Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Sesuatu dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Arabnya Sesuatu?

Bahasa Arabnya Sesuatu adalah Syaiun (شَيْءٌ), Kata Syaiun terdiri dari 3 huruf hijaiyah, huruf sin,  huruf ya’ dan huruf hamzah. 

Karena Syaiun termasuk Isim (kata benda) munshorif, maka Syaiun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi Syaiin dan fathah tain menjadi Syaian. 

Bahasa Arab Sesuatu dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Sesuatu 

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Sesuatu (Syaiun) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Syaiun (Sesuatu) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas.

  1. اَوْ قَالَ اُوْحِيَ اِلَيَّ وَلَمْ يُوْحَ اِلَيْهِ شَيْءٌ au qola ukhiya ilayya wa lam yukha ilaihi syai un artinya atau yang berkata, “Telah diwahyukan kepadaku,” padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya. (Al An'am ayat 93)
  2. وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ لَيْسَتِ النَّصٰرٰى عَلٰى شَيْءٍۖ wa qolatil yahudu laisatin nashoro 'ala syai in artinya Dan orang Yahudi berkata, “Orang Nasrani itu tidak memiliki sesuatu (pegangan). (Al Baqoroh ayat 113)
  3. وَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ wa ma tunfiqu min syai in fa innallaha bihi 'alimun artinya Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui. (Ali Imron ayat 92)
  4. وَمَنْ يُّرِدِ اللّٰهُ فِتْنَتَهٗ فَلَنْ تَمْلِكَ لَهٗ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا ۗ wa man yuridillahu fitnatahu falan tamliku lahu minallahi syai an artinya Barangsiapa dikehendaki Allah untuk dibiarkan sesat, sedikit pun engkau tidak akan mampu menolak sesuatu pun dari Allah (untuk menolongnya). (Al Ma'idah ayat 41)
  5.  اَوَلَوْ كَانَ اٰبَاۤؤُهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَ شَيْـًٔا وَّلَا يَهْتَدُوْنَ awalau kana abaa uhum la ya'lamuna syai an wala yahtaduna artinya Apakah (mereka akan mengikuti) juga nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk? (Al Ma'idah ayat 104)

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Sesuatu dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close