Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 5 pungutan resmi selain pajak, pengertian dan contohnya?

Sebutkan 5 pungutan resmi selain pajak, pengertian dan contohnya?
Gambar 1.0. 5 Pungutan resmi selain pajak dan contohnya

Sebutkan 5 pungutan resmi selain pajak, pengertian dan contohnya?

5 pungutan resmi selain pajak yaitu retribusi,bea impor, cukai, sumbangan dan iuran.

Pengertiannya sebagai berikut

  1. Retribusi adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan. contoh retribusi seperti penarikan retribusi parkir kendaraan, retribusi kebersihan dan retribusi jalan tol.
  2. Pengertian biaya impor adalah pungutan resmi pemerintah kepada importir atas barang yang diimpor dari luar negeri contohnya bea impor untuk motor Honda yang didatangkan dari Jepang.
  3. Pengertian cukai adalah pungutan oleh negara yang secara tidak langsung menikmati produk yang menjadi objek cukai contoh cukai seperti cukai rokok ataupun cukai penjualan barang mewah.
  4. Pengertian sumbangan adalah pungutan yang ditujukan kepada golongan tertentu yang dapat dilaksanakan oleh pemerintah contoh nya sumbangan wajib pembangunan dan pemeliharaan prasarana daerah.
  5. Pengertian iuran adalah pungutan yang dilakukan dengan pemberian jasa atau fasilitas yang diberikan oleh pemerintah tidak secara langsung kepada pembayaran uang tersebut tetapi kepada kelompok atau golongan. Contoh iuran seperti iuran air, iuran televisi, iuran pembayaran fardhu kifayah, iuran di kelompok RT atau RW.

Posting Komentar untuk "Sebutkan 5 pungutan resmi selain pajak, pengertian dan contohnya?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close