Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(نَعْلٌ) Na'lun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Apa arti Na’lun (نَعْلٌ)?

Na’lun adalah bentuk isim (kata benda) munshorif. Tulisan arab Na’lun adalah (نَعْلٌ). Na’lun artinya sandal. bentuk jamak dari Na’lun adalah Ni’alun (نِعَالٌ), Ni’alun artinya Sandal-Sandal atau banyak Sandal. Kata Na’lun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, yakni huruf nun, huruf ’ain dan huruf lam. Karena Na’lun termasuk Isim mudzakkar, maka Na’lun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Na’lin, dan fathah tain menjadi Na’lan. 

Tashrif kata Na’lun (نَعْلٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata Sandal milik saya dengan Sandal milik kamu wanita pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Na’lun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. نَعْلُهُ na’luhu artinya Sandal milik dia laki-laki
  2. نَعْلُهُمَا na’luhuma artinya Sandal milik mereka berdua laki-laki
  3. نَعْلُهُمْ na’luhum artinya Sandal milik mereka laki-laki
  4. نَعْلُهَا na’luha artinya Sandal milik dia perempuan
  5. نَعْلُهُمَا na’luhuma artinya Sandal milik mereka berdua perempuan
  6. نَعْلُهُنَّ na’luhunna artinya Sandal milik mereka perempuan
  7. نَعْلُكَ na’luka artinya Sandal milik kamu laki-laki
  8. نَعْلُكُمَا na’lukuma artinya Sandal milik kamu berdua laki-laki
  9. نَعْلُكُمْ na’lukum artinya Sandal milik kamu semua laki-laki
  10. نَعْلُكِ na’luki artinya Sandal milik kamu perempuan
  11. نَعْلُكُمَا na’lukuma artinya Sandal milik kamu berdua perempuan
  12. نَعْلُكُنَّ na’lukunna artinya Sandal milik kamu semua laki-laki
  13. نَعْلِي na’li artinya Sandal milik saya
  14. نَعْلُنَا na’luna artinya Sandal milik kami

(نَعْلٌ) Na'lun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Na’lun (نَعْلٌ)

Berikut adalah 6 contoh kalimat dengan kata Na’lun (نَعْلٌ) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Na’lun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya.

  1. يَلْبَسُ النَّعْلَ الَّتِى لَيْسَ فِيهَا شَعَرٌ وَيَتَوَضَّأُ فِيهَا yalbasun na'lal lati laisa fiha sya'arun wayatawadhdho u fiha artinya Dia (Rasulullah) memakai sandal yang tidak ada kulitnya, lalu berwudhu dengan memakainya,
  2. اِشْتَرَيْتُ النَّعْلَ فِي مَتْجَرِهِمْ isytaroitun na'la fi matjarihim artinya saya telah membeli sandal di toko mereka.
  3.  لاَ يَمْشِ أَحَدُكُمْ فِيْ نَعْلٍ وَاحِدَةٍ، وَلْيُنْعِلْهُمَا جَمِيْعًا أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا جَمِيْعًا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ  la yamsyi ahadukum fi na'lin wakhidatin wal yun'ilhuma jami'an aw liyakhla'huma jami'an muttafaqun 'alaihi artinya ‘Janganlah salah seorang dari kalian berjalan memakai satu sandal saja, tetapi hendaknya dia memakai sandal kedua-duanya atau dia melepaskannya kedua-duanya’.(HR Imam Bukhari dan Muslim).
  4. لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ حَتَّى يَسْأَلَهُ الْمِلْحَ  وَحَتَّى يَسْأَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ liyasalu ahadukum robbahu hajatahu yasalahul milkha wa hatta yasalahu syis'a na'lihi idzan qotho'a artinya“ Hendaklah  salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya  ketika putus.” (HR. at-Tirmidzi).
  5. إذا انقطع شِسْعُ نَعْلُ أَحَدُكُمْ، فَلَا يَمْشِ في الأُخْرَى حَتَّى يُصْلِحَهَا idzan qotho'a syis'u na'lu ahadikum fala yamsyi fil ukhro hatta yushlikhaha artinyaApabila tali sandal salah seorang dari kalian putus, maka janganlah ia berjalan dengan satu sandal sampai ia memperbaikinya!"  Hadis sahih - Diriwayatkan oleh Muslim.
  6. إِنَّ الشَّيْطَانَ يَمْشِي بِالنَّعْلِ اْلوَاحِدَة innasy syaithona yamsyi bin na'lil wakhidati artinya Sesungguhnya syaithān berjalan dengan satu sandal saja.

Posting Komentar untuk "(نَعْلٌ) Na'lun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close