Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengajari Balita Berenang

 Mengajari balita berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan, Anda bisa mengajari anak anda yang masih balita berenang dengan berbagai cara tentunya memastikan keamanan bagi balita kita adalah hal yang paling utama ketika dia bermain dengan air.

Berikut adalah tiga cara mengajari balita berenang dengan selamat :

1) Mengenalkan dengan air

Ketika pertama kali balita anda bermain di kolam renang maka dia harus mengenal karakteristik air kolam renang, beberapa balita mungkin merasa takut ketika baru berinteraksi dengan air yang ada di kolam renang. karena itu anda perlu memimpinnya untuk menghilangkan rasa takut dan meningkatkan rasa senang di dalam hatinya untuk terus mencoba bermain dengan air di kolam renang.

Pada tahap ini mungkin anak anda terasa kaku namun ketika anak snda senang dan melihat teman sebayanya bermain di kolam renang, ketakutannya pelan-pelan hilang berganti dengan keinginannya untuk bermain di kolam renang.

2) Memperlihatkan anak-anak atau orang yang belajar renang

Di kolam renang biasanya terdapat guru yang sedang melatih siswanya untuk berenang dengan benar, beberapa diantara mereka adalah anak-anak usia dini ataupun remaja yang sudah mencapai usia dewasa. Hal ini sangat bagus bagi perkembangan balita Anda yang sedang belajar berenang.

Pada umumnya di kolam renang terdapat tempat untuk berenang balita dan tempat untuk berenang anak-anak remaja maupun dewasa, pada bagian ini anda bisa memegangi anak anda untuk melihat kepada para pelajar tersebut yang sedang belajar berenang sehingga dia bisa melihat bagaimana cara berenang yang baik seperti yang ditunjukkan oleh remaja tersebut.

3) Memberikan Balita Anda Ban Pelampung.

Memberikan balita anda ban pelampung merupakan suatu metode yang bisa anda lakukan supaya anak Anda bisa berpegangan pada pelampungnya ataupun alat yang lain supaya dia bisa menggerakkan kakinya dengan bebas, seolah-olah dia sedang berenang secara sempurna. Ketika balita tersebut menggerakkan kakinya maka dia bisa bergerak maju dan mundur sesuai dengan arah yang dia inginkan.

Pada awalnya mungkin terasa kaku di kakinya untuk menggerakkan sesuai dengan arah yang dituju namun ketika dia sering berlatih dan bermain di kolam renang dia akan semakin lincah tenang dan Mahir untuk berenang.

Pada video di atas Anda bisa melihat seorang balita sedang belajar berenang ke arah berlawanan menggunakan bantuan ban pelampung, di mana sebelumnya balita tersebut takut menggunakan ban pelampung, namun ketika dia melihat teman-temannya menggunakan ban pelampung maka dia meniru dan belajar berenang sebagaimana yang temannya lakukan.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mengajari Balita Berenang"

close