur, berikut klasifikasi ilmiah tanaman kencur sesuai yang tertera pada situs Wikipedia,
Cara Membuat Jamu Kencur

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Plantae
Divisi      : Magnoliophyta
Kelas       : Liliopsida
Ordo        : Zingiberales
Famili      : Zingiberaceae    
Subfamili : Zingiberoideae
Genus       : Kaempferia
Spesies     : K. galanga
Nama binomial
Kaempferia galangal

Kegunaan Tanaman Kencur.

Para pembaca yang terhormat tentu mengetahui tentang jamu kencur bukan, sebuah obatan minuman yang berguna untuk meredakan sakit di dalam tubuh, pada situs alodokter.com dijelaskan bahwa bagian daun kencur memiliki manfaat untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan pharyngodynia. Pada bagian rimpang atau akar kencur, biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herba, meski tidak semua negara pengguna kencur memanfaatkannya. Contohnya, masyarakat Bangladesh membuat jus rimpang kencur untuk mengobati sakit gigi dan ketombe.
Sedangkan masyarakat Tiongkok sudah sejak lama dalam memanfaatkan khasiat kencur untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti: Hipertensi, Rematik, Batuk, Sakit kepala, Sakit gigi, Sakit maag, Nyeri dada dan perut, hingga radang tumor. Di negara Jepang, masyarakat Jepang mempercayai kencur sebagai tanaman herba yang bisa mengatasi gangguan tidur dan stress, tanaman kencur juga sering digunakan untuk aneka bumbu masakan rumah, tanaman kencur sudah melegenda bagi ibu-ibu sebagai teman memasak di dapur.

Cara Membuat Jamu Kencur

Persiapkan beberapa biji rimpang kencur dan gula, pasrah (alat untuk memarut kencur), piring untuk mencampur hasil parutan, serta tungku untuk memasak parutan air kencur, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini :  
1.Kupas rimpang kencur sampai bersih sebagaimana gambar di bawah:
Cara Membuat Jamu Kencur
2.Pasrah kencur sampai lembut sebagaimana gambar di bawah:
Cara Membuat Jamu Kencur

3.Campurkan pasrah kencur dengan air dan peras, hasil perasannya dimasak menggunakan air hingga mendidih
Cara Membuat Jamu Kencur

4.Setelah mendidih, dinginkan dan campurkan dengan gula. Jamu kencur siap untuk disajikan,

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Jamu Kencur"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close