Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(تَحْتَ) Tahta Artinya dan Contoh Kalimatnya

 Apa artinya (تَحْتَ) Tahta?

Secara Bahasa (تَحْتَ) Tahta artinya di bawah, (تَحْتَ) Tahta termasuk harfun (preposisi/kata hubung) di Bahasa Arab. Tahta terdiri dari tiga huruf hijaiyah, yaitu 2 huruf ta’ dan huruf kha’.

Tashrif kata Tahta (تَحْتَ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata di bawah saya dengan di bawah kamu pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Tahta dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. تَحْتَهُ Tahtahu artinya di bawah dia laki-laki
  2. تَحْتَهُمَا Tahtahuma artinya di bawah mereka berdua laki-laki
  3. تَحْتَهُمْ Tahtahum artinya di bawah mereka laki-laki
  4. تَحْتَهَا Tahtaha artinya di bawah dia perempuan
  5. تَحْتَهُمَا Tahtahuma artinya di bawah mereka berdua perempuan
  6. تَحْتَهُنَّ Tahtahunna artinya di bawah mereka perempuan
  7. تَحْتَكَ Tahtaka artinya di bawah kamu laki-laki
  8. تَحْتَكُمَا Tahtakuma artinya di bawah kamu berdua laki-laki
  9. تَحْتَكُمْ Tahtakum artinya di bawah kamu semua laki-laki
  10. تَحْتَكِ Tahtaki artinya rumah di bawah kamu perempuan
  11. تَحْتَكُمَا Tahtakuma artinya di bawah kamu berdua perempuan
  12. تَحْتَكُنَّ Tahtakunna artinya di bawah kamu semua perempuan
  13. تَحْتِى Tahti artinya di bawah saya
  14. تَحْتَنَا Tahtana artinya di bawah kami

(تَحْتَ) Tahta Artinya dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan kata Hubung (تَحْتَ) Tahta di Bahasa Arab

Berikut adalah 5 Contoh Kalimat dengan kata hubung (تَحْتَ) Tahta di dalam Al Qur'an. adapun lafadz atau kalimat yang terdapat (تَحْتَ)Tahta kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. فَنَادٰىهَا مِنْ تَحْتِهَآ اَلَّا تَحْزَنِيْ قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا fanadaha min tahtihaa alla tahzani qod ja’ala robbuki tahtaki sariyyan artinya Maka dia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah, “Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.” Al Qur’an Surat Maryam ayat 24.
  2. وَاَعَدَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ تَحْتَهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗ wa a’adda lahum jannatin tajri tahtahal anharu kholidina fiha abadan artinya "Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya." (At Taubah ayat 100)
  3. وَكَانَ تَحْتَهُۥ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَٰلِحًا wa kana tahtahu kanzun lahuma wa kana abuhuma sholihan artinya "dan (ia) adalah di bawahnya harta simpanan terhadap keduanya dan (ia) adalah ayah keduanya (ia[lk]) yang saleh." Al Kahfi ayat 82.
  4. اَوْ مِنْ تَحْتِ اَرْجُلِكُمْ اَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعًا وَّيُذِيْقَ بَعْضَكُمْ بَأْسَ بَعْضٍۗ au min tahti arjulikum au yalbisakum syiya’an wa yudziqo ba’dhukum ba’sa ba’dhin artinya "atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebagian kamu keganasan sebagian yang lain." Al An’am ayat 65.
  5. تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ tajriy min tahtihal anharu kholidina fiha artinya yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. (Al Akabut ayat 58)

Posting Komentar untuk "(تَحْتَ) Tahta Artinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close