Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(مِنْدِيْلٌ) Mindilun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

  Apa Artinya Mindilun?

Mindilun adalah kosakata di Bahasa arab, Tulisan arab Mindilun adalah (مِنْدِيْلٌ). Mindilun artinya tisu,  Kata Mindilun terdiri dari 5 huruf hijaiyah, huruf mim, huruf nun, huruf dal, huruf ya’ dan huruf lam, bentuk jamak dari kata mindilun adalah Manadilu (مَنَادِيْلُ). Karena Mindilun termasuk Isim (kata benda) munshorif, maka Mindilun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Mindilin dan fathah tain menjadi Mindilan. 

(مِنْدِيْلٌ) Mindilun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Mindilun (مِنْدِيْلٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata Tisu saya dengan Tisu anda pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Mindilun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. مِنْدِيْلُهُ Mindiluhu artinya Tisu dia laki-laki
  2. مِنْدِيْلُهُمَا Mindiluhuma artinya Tisu mereka berdua laki-laki
  3. مِنْدِيْلُهُمْ Mindiluhum artinya Tisu mereka laki-laki
  4. مِنْدِيْلُهَا Mindiluha artinya Tisu dia perempuan
  5. مِنْدِيْلُهُمَا Mindiluhuma artinya Tisu mereka berdua perempuan
  6. مِنْدِيْلُهُنَّ Mindiluhunna artinya Tisu mereka perempuan
  7. مِنْدِيْلُكَ Mindiluka artinya Tisu kamu laki-laki
  8. مِنْدِيْلُكُمَا Mindilukuma artinya Tisu kamu berdua laki-laki
  9. مِنْدِيْلُكُمْ Mindilukum artinya Tisu kamu semua 
  10. مِنْدِيْلُكِ Mindiluki artinya Tisu kamu perempuan
  11. مِنْدِيْلُكُمَا Mindilukuma artinya Tisu kamu berdua perempuan
  12. مِنْدِيْلُكُنَّ Mindilukunna artinya Tisu kamu semua perempuan
  13. مِنْدِيْلِى Mindili artinya Tisu saya
  14. مِنْدِيْلُنَا Mindiluna artinya Tisu kami.

Contoh Kalimat dengan Mindilun

Berikut 5 contoh kalimat dengan Mindilun (مِنْدِيْلٌ) di bahasa arab dan artinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah :

  1. حَاوِلْ أَنْ يَزْرَعَ الْفُلْفَلَ الْحَارَ الْأَحْمَرَ عَلَى مِنْدِيْلٍ مُبَلَّلٍ hawil an yazro'al fulfala al haro ahmaro 'ala mindilin muballalin artinya Coba tanam cabai merah di atas tisu basah
  2. يُمْكِنُ أَنْ يُؤَدِّيَ رَمْيُ مِنْدِيْلٍ فِي مِرْحَاضِ الْإِوِزَةِ إِلَى اَنْسِدَادِ تَدَفُقِ الْمِيَاهِ yumkinu an yauaddiya romyun mindilin fi mirhadhil iwizati ila ansidadi tadafuqil miyahi artinya Membuang tisu ke toilet angsa dapat menyumbat aliran air.
  3. يَجِبُ عَلَيْكَ إِحْضَارُ مِنْدِيْلٍ فِي حَقِيْبَتِكَ لِأَنَّكَ مَرِيْضٌ بِالِْأنْفِلُوْنزَا yajibu 'alaika ihdhoru mindilin fi haqibatika liannaka maridhun bil infilunza artinya Anda harus membawa tisu di tas Anda karena Anda sakit flu
  4. تَقُوْمُ وَالِدَةِ كَارْتِيْكَا دَائِمًا بِمَسْحِ الْزُجَاجِ الَّذِي تَمَّ غَسْلُهُ بِمِنْدِيْلٍ جَافٍ taqumu walidatun kartika daiman bimashil zujaji alladzi tamma ghosluhu bimindilin jafin artinya Ibu Kartika selalu mengusap gelas yang dicuci dengan tisu kering. 
  5. هَلْ يُمْكِنُنِي اِسْتِعَارَةَ مِنْدِيْلَكَ لِتَنْظِيْفِ طَبَقَتِي؟ hal yumkinuni isti'arota mindilika lidtandhifi thobaqoti artinya Bisakah saya meminjam tisu Anda untuk membersihkan piring saya?

Posting Komentar untuk "(مِنْدِيْلٌ) Mindilun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close