Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Jawa Menengok dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Jawa Menengok?

Bahasa Jawa Menengok adalah deleng, ningali, mriksani. Adapun deleng termasuk kata ngoko sedangkan ningali termasuk krama madya dan mriksani termasuk krama inggil, kata deleng termasuk ngoko digunakan untuk berbicara dengan orang yang seusia kita atau dengan teman kita, kata ningali dan mriksani untuk berbicara kepada orang tua kita atau yang kita hormati.

Bahasa Jawa Menengok dan Contoh Kalimatnya

Berikut adalah 10 Contoh kalimat dengan kata menengok di bahasa Jawa dan artinya di bahasa Indonesia, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah :

  1. Manganku tambah akeh sawise mbak Marni gelem deleng aku maneh artinya makan saya tambah banyak setelah Mbak Marni bersedia menengok saya lagi.
  2. Aku durung deleng baksomu winginane artinya saya belum menengok bakso anda kemarin
  3. Yen awakmu deleng menengo sing anteng artinya ketika kamu menengok diamlah yang tenang.
  4. Mripatku loro mergo kakean deleng HP artinya mata saya sakit sebab terlalu banyak melihat HP.
  5. Ojo terus-terusan deleng laptop engko kepingin tuku artinya jangan terus-terusan menengok laptop nanti anda ingin beli.
  6. Aku seneng mergo wong tuaku gelem deleng aku neng pondok artinya saya senang karena orang tua saya mau menengok saya di pondok.
  7. Kulo sampun mriksani wingi jahitane mas Bayu niku sae lan kiat artinya Saya sudah melihat kemarin jahitannya mas Bayu itu bagus dan kuat.
  8. Kulo mboten ajrih menawi diutus mriksani ulo ten saben artinya Saya tidak takut jika disuruh menengok ular di sawah.
  9. Jenengan diutus pak Budi ningali tanduran jagung ten saben artinya anda disuruh pak Budi melihat tanaman jagung di sawah.
  10. Insya Allah, jenengan sampun kenging ningali tanduran suket gajah ten kebon artinya Insya Allah anda sudah bisa menengok tanaman rumput gajah di kebun.

Posting Komentar untuk "Bahasa Jawa Menengok dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close