Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Arab Tetapi dan Contoh Kalimatnya

 Apa Bahasa Arabnya Tetapi?

Bahasa Arabnya Tetapi adalah walakin (وَلَكِنْ), Kata Walakin terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf wawu, huruf lam, huruf kaf dan huruf nun. Karena Walakin termasuk harfun (kata hubung) di Bahasa arab, maka walakin hukumnya mabni (tetap).

Tashrif kata Walakin (وَلَكِنْ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana Tetapi dia dengan Tetapi kami pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata Walakin dari kata ganti dia perempuan sampai kami. 

  1. Bahasa arab Tetapi dia laki-laki adalah وَلَكِنَّهُ walakinnahu
  2. Bahasa arab Tetapi mereka berdua laki-laki adalah وَلَكِنَّهُمَا walakinnahuma
  3. Bahasa arab Tetapi mereka laki-laki adalah وَلَكِنَّهُمْ walakinnahum
  4. Bahasa arab Tetapi dia perempuan adalah وَلَكِنَّهَا walakinnaha
  5. Bahasa arab Tetapi mereka berdua perempuan adalah وَلَكِنَّهُمَا walakinnahuma
  6. Bahasa arab Tetapi mereka perempuan adalah وَلَكِنَّهُنَّ walakinnahunna
  7. Bahasa arab Tetapi kamu laki-laki adalah وَلَكِنَّكَ walakinnaka
  8. Bahasa arab Tetapi kamu berdua laki-laki adalah وَلَكِنَّكُمَا walakinnakuma
  9. Bahasa arab Tetapi kamu semua laki-laki adalah وَلَكِنَّكُمْ walakinnakum
  10. Bahasa arab Tetapi kamu perempuan adalah وَلَكِنَّكِ walakinnaki
  11. Bahasa arab Tetapi kamu berdua perempuan adalah وَلَكِنَّكُمَا walakinnakuma
  12. Bahasa arab Tetapi kamu semua perempuan adalah وَلَكِنَّكُنَّ walakinnakunna
  13. Bahasa arab Tetapi saya adalah وَلَكِنْ اَنَا walakin ana
  14. Bahasa arab Tetapi kami adalah وَلَكِنَّنَا walakinnana

Bahasa Arab Tetapi dan Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat dengan Kata Tetapi 

Berikut adalah 5 contoh kalimat dengan kata Tetapi (Walakin) di Bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz Walakin (Tetapi) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan, keluhan dan saran. Silakan bertanya melalui form konsultasi di atas.

  1. هَلْ تَعْلَمُ أَنَّ النَفْطُ لَا يَتِمُ إِنْتَاجُه فَقَطْ فِي تَارَاكَان وَلَكِنْ أَيْضًا فِي بَالِيْكبَابَان وَجَزِيْرَة بُوْنيُو؟ hal taelam 'ana alnaft la yatimu 'iintajuh faqat fi tarakan walakin aydan fi balikbaban wajazirat bunyu? Artinya Tahukah Anda bahwa minyak tidak hanya diproduksi di Tarakan tetapi juga di Balikpapan dan Pulau Bunyu?
  2. لَا يُسْتَخْدِمُ سُكَان مَدِيْنَة تَارَاكَان الغَاز الطَبِيْعِيَ فَحَسْبٌ ، وَلَكِنْ يَسْتَخْدِمُوْنَ أَيْضًا الكَهْرَبَاء وَمِيَاهُ الشَرِكَة la yustakhdim sukaan madinat tarakan alghaz altabieia fahasb , bal yastakhdimun aydan alkahraba' wamiah alsharikati artinya Warga kota Tarakan tidak hanya menggunakan gas alam tetapi sudah menggunakan listrik dan dan air perusahaan.
  3. فِي كَيِديْرِي ، لَا يُوْجَدُ جَبَل كِيْلُود فَحَسْبٌ ، وَلَكِنْ يُوْجَدُ أَيْضًا مُنْتَزَهُ جُوْيُوْبُويُو فًوْرًسِتْ سِيْتِي وَمُنْتَزَهُ سِيمْبَانجْ لِيْمَا جُوْمُول fi kidiri , la yujad jabal kilud fahasb , bal yujad aydan muntazah juyubuyu fursit siti wamuntazah simbanj lima jumul artinya Di Kediri tidak hanya ada gunung Kelud tetapi terdapat juga taman kota hutan Joyoboyo dan taman Simpang Lima Gumul.
  4. فِي بَالِي لَا يُوْجَدُ دِينْبَاسَار فَحَسْب ،وَلَكِنْ يًوْجَد أَيْضًا كَوْتَي وتاناه لوط. Di Bali tidak hanya ada Denpasar tetapi ada juga Kute dan Tanah Lot.
  5. المًدَن فِي سًوْلَاوَيْزي لَيْسَت فَقَطْ مَاكَاسَارْ وَلَكِنْ أَيْضًا مَانَادُو وَبَالُو almudun fi sulawizi laysat faqat makasar walakin aydan manadu wabalu artinya Kota di Sulawesi tidak hanya Makassar tetapi ada juga Manado dan Palu.

Posting Komentar untuk "Bahasa Arab Tetapi dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close