Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(لَعِبٌ) La’ibun Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya

 Apa Artinya La’ibun?

La’ibun adalah kosakata (mufradat) sifat di dalam Bahasa arab, Tulisan arab La’ibun adalah (لَعِبٌ), La’ibun artinya Permainan, Kata La’ibun terdiri dari tiga huruf hijaiyah, huruf lam, huruf ‘ain dan huruf ba’,Karena La’ibun termasuk Isim mudzakkar (kata benda yang menunjukkan arti laki-laki), maka La’ibun bisa menerima tanda I’rob berupa harokat dhommah tain, kasroh tain menjadi La’ibin dan fathah tain menjadi La’iban. 

(لَعِبٌ) La’ibun Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya
Gambar 1.0. La'ibun Artinya dan Contoh Kalimatnya

Tashrif kata La’ibun (لَعِبٌ)

Tahsrif adalah perubahan kata di dalam bahasa arab karena dhomir (kata ganti), dimana kata permainan kamu dengan permainan kami pasti berbeda di dalam penulisannya. Berikut tashrif kata La’ibun dari kata ganti dia laki-laki sampai kami. 

  1. لَعِبُهُ La’ibuhu artinya Permainan dia laki-laki
  2. لَعِبُهُمَا  La’ibuhuma artinya Permainan mereka berdua laki-laki
  3. لَعِبُهُمْ   La’ibuhu m artinya Permainan mereka laki-laki
  4. لَعِبُهَا La’ibuha artinya Permainan dia perempuan
  5. لَعِبُهُمَا La’ibuhuma artinya Permainan mereka berdua perempuan
  6. لَعِبُهُنَّ La’ibuhunna artinya Permainan mereka perempuan
  7. لَعِبُكَ La’ibuka artinya Permainan kamu laki-laki
  8. لَعِبُكُمَا La’ibukuma artinya Permainan kamu berdua laki-laki
  9. لَعِبُكُمْ La’ibukum artinya Permainan kamu semua 
  10. لَعِبُكِ La’ibuki artinya Permainan kamu perempuan
  11. لَعِبُكُمَا La’ibukuma artinya Permainan kamu berdua perempuan
  12. لَعِبُكُنَّ  La’ibukunna artinya Permainan kamu semua perempuan
  13.  لَعِبِى La’ibiy artinya Permainan saya
  14. لَعِبُنَا   La’ibuna artinya Permainan kami.

Contoh Kalimat dengan La’ibun

Berikut 5 contoh kalimat dengan La’ibun (لَعِبٌ) di bahasa arab dan artinya, Adapun warna kuning kami berikan kepada kata la’ibun supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah :

  1. وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَهْوٌ وَّلَعِبٌۗ wama hadzihil hayaatud dunya illa lahwun wa la’ibun artinya Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. (AL Ankaabut ayat 64)
  2. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوا الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَكُمْ هُزُوًا وَّلَعِبًا yaa ayyuhal ladzina aamanu la tattakhidzul ladzinat takhodzu dinakum huzuwan wa la’iban artinya Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan pemimpinmu orang-orang yang membuat agamamu jadi bahan ejekan dan permainan (Al Maidah ayat 57)
  3. وَاِذَا نَادَيْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ اتَّخَذُوْهَا هُزُوًا وَّلَعِبًا waidza nadaytum ilash sholatit takhodzuha huzuwan wala’iban artinya Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (melaksanakan) salat, mereka menjadikannya bahan ejekan dan permainan. (Al Maidah ayat 58)
  4. وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا wa dzaril ladzinat takhodzu dinahum la’iban wa lahwan artinya Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau (Al An’am ayat 70)
  5. قَالُوۡۤا اَجِئۡتَـنَا بِالۡحَـقِّ اَمۡ اَنۡتَ مِنَ اللّٰعِبِيۡنَ qoluu iji’tana bil haqqi am anta minal la’ibina artinya Mereka berkata, "Apakah engkau datang kepada kami membawa kebenaran atau engkau main-main?" (Al Anbiya’ Ayat 55)

Posting Komentar untuk "(لَعِبٌ) La’ibun Artinya, Contoh Kalimat dan Tashrifnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close