Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Baru dan Contoh Kalimatnya

Apa Bahasa Arabnya Baru?

Bahasa Arabnya Baru adalah Jadidun (جَدِيْدٌ), Kata Jadidun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf jim, huruf ya’ dan 2 huruf dal. Karena Jadidun termasuk Isim munshorif, maka Jadidun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Jadidin dan fathah tain menjadi Jadidan.

Jadidun untuk bentuk kata mudzakkar, apabila yang disifati (man’utnya) mu’annats, maka menjadi Jadidatun. Jadidatun artinya baru atau segar, tulisan arab Jadidatun adalah (جَدِيْدَةٌ), kata Jadidatun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Jadidatin dan fathah tain menjadi Jadidatan.

Bahasa Arab Baru dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Baru 

Berikut adalah 3 contoh kalimat dengan kata Baru (Jadidun) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Jadidun (Baru) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas.

  1. رَأَيْتُ الْكَثِيْرَ مِنَ الْأَشْيَاءِ الَجَدِيْدَةِ فِي الْمَتْجَرِ artinya Saya melihat banyak barang baru di toko.
  2. وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ artinya Dan ini adalah tahun baru yang telah tiba.
  3. اللَّهُمَّ إنَّ هَذَا خَلْقٌ جَدِيْدٌ فَافْتَحْهُ عَلَيَّ بِطَاعَتِكَ artinya Ya Allah, hari ini adalah ciptaan yang baru, maka bukalah hari ini dengan kepatuhanku kepada-Mu.

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Baru dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close