Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 8 jenis gangguan (penyakit) pada mata dan penjelasannya?

 Sebutkan 8 jenis gangguan (penyakit) pada mata dan penjelasannya?

Berikut adalah 8 jenis gangguan (penyakit) pada mata yaitu mata miopi (rabun jauh), mata hipermetropi (rabun dekat), mata presbiopi, juling, buta warna, katarak, mata astigmatisma dan hemeralopi.


Sebutkan 8 jenis gangguan (penyakit) pada mata dan penjelasannya?

Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Juling adalah kelainan mata yang disebabkan oleh ketidakserasian otot-otot mata, juling bisa disembuhkan dengan jalan operasi.
  2. Buta warna adalah cacat mata (gangguan) yang bersifat genetik (keturunan). Penderita buta warna tidak mampu membedakan warna-warna tertentu, warna merah hijau atau biru. Buta warna tidak dapat diperbaiki atau disembuhkan.
  3. Katarak adalah cacat mata yang disebabkan pengapuran pada lensa mata sehingga lensa mata menjadi kabur dan daya akomodasi berkurang.
  4. Hemeralopi (rabun senja) adalah gangguan mata yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A.
  5. Mata Astigmatisma adalah cacat mata yang disebabkan kecembungan kornea tidak rata sehingga sinar sejajar yang datang tidak dapat difokuskan ke satu titik.
  6. Mata presbiopi, mata presbiopi disebabkan oleh lensa mata terlalu pipih sehingga daya akomodasi mata sudah lemah dan tidak dapat difokuskan ke satu titik.
  7. Hipermetropi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu pipih, sehingga bayangan jatuh di belakang bintik kuning, hipermetropi disebut juga dengan rabun dekat, karena penderita hipermetropi hanya mampu melihat jelas pada jarak yang jauh. Untuk membantu penderita hipermetropi bisa digunakan kacamata berlensa cembung (positif)
  8. Miopi, miopi adalah cacat mata yang disebabkan lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan jatuh di depan bintik kuning.miopi disebut juga dengan rabun jauh, karena tidak bisa melihat benda pada jarak yang jauh. Untuk membantu penderita miopi bisa digunakan kacamata berlensa cekung (negatif)

Posting Komentar untuk " Sebutkan 8 jenis gangguan (penyakit) pada mata dan penjelasannya?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close