Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(نَاصِرٌ) Nasirun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Apa arti Nasirun (نَاصِرٌ)?

Nasirun adalah bentuk isim mudzakkar. Tulisan arab Nasirun adalah (نَاصِرٌ). Nasirun artinya orang yang menolong. Karena kata Nasirun merupakan isim fa’il dari kata nashoro yanshuru. Kata Nasirun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf Nun, huruf Alif, huruf Shod dan huruf Ro’. Karena Nasirun termasuk Isim munshorif, maka Nasirun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Nasirin dan fathah tain menjadi Nasiron. 

(نَاصِرٌ) Nasirun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Nasirun (نَاصِرٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata orang yang menolong milik saya dengan orang yang menolong milik kamu pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Nasirun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. نَاصِرُهُ Nasiruhu artinya orang yang menolong dia laki-laki
  2. نَاصِرُهُمَا Nasiruhuma artinya orang yang menolong mereka berdua laki-laki
  3. نَاصِرُهُمْ Nasiruhum artinya orang yang menolong mereka laki-laki
  4. نَاصِرُهَا Nasiruha artinya orang yang menolong dia perempuan
  5. نَاصِرُهُمَا Nasiruhuma artinya orang yang menolong mereka berdua perempuan
  6. نَاصِرُهُنَّ Nasiruhunna artinya orang yang menolong mereka perempuan
  7. نَاصِرُكَ Nasiruka artinya orang yang menolong kamu laki-laki
  8. نَاصِرُكُمَا Nasirukuma artinya orang yang menolong kamu berdua laki-laki
  9. نَاصِرُكُمْ Nasirukum artinya orang yang menolong kamu semua laki-laki
  10. نَاصِرُكِ Nasiruki artinya rumah orang yang menolong kamu perempuan
  11. نَاصِرُكُمَا Nasirukuma artinya orang yang menolong kamu berdua perempuan
  12. نَاصِرُكُنَّ Nasirukunna artinya orang yang menolong kamu semua laki-laki
  13. نَاصِرِى Nasiri artinya orang yang menolong saya
  14. نَاصِرُنَا Nasiruna artinya orang yang menolong kami

Contoh Kalimat dengan Nasirun (نَاصِرٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Nasirun (نَاصِرٌ) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Nasirun (نَاصِرٌ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan bertanya melalui kolom komentar di bawah.

  1. وَكَاَيِّنْ مِّنْ قَرْيَةٍ هِيَ اَشَدُّ قُوَّةً مِّنْ قَرْيَتِكَ الَّتِيْٓ اَخْرَجَتْكَۚ اَهْلَكْنٰهُمْ فَلَا نَاصِرَ لَهُمْ wa ka ayyin min qoryatin hiya asyaddu quwwatan min qoryatikallatu akhrojatka ahlaknaahum fala nashiro lahum artinya Dan betapa banyak negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka; maka tidak ada seorang pun yang menolong mereka. (Surat Muhammad ayat 13)
  2. حَتّٰىٓ اِذَا رَاَوْا مَا يُوْعَدُوْنَ فَسَيَعْلَمُوْنَ مَنْ اَضْعَفُ نَاصِرًا وَّاَقَلُّ عَدَدًاۗ hatta idza roau ma yu'aduna fasaya'lamuna an adh'afu nashiron wa aqollu 'adadan artinya Sehingga apabila mereka melihat (azab) yang diancamkan kepadanya, maka mereka akan mengetahui siapakah yang lebih lemah penolongnya dan lebih sedikit jumlahnya.(Surat Al Jin ayat 24)
  3. فَمَا لَهٗ مِنْ قُوَّةٍ وَّلَا نَاصِرٍۗ fama lahu min quwwatin wa la nashirin artinya maka manusia tidak lagi mempunyai suatu kekuatan dan tidak (pula) ada penolong. (Surat Tariq ayat 10)
  4. أُرِيْدُ أَنْ أَلْتَقِيَ بِمَنْ نَاصِرُهُ uridu an altaqiya biman nasiruhu artinya saya ingin bertemu dengan orang yang menolongnya.
  5. نَاصِرُهُ الرِّجَالُ مِنَ الْيَبَان nasiruhu ar rijalu minal yabani artinya orang yang menolongnya adalah laki-laki dari Jepang.

Posting Komentar untuk "(نَاصِرٌ) Nasirun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close