Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Hari dan Contoh Kalimatnya

Apa bahasa arabnya hari?

Bahasa arabnya hari adalah Yaumun (يَوْمٌ). Yaumun adalah bentuk isim (kata benda) tunggal, bentuk jamak dari Yaumun adalah Ayyamun (اَيَّامٌ ) artinya hari-hari. tulisan arab Yaumun adalah يَوْمٌ. Di mana kata Yaumun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf ya’, huruf wawu dan huruf mim. 

Karena Yaumun termasuk Isim (kata benda) munshorif, maka Yaumun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi yaumin dan fathah tain menjadi yauman.

Bahasa Arab Hari dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata yaumun (يَوْمٌ)

Tashrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata hari dia dengan hari kami pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata yaumun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. Bahasa arab hari dia laki-laki adalah يَوْمُهُ yaumuhu
  2. Bahasa arab hari mereka berdua laki-laki adalah يَوْمُهُمَا yaumuhuma
  3. Bahasa arab hari mereka laki-laki adalah يَوْمُهُمْ yaumuhum
  4. Bahasa arab hari dia perempuan adalah يَوْمُهَا yaumuha
  5. Bahasa arab hari mereka berdua perempuan adalah يَوْمُهُمَا yaumuhuma
  6. Bahasa arab hari mereka perempuan adalah يَوْمُهُنَّ yaumuhunna
  7. Bahasa arab hari kamu laki-laki adalah يَوْمُكَ yaumuka
  8. Bahasa arab hari kamu berdua laki-laki adalah يَوْمُكُمَا yaumukuma
  9. Bahasa arab hari kamu semua laki-laki adalah يَوْمُكُمْ yaumukum
  10. Bahasa arab hari kamu perempuan adalah يَوْمُكِ yaumuki
  11. Bahasa arab hari kamu berdua perempuan adalah يَوْمُكُمَا yaumukuma
  12. Bahasa arab hari kamu semua perempuan adalah يَوْمُكُنَّ yaumukunna
  13. Bahasa arab hari saya adalah يَوْمِي yaumi
  14. Bahasa arab hari kami adalah يَوْمُنَا yaumuna

Contoh kalimat dengan kata hari 

Berikut adalah 3 contoh kalimat dengan kata hari (yaumun) di bahasa arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz yaumun (hari) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas.

  1. وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ wa minan nasi man yaqulu aamanna billahi wa bil yaumil aakhiri wa ma hum bimu'minina artinya Dan di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.(Al Baqoroh ayat 8)
  2. مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ man aamana billahi wal yaumil aakhiri wa 'amila sholihan falahum ajruhum 'inda robbihim artinya siapa saja (di antara mereka) yang beriman kepada Allah dan hari akhir, dan melakukan kebajikan, mereka mendapat pahala dari Tuhannya, (Al Baqoroh ayat 62)
  3. وَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّوْنَ اِلٰٓى اَشَدِّ الْعَذَابِۗ wayaumal qiyaamati yurodduna ila asyaddil 'adzabi artinya dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat.  (Al Baqoroh ayat 85)

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Hari dan Contoh Kalimatnya"

close