Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(لِبَاسٌ) Libasun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Apa arti Libasun (لِبَاسٌ)?

Libasun adalah bentuk isim (kata benda) munshorif. Tulisan arab Libasun adalah (لِبَاسٌ), Libasun artinya Gaun, baju atau pakaian. Kata Libasun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, yakni huruf lam, huruf ba’, huruf alif dan huruf sin. bentuk jamak dari Libasun adalah albisatun (أَلْبِسَةٌ), albisatun artinya Gaun- Gaun atau banyak pakaian. Karena Libasun termasuk Isim mudzakkar, maka Libasun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi libasin, dan fathah tain menjadi libasan. 

(لِبَاسٌ) Libasun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata Libasun (لِبَاسٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata Gaun milik saya dengan Gaun milik kamu wanita pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Libasun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. لِبَاسُهُ libasuhu artinya Gaun milik dia laki-laki
  2. لِبَاسُهُمَا libasuhuma artinya Gaun milik mereka berdua laki-laki
  3. لِبَاسُهُمْ libasuhum artinya Gaun milik mereka laki-laki
  4. لِبَاسُهَا libasuha artinya Gaun milik dia perempuan
  5. لِبَاسُهُمَا libasuhuma artinya Gaun milik mereka berdua perempuan
  6. لِبَاسُهُنَّ libasuhunna artinya Gaun milik mereka perempuan
  7. لِبَاسُكَ libasuka artinya Gaun milik kamu laki-laki
  8. لِبَاسُكُمَا libasukuma artinya Gaun milik kamu berdua laki-laki
  9. لِبَاسُكُمْ libasukum artinya Gaun milik kamu semua laki-laki
  10. لِبَاسُكِ libasuki artinya Gaun milik kamu perempuan
  11. لِبَاسُكُمَا libasukuma artinya Gaun milik kamu berdua perempuan
  12. لِبَاسُكُنَّ libasukunna artinya Gaun milik kamu semua laki-laki
  13. لِبَاسِي libasi artinya Gaun milik saya
  14. لِبَاسُنَا libasuna artinya Gaun milik kami

Contoh Kalimat dengan Kata Libasun (لِبَاسٌ)

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Libasun (لِبَاسٌ) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Libasun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ hunna libasun lakum wa antum libasun lahunna artinya Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. (Al Baqoroh ayat 187)
  2. يَا بَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْاٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ ya bani aadama qod anzalna 'alaikum libasan yuwariy sau aatikum warisyan artinya Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. (Al A'rof ayat 26)
  3. وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ wa libasut taqwa dzalika khoir artinya Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Al A'rof ayat 26)
  4. وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الَّيْلَ لِبَاسًا وَّالنَّوْمَ سُبَاتًا wa huwalladzi ja'ala lakumul laila libasan wan nawma subatan artinya Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat. (Al Furqon ayat 47)
  5.  فَاَذَاقَهَا اللّٰهُ لِبَاسَ الْجُوْعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوْا يَصْنَعُوْنَ fadzaqohallahu libasal juu'i wal khoufi bima kanu yashna'una artinya karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat. (An Nahl ayat 112)

Posting Komentar untuk "(لِبَاسٌ) Libasun Artinya, Tashrif dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close